Art

Karya Seni dengan Harga Selangit

Nggak ada karya seni yang buruk. Kopling sangat setuju dengan pendapat itu. Tapi sebenarnya, patokan “seni” itu sendiri sangat bias. Dan beberapa orang yang “sangat beruntung” berhasil menjual “karya seninya” dengan harga yang bisa dibilang bakal bikin mulut menganga, karena harganya bisa ngalahin harga mobil bahkan harga rumah. Mungkin itu sebabnya juga banyak orang yang ingin melakukan investasi di bidang seni.

Ingin tahu berapa harga “karya seni” mereka?

Concetto spaziale, Attese karya Lucio Fontana – $1,5 Juta

3462871463_2f7146a3bf_z

Sumber: flickr.com

“Lukisan” ini terjual di sebuah lelang di London. Fontana memberikan aksen terhadap karyanya melalui sayatan-sayatan di kanvas. Hal ini memberikan ide bahwa lukisan itu adalah obyek, bukan hanya sebuah permukaan.  Hmmm… Tapi pertanyaannya, kalau karya seni ini dibuat oleh orang lain, harganya akan sama juga nggak ya?

Blood Red Mirror karya Gerhard Richter – $1,1 Juta

5346931711_389940e654

Sumber: flickr.com

Benda ini benar-benar sebuah cermin yang dicat dengan warna merah. Mungkin kolektornya ingin melihat dirinya dengan warna lain ketika bercermin…

Green White karya Ellsworth Kelly – $1,6 Juta

5367933492_fe2a1d80ce

Sumber: flickr.com

Kamu bisa nggak membuat lukisan di atas? Adik kamu yang baru berumur 3 tahun juga mungkin bisa… Tapi tunggu dulu, Ellsworth Kelly dianggap sebagai salah satu seniman paling berpengaruh di dunia seni setelah tahun 1945. Beliau terkenal dengan eksplorasi akan bentuk, warna, dan ruang. Karya-karyanya memburamkan batas antara lukisan dan patung, keindahan alam (tanaman, daun, air), dan arsitektur (dinding, jendela). Ia mereplikasi bentuk, bayangan, dan sensasi visual yang ia alami di sekitarnya. Sebuah ide yang pastinya nggak selalu terpikirkan oleh setiap orang.

Untitled (1961) karya Mark Rothko – $28 Juta

5347572996_957a28dc13

Sumber: flickr.com

Sebagai salah satu penggemar permainan warna yang dilakukan oleh Mark Rothko, bagi Kopling karya di atas bukan salah satu karya terbaiknya seniman ini. Tapi tetap aja sih kejual mahal. Hehe…

Untiled (Stoffbild) karya Blinky Palermo – $1,7 Juta

5367323485_c459b4d6eb

Sumber: flickr.com

Pendapat seorang kritikus seni tentang karya di atas: “Karya Palermo yang satu ini menawarkan terlalu sedikit variasi warna, atau bahkan nggak ada sama sekali, tapi menawarkan penikmatnya untuk mendapatkan pengalaman optikal yang murni.”

Untitled karya Cy Twombly – $2,3 Juta

5367323569_2574142608

Sumber: flickr.com

Lukisan ini terjual di balai lelang Christie’s dan menuai pujian dari banyak pihak. Menurut kamu gimana?

NYC Garbage Cubes karya Justin Gignac – $100

a98781_worst-art_5-garbage

Sumber: oddee.com

Benda ini dijual sebagai suvenir. Awalnya dijual “hanya” seharga $10, tapi lalu harganya dinaikkan menjadi $25 ketika mulai banyak yang membelinya. Dan ketika Gignac menaikkan lagi harganya menjadi $100, orang mulai memandang benda di atas sebagai karya seni…

Non-Existent Art – $1.000

a98781_worst-art_2-non-existant

Sumber: oddee.com

Pada tahun 2011, seorang perempuan membayar $10.000 untuk sebuah lukisan yang berjudul “Fresh Air” dari The Museum of Non-Visible Art, sebuah organisasi yang menjual karya seni yang hanya ada dalam imajinasi para senimannya…

Speechless.

 

Cup Specialty Coffee

Cup Specialty Coffee by PSN CREATIVE via vimeo.com   Video kreatif buatan PSN Creative tentang seni membuat kopi. Seru nih kalo ada yang tertarik garap ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official