Bolehkah Anak Kecil Minum Kopi?

kid-with-coffeeBoleh, tapi… kopi yang sama sekali nggak mengandung kafein. Meskipun kopi itu baik untuk kesehatan orang dewasa, tapi ternyata penelitian kesehatan terakhir yang dilakukan oleh National Health and Nutrition Examination mengatakan bahwa kopi itu nggak baik untuk anak-anak. Ironisnya, semakin banyak anak kecil yang suka minum kopi, akibat maraknya perkembangan budaya ngopi. “Anak-anak” yang dibahas di sini adalah mereka yang berusia 12 sampai 22 tahun. Apa penyebabnya? Nggak lain adalah kafein yang terkandung di dalam kopi itu sendiri.

Sebenarnya, sah-sah saja buat anak-anak di bawah umur itu untuk minum kopi, asal nggak dalam jumlah banyak dan nggak terlalu sering, karena tubuh mereka masih belum terlalu kuat untuk dicekoki oleh kafein. Anak-anak yang terlalu banyak minum kopi akan mengalami diare, susah tidur, sakit kepala, dan perubahan tekanan darah. Bukan hanya itu, karena anak-anak nggak akan suka dengan rasa kopi yang pahit, pasti mereka menambahkan banyak gula ke dalam kopi mereka, dan akibatnya mereka akan mengalami obesitas. Kasihan kan?

Kalau dulu, anak-anak kecil lebih suka minuman bersoda (yang juga mengandung kafein), sekarang mereka lebih banyak minum kopi. Tentunya, kadar kafein di dalam kopi juga lebih banyak. Di Amerika Serikat, kafein sudah dinyatakan nggak aman untuk diminum oleh anak-anak, padahal tiga dari empat anak-anak di Amerika Serikat minum kopi setiap hari. Banyak di antara mereka yang kemudian dirawat di rumah sakit, meskipun nggak terbukti bahwa kafein yang jadi penyebabnya.

Bagaimana pun, sebaiknya jauhkan anak-anak kecil dari kopi yang mengandung kafein. Kan ada minuman kopi yang aman bagi mereka, seperti babyccino. Dan dalam usia pertumbuhan, lebih baik mereka minum susu atau jus buah, bukan? Baru nanti setelah mereka berada pada usia yang benar-benar membutuhkan kopi dengan kafein, mereka boleh mengonsumsinya. Sekadar usul bagi para pemilik coffee shop: Kalau di gerai-gerai makanan cepat saji ada menu khusus untuk anak-anak, kenapa nggak membuat menu minuman kopi khusus untuk anak-anak juga? Kasihan kan, kalau ada adik-adik kecil yang ngiler banget mau ikutan minum kopi, tapi jadi sakit karena kafein yang ada di dalam kopi itu? Mungkin bisa diberi “pancingan” mainan kecil, atau kopinya disajikan lebih menarik, jadi mereka lebih memilih kopi yang sesuai dengan umur mereka…

Kesehatan itu harganya mahal, lho.

Sumber gambar: Advanced Sleep Medicine

Canda Kopi: Kopi Re-Polusi

Jumat lalu kita absen sesaat untuk komik strip Canda Kopi. Tapi hari ini ada lagi yang baru, judulnya: “Re-Polusi”. Ungkapan Voltaire, bahwa revoilusi Perancis itu ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official