Kopi: Filter Kertas vs Filter Metal

chemex-1449

Bagi para pencinta kopi yang sering ngopi di coffee shop atau sering membuat kopi sendiri di rumah dengan alat manual brew pasti sudah nggak asing lagi dengan yang namanya filter kopi. Yup, filter kopi ini umum terlihat di beberapa alat kopi manual, seperti V60, Chemex, Aeropress, dan lain sebagainya. Karena bahannya terbuat dari kertas, ada beberapa pihak yang mendebatkan limbah yang dihasilkan dari filter kopi bekas. Memang, filter kopi yang baru masih bisa dipakai untuk hal-hal lain selain membuat kopi, tapi gimana dengan yang bekas? Biasanya sih cuma anak menjadi tumpukan di tempat sampah.

Karena itulah, beberapa perusahaan mulai mencari alternatif penggunaan filter kopi kertas dengan menciptakan filter kopi dari bahan metal, di antaranya adalah keluaran Able Brewing dan Cuisinart. Beberapa orang pernah bertanya, sebenarnya lebih baik memilih yang mana ya? Filter kertas atau filter metal? Menurut Kopling sih masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut beberapa hal yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu.

Filter Kertas

ChemexCoffeeFilterPapersS12

Filter kertas (sumber: crateandbarrel.com)

Kalau kamu adalah tipe peminum kopi yang terganggu banget dengan adanya bubuk kopi sisa di bagian bawah cangkir, pilihlah filter kertas, karena filter ini bisa menyaring hingga partikel kopi berukuran kecil. Selain itu, filter kertas juga bisa menyaring kafestol, yaitu senyawa kimia yang hanya terdapat pada kopi yang dapat meningkatkan tingkat kolesterol LDL. Saat kamu menyeduh kopi dengan filter kertas, senyawa kafestol ini akan tertinggal di kertas sehingga kopi yang kamu hanya mengandung sedikit kafestol. Jadi, kalau kamu berisiko terkena kolesterol, mendingan hindari menyeduh kopi dengan cara tubruk, french press, dan Turki ya? Menurut publikasi Harvard, espresso mengandung senyawa kafestol yang lebih sedikit dari kopi french press, tapi lebih banyak dari kopi yang diseduh pakai filter kertas.

Kekurangannya? Tentu saja ada. Selain nggak ramah lingkungan karena hanya bisa untuk sekali pakai, filter kertas juga rentan terhadap kontaminasi dari lingkungan sekitarnya. Karena itulah kalau kamu lihat di coffee shop, pasti para barista membilas filternya dengan air panas dulu sebelum mereka menuang kopi melalui filter agar lebih bersih, selain untuk memudahkan penyaringan kopi tentunya.

Filter Metal

able_kone_-5

Filter metal (sumber: dearcoffeeiloveyou.com)

Gimana dengan filter metal? Kalau kamu sangat peduli dengan lingkungan dan nggak masalah dengan adanya sisa-sisa bubuk kopi di bagian bawah minuman kopimu, Kopling saranin untuk memakai filter metal. Kamu nggak perlu terus-menerus membeli filter kertas yang baru, cukup dengan mencuci filter metalmu setiap sehabis digunakan. Oke banget nih buat kamu yang suka bikin kopi lebih dari tiga kali dalam sehari. Tapi jangan sampai kamu kelupaan juga ya buat mencuci filternya, karena penumpukan minyak kopi di filter metal bisa menyebabkan bau tengik yang berdampak ke kopinya juga. Konon, rasa kopi yang dihasilkan dari filter metal sih terasa lebih “penuh”, karena filter kopi nggak menyaring seluruh minyak kopi.

 

Jadi, semuanya balik lagi ke diri sendiri, termasuk peminum kopi yang seperti apakah kamu?

About author

Map’s Reimagined

Tanggal 26 Mei lalu Kopling mampir ke pembukaan pameran Map’s Reimagined yang diadain di Dia.Lo.Gue Artspace, Kemang. Seperti yang sudah-sudah, Dia.Lo.Gue sering membawa seniman muda ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official