Apakah Kamu Pencinta Sastra?

1

“We’re all a little weird and life’s a little weird. And when we find someone who is weirdness is compatible with ours, we join up with them and fall in mutual weirdness call it love.” – Dr seuss

Di saat banyak orang berlomba-lomba untuk menulis dan menerbitkan naskah populer, penerbit Katabergerak malah memilih genre yang konon kurang digemari: sastra. Iya, jenis karya tulis yang menurut banyak orang susah dimengerti, dengan gaya bahasa berbunga-bunga dan penuh makna tersirat.

Katabergerak sendiri mengakui bahwa bahkan penerbit besar pun sangat hati-hati dengan genre ini, karena tidak banyak pembaca berminat untuk mengoleksi karya sastra, apalagi anak-anak muda. Well, tapi waktu membuktikan, setelah lebih dari dua tahun Kata Bergerak menjalankan aktivitasnya sebagai penerbit karya sastra, api mereka nggak surut tapi malah semakin berkobar.

Sampai saat ini, Katabergerak telah menerbitkan sepuluh buku, sebagian besar berupa buku kumpulan puisi, dan beberapa di antaranya adalah cerpen dan novel. Kopling sendiri termasuk yang mengikuti perkembangan Katabergerak dari awal dan menurut Kopling mereka berhasil membuat genre sastra menjadi semakin disukai oleh generasi muda.

Saking kagumnya dengan semangat Katabergerak, Kopling mencolek salah satu pendirinya, Reni Umbara, untuk berbagi cerita tentang alasan-alasan mereka berbuat cukup ‘nekat’ dengan memprioritaskan menerbitkan buku ber-genre sastra.

logo-motion-publishing-biru

Sejak kapan Katabergerak berdiri? Mungkin bisa dijelaskan secara singkat juga tentang Motion Publishing.

Sebagai lini depan Motion Publishing, Katabergerak mulai aktif Maret 2012. Motion Publishing sendiri berdiri tiga tahun sebelumnya. Mulanya mengkhususkan diri menerbitkan buku nonfiksi terutama buku untuk materi ajar broadcasting.

Siapa saja pendiri di balik Katabergerak? Apakah semuanya memiliki latar belakang di bidang sastra?

Katabergerak didirikan oleh Reni dan Diki Umbara. Kami tidak punya latar belakang pendidikan di bidang sastra, tidak juga dibesarkan di lingkungan seni. Bagaimana kemudian kami bekerja di bidang sastra bermula dari keterlibatan kami di komunitas pencinta sastra yang kami ketahui dari sosial media. Dari situlah kami berkenalan dengan beberapa penulis, di antaranya M. Aan Mansyur, penyair dari Makassar yang buku puisinya menjadi buku pertama Katabergerak.

tomat

Apa visi dan misi yang diemban oleh Katabergerak?

Katabergerak ingin mendekatkan karya penulis dengan pembacanya. Tidak hanya mempromosikan buku-buku ber-genre sastra yang diterbitkan Motion Publishing, kami juga ikut mendukung karya-karya penulis yang pernah bekerja sama dengan kami. Ikut mempromosikan meskipun buku selanjutnya diterbitkan oleh penerbit lain. Juga sebisa mungkin mendukung berbagai kegiatan yang berhubungan dengan seni dan literasi.

Kami sendiri tetap memosisikan diri sebagai penikmat dan penggerak. Dalam proses kurasi dan produksi buku maupun pelaksanaan acara, kami bekerja sama dengan para profesional di bidangnya.

Bagaimana pendapat Kata Bergerak tentang perkembangan dunia puisi di Indonesia saat ini dan ke depannya?

Andai kami punya data valid tentang perkembangan dunia puisi di seluruh Indonesia dan bisa meramalkan bagaimana perkembangan ke depan, tentu akan memudahkan kerja kami. Tapi, sayangnya, sampai saat ini kami belum mengetahui bagaimana perkembangan puisi di seluruh Indonesia. Puisi dikenal dari ujung barat hingga timur Indonesia. Masing-masing daerah punya sastrawan. Tapi mungkin hanya dikenal regional, itu pun di kalangan komunitas. Sementara yang terpublikasikan secara nasional hanya sedikit saja.

