Neapolitan, Pot Kopi Jadul dari Italia

20131308-flippot

Salah satu alat pembuat kopi yang boleh dibilang antik karena punya sejarah yang panjang adalah Neapolitan flip coffee pot.

Alat pembuat kopi ini disebut “napoletana” atau “cuccumella” dalam bahasa Italia, namun bukan berarti diciptakan atau ditemukan oleh seseorang yang adalah cucunya Mella. Hehe… Tapi diciptakan oleh di Naples, Italia pada Abad 17 dan modelnya dibuat serupa (tapi tak sama) oleh seorang Uskup Prancis Jean-Baptiste de Belloy. Pot kopi ini lalu jadi terkenal di Naples dan seluruh bagian selatan negara Italia, dan bentuknya lumayan mirip sama “sepupunya” yang dikasih nama “moka pot”. Bedanya, napoletana ini menggunakan prinsip gravitasi dan bukan tekanan untuk menyeduh kopi. Ukurannya yang kecil cocok untuk porsi minum kopi satu orang dan bahannya yang terbuat aluminium lebih gampang dibersihin.

Tapi ada juga yang bilang, sebenernya Neapolitan ini aslinya diciptakan oleh orang Perancis. Baru kemudian didesain ulang oleh Riccardo Dalisi dari desain yang udah dibuat oleh Alessi, sebuah perusahaan yang membuat alat-alat dapur. Riccardo memulai risetnya di tahun 1979 dan memperoleh perhatian dunia ketika desainnya mulai diproduksi di tahun 1987 dan dia memenangkan penghargaan palng bergengsi di desain industri Italia, Golden Compass.

Eduardo-de-Filippo-e1326917078515

Keterkenalan Neapolitan ini nggak lepas dari jasa Eduardo De Filippo, seorang pemain teater dan pemain film yang juga pernah kerja bareng dengan Sophia Loren, dalam filmnya yang berjudul “Questi Fantasmi”.

Dalam film itu, Eduardo ceritanya duduk di sebuah teras dan di sampingnya ada si Napoletana ini. Di adegan yang sama, dia nunggu sampe air dalam pot itu menetes melalui filter, lalu dia nerangin ke tetangganya yang adalah seorang profesor tentang cara kerja pot ini. Dia bilang bahwa kertas yang bentuknya mirip contong es krim itu diletakkan di dalam pot supaya aromanya nggak menguap keluar. Memang udah sering banget kopi “tampil” di film-film terkenal.

Kalo kita mau beli Napoletana sekarang mungkin masih ada, tapi model yang aslinya dijualnya cuma di toko-toko suvenir atau toko-toko barang antik tertentu.

Terus gimana sih caranya bikin kopi pake pot ini?

1. Ambil pot yang di atas, lalu isi dengan air.
2. Masukkan bubuk kopi yang udah digiling halus di filternya, dan letakkan di dalam air. Jumlah kopinya terserah, tergantung seberapa kentalnya kopinya yang kamu suka.
3. Ambil pot kedua, letakkan di kompor lalu didihkan. Nah, masalahnya, kita nggak akan tau kapan airnya mendidih, jadi harus dikira-kira pake perasaan.
4. Ketika airnya udah mendidih, angkat dari kompor, lalu balik. Ini memang butuh seni dan ketrampilan yang tinggi – atau air mendidihnya bisa berceceran di lantai.

Selamat mencari pot kopi antik ini dan mencoba cara membuat kopi ala orang-orang jadul!

Sumber foto: seriouseats.com

Sejarah Kopi Dekafeinasi

Mungkin belum banyak yang tahu kalau sebenarnya kopi dekafeinasi sudah ada sejak awal abad ke-20. Ketenaran kopi ini memang lebih rendah dibandingkan jenis kopi yang lain ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official