Bermain-main Dengan Temperatur

Untuk menghadapi cuaca yang nggak menentu seperti sekarang ini, banyak rencana yang kita buat akhirnya harus dibatalkan. Kadang karena hujan, kita terpaksa harus di rumah. Tapi setelah hujan, besoknya udaranya kembali panas. Kalau sudah seperti itu, pilihan jenis minuman kopi pun bisa jadi terpengaruh.

Ketika cuaca sedang hujan, secangkir kopi panas nampaknya akan sangat pas sekali. Namun terkadang saking dinginnya, kopi tidak akan bertahan panas terlalu lama. Ingin segera menikmati kopi sesaat setelah diseduh supaya mendapatkan suhu yang tepat, malah lidah kita bisa terbakar. Problem klasik ini sekarang sudah ada solusinya. Coffee Joulies, butiran berbentuk biji kopi yang dibuat dari stainless steel ini akan membuat dan menjaga kopi kita di suhu yang tepat lebih lama.

Coffee-joulies

Sumber foto: i.gzn.jp

Ketika dicelupkan ke dalam minuman kopi panas, Joulies ini akan segera menyerap panas yang berlebihan tersebut. Panas yang terserap itu yang kemudian akan menjaga kopi menjadi hangat lebih lama. Penasaran kan dengan cara kerja produk kreatif ini? Silahkan tonton video penjelasannya di sini.

Bagaimana apabila cuaca sedang panas-panasnya? Solusi paling gampang adalah menikmati es kopi. Tapi masalahnya, kalau kita menuangkan es batu ke dalam kopi panas, rasanya jadi nggak enak. Yang paling tepat untuk membuat kopi menjadi dingin ya memang sejak awal memang dibuat dengan cara cold brew. Kalau cold brew menjadi pilihan kamu, berikut ada beberapa alat seduh kopi dingin yang bisa menjadi solusi.

Filtron (30L) Cold Water Coffee Brewer

Filtron-cold-water-coffee-brewer

Sumber foto: styleblueprint.com

Kalau kamu peminum kopi dalam jumlah banyak, atau kamu tinggal dengan sesama penggila kopi, ini alat yang tepat untukmu. Filtron ini terdiri dari sebuah pot yang harus diisi dengan bubuk kopi dan air, dan di dasarnya ada filter-nya. Setelah digabungkan semuanya, alat ditinggalkan saja semalaman. Setelah jadi, konsentrat kopi yang dihasilkan bisa bertahan hingga 2 minggu apabila disimpan di lemari pendingin. Video cara kerja alat ini kamu bisa lihat di sini. 

Hario Mizudashi Pot

Hario-Mizudashi-Pot

Sumber foto: papapalheta.com

Ini buat kamu yang suka desain yang minimalis, tapi elegan. Penggunaanya juga nggak sulit: tinggal mengisi pitcher-nya dengan air satu liter, memasukkan keranjang filter-nya dengan kopi, lalu diamkan selama 9-24 jam. Filter-nya juga mudah dibersihkan.

Toddy Cold Brew Coffee Maker

toddy-cold-brew-coffee-maker

Sumber foto: foodrepublic.com

Selain harganya relatif paling murah, ini pilihan buat kamu yang memilih kenyamanan tanpa mau kehilangan kenikmatan dalam segelas kopi dingin. Sudah baca artikel Kopling yang ini tentang Toddy kan?

Yama Cold Brew Tower

Yama-Cold-Brew-Tower

Sumber foto: cafeculture.com

Pilihan tepat buat kamu yang suka hal-hal yang nyentrik dan punya budget lebih untuk ngopi, karena harganya paling mahal di antara alat lainnya yang ada di artikel ini. Alat yang cantik ini tingginya 29 inci. Yang perlu diperhatikan: Benda ini sangat rapuh dan sulit dibersihkan. Cara kerja Yama Cold Brew Tower bisa kamu lihat di sini.

Cold Bruer

cold-bruer

Sumber foto: dearcoffeeiloveyou.com

Dibandingkan dengan alat-alat cold brew lainnya, Cold Bruer nampak simple dan bersih. Alat ini memang didesain seminimalis mungkin dan membuat siapapun yang menyeduhnya dapat melihat keseluruhan proses. Dari segi rasa sih konon memang hampir mirip dengan kopi cold brew yang dibuat oleh alat-alat lainnya, namun dengan alat ini kamu bisa mengatur kecepatan tetesan kopinya mulai dari 3 jam hingga 12 jam. Tinggal diukur deh tuh apakah kamu orang yang sabar banget atau nggak? Hehe… Cara kerjanya bisa langsung kamu lihat di sini.

Zoku Iced Coffee Maker

zokuSumber foto: williams-sonoma.com

Tapi, kalau kamu sudah terlanjur membuat kopi panas dan nggak sabar kepengin cepat-cepat kopinya dingin, kamu bisa mencoba Zoku iced Coffee Maker. Sebenarnya alat ini seperti semacam mug yang terbuat dari stainless steel, tapi ini mug ajaib karena dapat menurunkan temperatur cairan yang ada di dalamnya lebih cepat dari biasanya, tanpa harus ditambahi es batu. Ingin lebih dingin lagi? Tinggal dimasukkan ke lemari pendingin.

Ada banyak banget alat-alat kopi yang bisa disesuaikan dengan selera ngopi kamu. Dengan alat-alat di atas kamu bisa bermain-main dengan temperatur kopi, entah itu mempertahankan supaya suhu hangat kopi tahan lebih lama, bereksperimen dalam membuat kopi dingin yang enak, atau malah menurunkan suhu kopi panas supaya langsung jadi dingin.

By the way, di musim yang nggak menentu seperti ini, jaga kesehatan ya. Makanya, daripada harus kepanasan atau kehujanan karena memaksakan diri ke coffee shop, kenapa nggak membuat kopi sendiri di rumah?

Salam sruput!

Barista Official Trailer 1 (2015)

Dikirimin link ini sama seorang teman. Film dokumenter berjudul “Barista”, dari yang buat film dokumenter “Jiro Dreams of Sushi”. Menurut info dari sini film ini akan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official