Kenapa Kita Harus Mencicipi Cold Brew?

0

Walaupun cold brew sudah tidak asing di hadapan kita, tetapi banyak yang belum familiar dengan minuman ini seperti layaknya kopi biasa. Ada beberapa orang yang masih merasa enggan untuk mencicipi cold brew karena rasa yang dihasilkan akan beda atau tidak enak. Alih-alih takut rugi memesan cold brew, lebih baik pesan yang sudah diketahui saja. Tapi, ada beberapa alasan yang Kopling berikan untuk meyakinkanmu agar segera mencicipi cold brew.

maggie-gorman-pic

Tidak terlalu asam

Jika kamu penikmat single origin, kamu bisa merasakan rasa pahit dan asam secara bersamaan. Keduanya membuat matamu memejam sesaat karena asamnya yang terasa di lidah. Tapi, jika single origin itu dibuat cold brew maka kadar keasamannya akan berkurang. Ya, cold brew meredam rasa asam tersebut tapi tetap kamu bisa menikmati kopimu sebagaimana mestinya. Karena cold brew tak lain adalah metode seduh kopi sama seperti metode lainnya.

Lebih kuat

Di samping cold brew mengurangi keasaman pada kopi, di sisi lain Cold brew akan membuat rasa pahit pada kopimu bertambah kuat. Proses penetesan kopi ini berlangsung 24 jam, keesokan harinya konsentrat kopi dicampur dengan 50 persen air dan biasanya disajikan dingin karena rasa pahitnya kuat. Oleh karenanya, kebanyakan orang yang mencicipi cold brew ini menggunakan susu.

Lebih kaya rasa

beans

Photo by Ella Storey

Masih tentang rasa, dengan perginya rasa asam, kamu bisa menemukan dengan jelas rasa yang dihasilkan dari kopi yang kamu pesan.

Lebih banyak kafein

Untuk kandungan kafein masih diperdebatkan. Karena ada yang bilang kandungan kafein pada cold brew mengandung lebih banyak kafein dibanding metode yang lain. Tapi, apakah benar? Atau kandungan kafein tergantung dari jumlah kopi yang digunakan?

Lebih ramah lingkungan

cold-brew-picture

Photo by Morgan Nielsen

Ya, menyeduh kopi dengan cold brew adalah metode paling mudah di antara yang lain. Sebab tidak menggunakan listrik dan bisa bermodal french press saja. Untuk cara-cara lainnya, kamu bisa lihat artikel-artikel kopling sebelumnya.

Mudah dibuat

Tentang kemudahan membuat cold brew, kamu bisa lihat artikel kopling sebelumnya. Ada beragam cara yang kamu bisa lakukan untuk membuat cold brew. Mulai dari cara rumit hingga mudah.

smallworldcoffee.com

smallworldcoffee.com

Rasanya enak

Kalau kamu masih merasa tidak yakin, peneliti mengatakan kalau menghilangkan panas dari kopi, kandungan rasa akan lebih terasa pada cold brew. Tapi, ini hanya saran bagi kamu untuk yang masih ragu mencicipi cold brew.

Pada intinya, bagiku kopiku, bagimu kopimu.

About author

No comments

Pahlawan Pemukiman Kumuh

Salah satu hal yang paling ganggu pemandangan kota adalah daerah yang kumuh, rumah-rumah yang kotor dan lusuh. Di Jakarta juga gitu kan? Banyak wilayah yang ...