Catalyst Art Market 5: Art & Creative Workshops pt.2

Kopling udah pernah kasih tau kamu sebelumnya kalau di Catalyst Art Market 5 yang diadakan bersamaan dengan Kopi Keliling Arts & Coffee Festival (KACF) 2015 akan ada sederet workshop seru yang bisa kamu ikutin. Jadi, ada dua jenis workshop di Catalyst Art Market 5: pre-order dan on the spot. Sesuai namanya, pre-order berarti kamu harus daftar dulu sebelum hari H, dan on the spot berarti kamu bisa langsung daftar di tempat saat kegiatan berlangsung.

Nah, kali ini saatnya kita simak bareng-bareng, ada workshop apa aja sih di hari pertama KACF 2015, tanggal 29 November 2015?

Suminagashi Marbling oleh Yonaz K Sanjonas (pre-order)

IMG_8922

Waktu: 15.00 – 17.00
Harga: Rp250.000/peserta
Material (disediakan oleh pengajar): 1 buah workshop kit berisi zine tutorial, 3 buah kuas, 5 lembar kertas oatmeal (10 x 15 cm), kain (30 x 30 cm), tinta sumi-e, palettepackaginghand gloves; serta sharing material berupa enamel paint, alkohol 70%, thinner A, M3, lidi, dan tinta berbagai warna

Di workshop ini kita akan belajar membuat hand-marbled paper dengan variasi warna yang berbeda-beda. Teknik marbling ini bisa diaplikasikan untuk apapun, seperti membuat kartu pos, kartu ucapan, dan lain sebagainya.

Tentang Yonaz K Sanjonas

Screen Shot 2015-11-15 at 8.50.39 PM

Mahasiswa Institut Seni Indonesia Yogyakarta yang sudah tiga bulan ini menetap di Hidden Studio, Jatimulyo. Sedang asik dengan kegiatan cetak-mencetak bersama Paper Jam Print dan RAR Funzine, di mana hal tersebut menjadi ketertarikan utamanya dalam berkarya.

Watercolour oleh Varsam Kurnia

VarsamKurnia_EarlGrey

Waktu: 15.20 – 17.20
Harga: Rp335.000/peserta
Material: disediakan oleh pengajar

Di workshop ini kita akan belajar teknik dan cara mengontrol medium menggunakan timing waktu, tingkat kebasahan dan kekeringan media serta cara mengontrol kuas. Kita juga akan belajar cara mencampur dan memanipulasi warna. Selain itu, Varsam akan mendemokan secara langsung bagaimana teknik ia melukis dengan cat air.

 

Tentang Varsam Kurnia

Varsam Kurnia adalah seorang ilustrator dan pelukis yang berbasis di Jakarta. Ia banyak menggunakan media cat air dalam berkarya dan karya-karyanya memiliki gaya figuratif.

Food Watercolour oleh Weekend Workshop (WeWo)

Screen Shot 2015-11-15 at 9.27.17 PM

Waktu: 15.20 – 17.20
Harga: Rp400.000/peserta
Material: disiapkan oleh pengajar (Kak Cimot)

Spesial: Kuliner dan Kopi. Foto makanan untuk di Instagram sudah biasa. Belajar teknik melukis makanan ringan/cake dan secangkir kopi dengan menggunakan cat air, itu baru asyikkk!

Tentang WeWo

image1

Weekend Workshop (WeWo) adalah sebuah inisiatif yang mengampanyekan kegiatan kreatif dan produktif di akhir pekan untuk seluruh masyarakat. Dibentuk tahun 2014, hingga saat ini WeWo telah mengadakan 38 jenis kelas kreatif di Jakarta, Bandung dan Tangerang. Informasi lebih lanjut silakan kunjungi akun @wewocraft di Instagram, Facebook dan Twitter atau email ke wewocraft@gmail.com.

Shibori oleh Eva Joewono

Screen Shot 2015-11-06 at 4.49.20 PM

Waktu: 15.20 – 17.20
Harga: Rp350.000/peserta
Material: disediakan oleh pengajar

Kelas shibori yang dibawakan Eva selalu menarik karena ia biasanya memperkenalkan beberapa teknik pewarnaan sekaligus, tergantung dari ketersediaan waktu juga tentunya. Terlebih lagi, ibu 2 anak remaja ini selalu mendampingi setiap peserta secara personal. Baik di kelas dasar maupun kelas lanjutan.

Tentang Eva Joewono

Screen Shot 2015-11-15 at 8.37.01 PM

Melengkapi kesibukan sehari-harinya sebagai seorang produser di TV commercial dan memanajeri group musik AriReda, Eva mulai menekuni pelatihan teknik pewarnaan kain a la Jepang, shibori, sejak awal tahun ini.

Coptic Bookbinding oleh Mei Suling 

img_1513_1

Waktu: 15.20 – 17.20
Harga: Rp400.000/peserta
Bahan (disediakan oleh pengajar): 1 set kit untuk membuat 1 buku, termasuk kertas, jarum, waxed thread, wooden awl, paper clipwood cover dengan tali elastis
Alat (wajib dibawa peserta): paper cutter, pensil, penggaris kecil, gunting

Coptic binding adalah salah satu teknik bookbinding yang dimiliki oleh orang Koptik di Mesir pada sekitar abad ke-2 hingga abad ke-11. Di workshop ini, kita akan mempelajari bagaimana cara membuat coptic binding yang sederhana menggunakan teknik 1 jarum di panel kayu sebagai sampul buku, dikombinasikan dengan karet elastis dan tali kulit sintetis.

Tentang Mei Suling

img_1557_1

Setelah lulus dari sekolah seni printmaking studio dari ITB, Mei melanjutkan karirnya di Jawa dan Bali sebagai desainer grafis, advertising, dan marketing selama beberapa tahun. Pada tahun 2009, ia kembali ke Bandung dan mendirikan studio stationery design dan bookbinding. Sebagai orang yang sangat memperhatikan detail dan hasil akhir, kreasinya sangat diminati oleh banyak orang hingga saat ini.

CAM-5_Workshop_day2_1.2

Tertarik untuk mengikuti salah satu dari workshop di atas? Langsung aja daftar lewat maubelajarapa.com ya! Ada pertanyaan? Silakan email ke catalystartmarket2015@gmail.com.

About author

Dessy Safira

Dibandingkan pelukis atau ilustrator, mungkin profesi seniman keramik atau gerabah belum terlalu banyak. Ah, berbicara tentang seni yang satu ini selalu mengingatkan kita kepada Demi ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official