Art + Barbecue = FUN!

0

Hari Minggu (1-6-14) lalu Kopling ngadain acara Art Market di Joglo Beer, Kemang (minggir dikit). Sekedar cerita sedikit, kegiatan jual beli karya ilustrasi/seni ini sengaja Kopi Keliling adakan secara berkala untuk menciptakan gairah untuk (belajar) mengkoleksi karya, baik itu original maupun digital. Perkembangan dari acara pertama, kedua, hingga sekarang (menurut pandangan Kopling sendiri sih) jumlah dan animo pengunjung berkembang dengan baik. Berita ini tentu bisa jadi sangat baik buat para pelaku kreatif  saat ini.

Art Market 3 lalu diikuti oleh 18 seniman/ilustrator dan 8 brand kreatif. Nambah 6 peserta dari Art Market yang sebelumnya! #progress hehe. Jumlah karya original yang dibawa peserta pun meningkat jauh dari acara sebelumnya. Pembeli karya original mulai bermunculan di acara Art Market Kopi Keliling. Sekali lagi, ini tentu perkembangan yang baik, khususnya buat kamu yang ingin mempunyai karir fulltime di bidang ini.

Acara-Art-Market-Kopi-Keliling-1

Karya original bertema Sci-Fi yang dipamerkan di Art Market 3

Yang enggak kalah seru dari karya teman-teman yang jualan adalah beberapa kegiatan interaktif yang bisa dilakukan di Art Market 3. Pertama, ada area action print dari Kaceplade. Pengunjung yang hadir bisa cobain langsung teknik sablon ke bahan kanvas dan juga blacu (kalau kanvas harganya 75 ribu, sedang blacu 35 ribu saja). Beberapa screen sudah disediakan, pengunjung yang berminat bisa mengkombinasikan gambar dan menggunakan warna-warna yang ada sekreatif mungkin. Dan hasilnya? Keren keren!

Acara-Art-Market-Kopi-Keliling-2

Penampakan area action print nya Kaceplade

Kedua, workshop kolase oleh Karin Josephine. Bertema “Berkarya (dengan) Ceria”, pengunjung yang ikutan diajak Karin untuk kembali berkarya dengan cara sederhana dan hasil karyanya dapat menginspirasi diri sendiri dan orang-orang yang melihatnya. Karena menurut Karin, kemajuan teknologi memungkinkan kita untuk berkreasi dengan lebih mudah, sekaligus juga memantau berbagai karya yang dibuat oleh siapapun di seluruh dunia. Tetapi kemudahan digital sering kali membuat kita lupa dengan kehidupan yang berlangsung di depan mata. Seringkali, dengan kemudahan layar sentuh dan aplikasi digital, kita lupa akan keasyikan dan “kerepotan” yang hadir ketika kita sibuk berkarya dengan tangan kita sendiri. Keren ya?

Acara-Art-Market-Kopi-Keliling-3

Karin Josephine (paling kanan) memandu workshop kolase “Berkarya (dengan) Ceria”

Lalu, agak maleman sedikit ada teman-teman dari Limbo Studio mengajak pengunjung Art Market untuk menggambar bersama, merespon tema science fiction. Hasil diskusi yang dilakukan sebelumnya oleh tim Limbo menghasilkan sebuah pandangan bahwa science fiction sangat erat hubungannya dengan imajinasi. Image sci-fi yang pada umumnya (hanya) lekat ke film-film teknologi canggih, Limbo coba untuk ‘break’ menjadi pertanyaan-pertanyaan seperti: “Kalau Robocop ada di Jakarta, akan seperti apa ya?” atau “Apa yang menurut kamu belum ada di dunia ini?” dan lain sebagainya. Pertanyaan-pertanyaan itulah yang kemudian dicoba untuk digambarkan oleh teman-teman yang ikutan sesi menggambar bersama ini.

Acara-Art-Market-Kopi-Keliling-4 Suasana menggambar bersama Limbo Studio. (tengah) hasil karya dari @masdira_. (Foto nyomot dari @sketsa_ku)

Last but not least, ada Barbecue-an yang digawangi oleh teman Kopling. Dari pemberitaan lalu memang Kopling nyebutin ada seorang chef yang akan menyajikan barbecue di Art Market, namun karena tiba-tiba (malam sebelumnya) dia bilang kena sakit tipes, alhasil barbecue kemarin adalah kolaborasi Kopling, beberapa teman, hingga salah satu seniman (sekaligus) peserta bazaar hari itu. Sangat, sangat D.I.Y, cuma seru! Ya begitulah suka duka kalau bikin event. Selalu ada cobaan-cobaan kecil (kadang juga besar) di setiap kesempatan. hehe.

Acara-Art-Market-Kopi-Keliling-5

Area barbecue yang super sibuk menerima pesanan malam itu di Art Market 3

Overall? Acara Art Market berlangsung dengan baik. Sangat-sangat diberkati sama yang “di Atas” karena hari itu sama sekali tidak ada hujan. Banyak banget teman-teman yang dateng, dan beli karya-karya keren yang ada di Art Market. Pokoknya puas banget! Semua rasa capek kebayar dengan suasana ceria di hari itu. Terima kasih sekali lagi buat yang sudah mampir, dan juga yang ikut membantu sehingga acara dapat berlangsung dengan lancar. Oh, hampir lupa. Saking sibuknya, Kopling enggak sempat mendokumentasikan acara dengan baik. Kalau kamu kemarin foto-foto di Art Market, mau dong di share link fotonya di comment box. Atau kalau enggak keberatan, kirimin lewat email ke contact@kopikeliling.com. Thank youuuuu!

Sebagai penutup, ini ada video liputannya, thanks to @vinodii:

Sumber foto: http://bit.ly/1uh2eJu. Thanks again buat @vinodii untuk foto-foto & video kerennya!

About author

No comments

Aneka Aksesoris Untuk Cat Air

Mungkin terlihat bertentangan dengan kebiasaan saat membicarakan tentang pencampuran antara aksesoris  cat air seperti medium dan aditif, dengan cat air itu sendiri. Lagi pula tipe ...