Tips Memilih Mesin Pembuat Kopi

EV-3_2761004b

Menjelang akhir tahun ini, kamu sudah membeli hadiah Natal atau hadiah Tahun Baru belum untuk orang terdekat? Atau, mungkin kamu juga ingin membeli hadiah untuk diri sendiri?

Buat pencinta kopi, mungkin kamu ingin membeli mesin kopi baru untuk sesama pencinta kopi, atau untuk diri sendiri. Kalau ya, kira-kira faktor apa saja yang harus dipertimbangkan sebelum membeli mengingat harganya relatif nggak murah?

Membeli mesin kopi itu adalah sebuah investasi dan juga komitmen untuk belajar membuat kopi yang enak. Belilah yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Itu saja kuncinya. Setiap orang kan punya kebutuhan yang berbeda-beda?

Kualitas Kopi yang Dihasilkan

Nggak selalu mesin kopi yang harganya paling mahal menghasilkan kopi yang rasanya paling enak, karena masih ada faktor biji kopi yang baik dan segar, juga pengalaman dalam membuat kopi. Orang yang sudah lebih berpengalaman membuat kopi sendiri dengan mesin biasanya nggak akan memilih mesin pembuat kopi yang menggunakan pod atau kapsul, karena nggak terlalu bisa dikontrol dan “malas” membeli pod. Tapi para pembuat kopi pemula malah akan menyukai mesin kopi yang seperti ini. Nah, sudah lebih tahu kan sekarang, mesin kopi seperti apa yang ingin kamu beli?

Keinginan Untuk Belajar

Beberapa orang lebih suka mesin kopi yang praktis tapi dapat menghasilkan rasa kopi yang enak. Sementara beberapa orang lainnya lebih suka belajar lagi lebih dalam tentang kopi agar lebih menguasai lagi cara pembuatan kopi yang baik.

Bagi yang ingin “tinggal pencet ke luar kopi”, silakan memilih mesin kopi yang otomatis – tanpa harus pusing memikirkan mengapa dan bagaimananya. Sementara yang ingin belajar seni membuat espresso dan nggak keberatan untuk menggunakan waktunya untuk belajar, belilah mesin espresso atau bisa juga entry home espresso.

Kebersihan

Kalau kamu biasa meminum kopi di hari yang sibuk, mesin kopi yang membutuhkan waktu untuk dibersihkan setelah dipakai tentu bukan pilihan yang tepat. “Mending beli di coffee shop deh daripada harus ngebersihin alatnya setelah dipakai!” begitu kira-kira yang ada di kepala kamu.

Tapi kalau kamu nggak berkeberatan untuk sedikit repot membersihkan mesin kopi, kamu bisa memilih mesin espresso yang ada grinder-nya.

Kenyamanan

Apakah kamu termasuk orang yang setiap pagi terburu-buru, atau orang yang memang punya waktu khusus untuk membuat kopi? Kalau kamu termasuk orang yang pertama, pilih yang otomatis.

Harga

Nah, ini juga penting. Mesin pembuat kopi yang otomatis harganya lebih murah dari yang nggak otomatis. Cukup beli satu mesin, semuanya beres. Sementara yang nggak otomatis, harganya bisa sampai jutaan rupiah.

Kecepatan

Sebelum membeli, teliti dulu kedalaman tank air dalam mesin kopi tersebut, juga apakah mesin itu dapat memanaskan susu sambil menyeduh kopi pada saat yang bersamaan.

Kesimpulan

sm-article-nespresso_20120403140351837683-620x0

Mesin kopi dengan kapsul (sumber: theage.com.au)

Kalau kamu ingin kopi berkualitas baik tanpa harus banyak belajar, pilih mesin kopi yang menggunakan kapsul.

Miele-coffee-machi_2062852b

Mesin espresso (sumber: telegraph.co.uk)

Kalau kamu ingin kopi yang kualitasnya seperti di coffee shop, belilah mesin espresso yang lebih “serius”. Harganya sudah tentu lebih mahal, dan perawatannya juga memerlukan waktu lebih banyak. Tapi selama kamu niat untuk mempelajari lebih dalam, anggap saja ini jadi investasi.

Sudah punya bayangan yang lebih jelas kan sekarang?

 

Artikel Terkait:

Tips-Membuat-Espresso-oleh-Doddy-Samsura

The Public Private Exhibition

Seberapa besar sih dampak sosial media dan teknologi di kehidupan sehari-hari? Ini yang jadi pertanyaan seorang kurator yang berasal dari sarangnya sosial media, Christiane Paul. ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official