3 Manual Brew Baru

4

Setelah sekian lama tidak artikel cara bikin kopi, kali ini biar asik gue ingin memperkenalkan beberapa cara seduh kopi manual yang baru deh. Biasanya kan yang paling sering didenger adalah Tubruk dan French Press (Plunger). Tapi kali ini gw akan memperkenalkan 3 alat baru, yaitu :

1. Kopi POUR OVER (V60)

Kalau teman-teman ada yang punya coffee maker yang di dalamnya menggunakan kertas, nah Kopi Pour Over ini kira-kira prosesnya sama seperti itu. Bedanya, kita mengatur sendiri cara penuangan airnya untuk menyesuaikan rasa yang ingin kita capai. Jadi dengan adanya kertas yang berfungsi sebagai penyaring kopi ini merupakan salah satu cara yang membuat kopi yang diseduh menjadi lembut rasanya. Menurut gue metode ini sangat menarik karena bisa memberi/mengeluarkan rasa dan karakter kopi yang cukup jelas, sehingga menghasilkan suatu minuman kopi yang lembut namun memiliki rasa yang kaya di dalam mulut kita.

Hario V60 Pour Over by Matt Perger from St Ali on Vimeo.

2. Kopi AEROPRESS

Terkadang kalau ada tamu yang datang ke cafe gue kemudian gue tawarkan Aeropress mereka sering kali tertukar dengan French Press. Di Cafe, gue sendiri lebih prefer dengan Aeropress ketimbang French Press soalnya metode yang dimiliki alat ini membuat gue bisa menghasilkan minuman kopi yang memiliki rasa cukup “nendang” karena alat ini bisa mengeluarkan karakter body (body : Bahasa yang kita gunakan untuk mendisripsikan tingkat berat dan ketebalan kopi) si kopi itu sendiri. Namun meskipun begitu, Aeropress tetap bisa memberikan/mengeluarkan karakter rasa yang sangat jelas. Jadi gue pribadi melihat alat ini sangat menarik untuk dimiliki di rumah karena dia bisa menyeduh secangkir kopi yang sangat baik namun dengan cara yg sangat mudah, alat ini tidak akan “rewel” apabila kita melakukan kesalahan dalam menyeduhnya. Sampai-sampai McGyver aja juga senang minum dengan alat ini lo! Ga percaya?

How MacGyver does AeroPress from Coffee Circle on Vimeo.

3. KOPI COLDDRIP/COLDBREW

Pernah minum iced coffee/iced americano tapi rasanya kecut saking asemnya? Nah kalau pengen minum kopi dingin tapi ga asem kecut, bisa menggunakan alat ini nih. Jadi alat ini kenapa bisa menghasilkan kopi yang luar biasa enaknya, karena kopiny dibuatnya menggunakan air dingin yang menetesnya perlahan-lahan, saking pelanya kira-kira 1 tetes per 1 detik. Lama ya? haha makanya biasanya cafe yang menjual ini akan bikin stok dulu 1 hari sebelumnya. Gue pun juga begitu soalnya. Tapi kelebihanya dari prosesnya yang lama, alat ini menghasilkan kopi yang rendah tingkat keasamannya, kalaupun ada rasa asam itu adalah acidity (acidity : rasa Asam yg bercampur dengan kandungan gula di kopi yang menghasilkan rasa asam yang gurih seperi asam buah-buahan). Jadi pembuatan kopi menggunakan air dingin ini mempertahankan rasa yang baik, sementara menghilangkan rasa pahit dan asam berlebihan yang akan terasa saat diseduh dengam air panas. Penasaran? Nih videonya:

Cold Drip Brewing Method from PROUD MARY on Vimeo.

Mungkin ada beberapa dari kalian yang udah tau, pernah nyoba atau bahkan udah punya, nanti next artikel gue akan coba bahas cara buatnya lebih detil ya. Jadi bagi yang belum punya bisa segera nyoba di rumah dan yang udah punya bisa tukeran resep kita! ok! ~@AndanuPrasetyo

About author

4 comments

Post a new comment