Jika dilihat dari peminat buku puisi dari Katabergerak, mereka ada di seluruh pulau besar Indonesia. Beberapa pemesan dari orang Indonesia yang bermukim di luar negeri; juga dari peminat sastra di Malaysia. Maka kami optimis peminat puisi akan tetap ada. Bagaimana menjangkau dan mendekatkan diri kepada mereka, itu yang terus menjadi perhatian kami.

Mengenai genre yang diambil, setahu Kopling Kata Bergerak memang fokus untuk menerbitkan buku-buku puisi. Kenapa memilih genre sastra, padahal dari beberapa info yang Kopling dengar, genre ini termasuk sulit dan banyak penerbit besar memilih untuk nggak menerbitkan genre ini.

Selain buku puisi, kami juga menerbitkan kumpulan cerpen dan novel. Memang lebih fokus ke genre sastra. Kenapa? Karena penerbit besar sangat hati-hati dalam menerbitkan genre ini. Pada awal mengemukakan niat untuk menerbitkan buku ber-genre sastra, kami diberi peringatan: hati-hati, bisa bangkrut pada buku kelima. Ada juga yang memberitahu: buku puisi bisa laku 4.000 eksemplar, tapi baru habis setelah 10 tahun. Seburuk itukah? Bisa jadi. Tapi tidak menyurutkan niat kami. Untuk mengantisipasinya, kami bekerja secara efektif dan efisien. Buku-buku diproduksi dengan oplah terbatas tapi tetap menjaga agar stok selalu tersedia. Beberapa judul juga tidak kami jual di toko buku, hanya pesan-antar atau jual langsung tanpa distributor. Para profesional di balik produksi buku bekerja secara remote. Kami berkantor di dunia maya. Keuntungannya, kami bisa bekerja sama dengan siapapun tanpa dibatasi ruang. Dengan cara itu kami bertahan, dan akan tetap mempertahankan cara ini jika kemudian Katabergerak dan Motion Publishing berkembang lebih besar.

cover-depan-kepada-apakah1

Bagaimana cara Kata Bergerak memilih/menyeleksi buku yang akan diterbitkan? Apakah siapa saja boleh mengajukan naskah, atau ada persyaratan lain?

Proses penerbitan sama saja dengan penerbit lain. Naskah harus melalui proses kurasi terlebih dahulu, dinilai potensi dan kelemahannya. Tidak hanya menilai dari naskah tapi potensi penulisnya, karena Katabergerak berniat untuk mendukung penulis pada karya-karya selanjutnya. Untuk itu data lengkap penulis sangat kami perlukan, terutama bagi para penulis pemula.

Kopling juga menyadari kalau fenomena e-book saat ini cukup meledak, meskipun gaung di Indonesia belum segitu besarnya. Apa tanggapan dari Kata Bergerak tentang hal ini?

E-book atau buku cetak hanya berbeda pada bentuk medianya saja. Semakin beragam bentuk medianya, semakin bagus. Berarti pembaca punya pilihan mana media yang paling tepat untuk bisa menikmati buku. Kami tidak punya masalah dengan itu dan saat ini sedang bekerja sama dengan pihak lain untuk memproduksi dan memasarkan e-book.

Apa rencana jangka panjang Kata Bergerak untuk ke depannya?

Rencana ke depannya tentu terus menerbitkan buku-buku yang semakin baik kualitasnya. Juga mewujudkan beberapa rencana kerja di luar proses penerbitan. Semoga saja kami bisa bertemu dengan pihak yang tepat dan tiba di waktu yang tepat.

 

Nah, apakah kamu juga memiliki ketertarikan di genre sastra? Langsung colek aja @katabergerak atau main-main ke blog-nya di sini.

 

Sumber gambar: Katabergerak

About author

1 comment

  1. dewi 13 February, 2015 at 23:32 Reply

    Halo Admin / Blogger 🙂

    Saya sangat suka dengan postingan foto-fotonya 🙂
    Perkenalkan, saya Dewi dari tim kumpulbagi. saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi foto-foto,video,menggunakan disk online yang lain dengan tujuan berbagi informasi ? 🙂
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini http://www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Anda bisa dengan bebas mmengupload foto-foto,video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

    Terima kasih.

    Salam.

Post a new comment

Lobortis viverra enim ultricies

Mollis cursus vulputate. Maecenas. Justo natoque ultrices varius nonummy dapibus feugiat cras nisi sagittis. Tortor platea. Non sem quis phasellus netus arcu Aptent lacus aptent ...