Automatic Pour-Overs: Pentingkah?

Selalu ada gadget terbaru yang lahir setiap hari. Produsen gadget selalu berinovasi untuk membuat produk-produk baru, begitu juga dengan gadget di dunia kopi. Tapi apakah semua yang terbaru itu lebih baik dari yang sudah lama dan yang padahal sudah kita rasakan kenyamanannya?

fmmfvysxum6g5stk2tzk

Automatic pour-overs

1Ada sebuah mesin kopi baru yang diciptakan untuk memperbaiki metode yang sudah ada. Alat yang disebut “automatic pour-overs” ini menggabungkan metode drip coffee dengan pour-over. Bagus nggak sih alat ini?

Untitled-4

Kiri: Bonavita BV-1800 & kanan: Technivorm Moccamaster

Kita mengenal beberapa mesin kopi yang berkualitas baik, seperti Bonavita BV-1800 dan Technivorm Moccamaster. Keduanya membuat kopi dengan teknik drip dan hasilnya memuaskan. Kedua alat ini dapat mengatur suhu air dengan baik sepanjang pembuatan kopi, dan seharusnya mesin kopi yang baik memang seperti ini. Mesin kopi yang buruk akan sangat cepat menurunkan suhu sehingga hasil akhirnya kurang baik. Mesin ini juga menggunakan pola drip yang menyerap air dan mengeluarkan minyak dari biji kopi sehingga menghasilkan rasa yang tepat.

VIDEO:

Ratio Eight from Robot Video Co. on Vimeo.

Bodum Bistro juga mesin kopi yang baik, mungkin malah lebih baik dari Bonavita. Ratio Eight, mesin kopi pertama keluaran Ratio Coffee yang harganya $480 itu, juga mempunyai fitur membuat air konsisten di suhu 94C – suhu yang tepat untuk menyeduh kopi. Hario V60 Electric Brewer yang hanya bisa dibeli di Jepang itu juga mesin kopi yang baik. Jadi apa kelebihan si automatic pour-overs ini?

bodium-ratio-hario

Dari kiri – kanan: Bodium Bistro, Ratio Eight, Hario V60 Electric Brewer

Kelebihannya adalah alat ini benar-benar peduli pada hal-hal yang dipentingkan oleh pembuat kopi, bahkan seorang pemula pun. Pengggunanya nggak perlu belajar teknik pour-over dan masalah timing juga sudah berjalan secara otomatis. Berbeda dengan mesin kopi lainnya, seperti Marco Uber Boiler dan Luminaire LB-1 yang memang didesain untuk para pembuat kopi profesional.

uber-boiler-lb1-kettle

Kiri: Marco Uber Bioler & kanan: Luminaire LB-1

Tapi adakah kekurangannya? Tentu saja ada. Mesin kopi ini nggak bisa membuat kopi dengan suhu yang sempurna. Pembuat mesin ini terlalu peduli pada proses penyeduhan, tapi mengabaikan faktor lainnya, seperti penggilingan, air, dan kualitas biji kopi. Selain itu, harganya sangat mahal. Hal ini disebabkan karena memang produsennya nggak didukung oleh pengusaha besar, jadi baru bisa membuatnya dalam jumlah kecil, belum lagi mereka juga membutuhkan uang untuk sertifikasi dan lain sebagainya.

Banyak gadget terbaru yang dijual dengan harga yang tinggi. Terlepas dari desainnya yang indah dan futuristik, semua gadget tersebut memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tinggal kita sebagai konsumen harus bijak dalam memilih dan membeli: Apakah kita memang membutuhkan gadget terbaru, ataukah kita hanya sekadar ingin mengikuti tren saja?

 

Sumber foto: dearcoffeeiloveyou dan beberapa sumber lainnya

[LIPUTAN] Seminar NgabubuART

Salah besar kalau kita menganggap yang dibutuhkan untuk menjadi seorang ilustrator profesional itu hanyalah keahlian teknis. Ada banyak banget elemen-elemen penting lainnya yang harus kita kembangkan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official