[LIPUTAN] KACF 2014 pt.1

Meskipun sempat ditemani oleh hujan badai yang merubuhkan beberapa pohon dan menimbulkan kemacetan di hampir seluruh wilayah Jakarta di hari pertama, kegiatan Kemang Art & Coffee Festival (KACF) 2014 yang berlangsung dari hari Jumat-Minggu tanggal 28-30 November 2014 di Galeri 678, Kemang, Jakarta berlangsung dengan cukup lancar!

Hujan badai ternyata nggak membuat sebagian besar pengunjung batal datang ke hari pertama KACF 2014. Meskipun mundur sekitar satu jam, acara KACF 2014 tetap dibuka dengan penjelasan singkat tentang KACF 2014 itu sendiri dan perkenalan singkat dari seluruh komunitas yang berpartisipasi. Setelah itu, para pengunjung dipersilakan untuk meresapi setiap karya yang terpampang di sepanjang dinding Galeri 678. Ada tujuh komunitas yang berpameran hari itu. Mereka adalah Kopi Keliling sendiri dengan Pameran Salah Kaprah, SUMMON Studio dengan Pameran Silakan Ambil, Junk Not Dead dengan Pameran SEEW(N)TING, Sketsaku dengan Pameran Suryakanta, Ngomongin Zine dengan Pojok Zine, dan Aceking Squad dengan Pameran Higher Than The Sky.

KACF-2014-Event_Art_Kemang-1

Suasana ruang pamer Galeri 678, Kemang

KACF-2014-Event_Art_Kemang-24

Pojok pameran Junk Not Dead “See(w)nting”

KACF-2014-Event_Art_Kemang-6

Dinding Sketsaku untuk pameran “Suryakanta”

KACF-2014-Event_Art_Kemang-8

Dinding Aceking Squad untuk pameran “Higher Than The Sky”

Seperti halnya acara pameran yang dibuat oleh Kopling, rasanya menikmati karya seni itu akan terasa lebih lengkap kalo disertai dengan segelas kopi, bukan? Karena itu, di KACF 2014 ini juga Kopling berkolaborasi dengan Coffee on Wheels yang menyajikan delapan single origin kopi asal Indonesia hasil kreasi para roaster lokal, yaitu 9 Cups – Coffee & Roastery, Kopi Guerilla, Hatim Bean, PAGI, Kopi Pahlawan, Philocoffee, Smoking Barrels – Craft Coffee & Supplies, dan Kopi Gajah “Lampung”. Di samping itu, mata pengunjung juga dihibur dengan adanya beragam karya, merchandise, dan buku-buku di area art market yang disajikan oleh beragam vendor, seperti Catalyst Art Shop, Osem Store, Kukopilo, Quillin Corp, Studio Mili, Manogoods, Utak Atik Craft, dan The Mbamoe Vectory.

KACF-2014-Event_Art_Kemang-2

Beberapa brand kopi yang menampilkan kopi mereka di KACF2014

KACF-2014-Event_Art_Kemang-18

Barista C/O/W sedang menyeduh kopi-kopi yang dipamerkan

Menjelang malam, suasana Galeri 678 semakin ramai dan menghanyutkan, terlebih setelah dimulainya alunan musik instrumental dari band Pathetic Experience yang jauh-jauh datang dari Surabaya untuk menghibur para pengunjung acara KACF 2014. Ruangan pun terasa semakin hangat dengan adanya pembacaan beberapa puisi oleh Edoy, salah satu teman Fiksi Mini dan Kata Bergerak, yang dilanjutkan dengan musikalisasi puisi dari teman-teman dari Kata Bergerak, yaitu Adimas Imanuel, Rizky Annisa, dan Raditya Nugie.

Sebagai penutup, Pathetic Experience kembali memainkan alunan musik instrumental. Ah, akhir yang sangat menenangkan untuk hari Jumat yang sibuk.

Sumber foto: Manual.co.id

About author

sMart dialogue: Pasar Seni & Exhibition

SmArt Dialogue adalah sebuah Pasar Seni yang di selengarakan 2 kali setahun di Dia.Lo.Gue, sebuah wujud visi dari Dia.Lo.Gue dalam menyediakan sebuah ruang publik untuk ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official