Cara Membuat Kopi Cold Brew dengan French Press

0

Menikmati kopi di akhir pekan adalah kenikmatan yang tak tergantikan. Terlebih lagi, kalau sambil memandang hujan. Dengan sepotong ketela rebus atau pisang goreng, didampingi segelas kopi dan obrolan hangat. Suasana dingin seperti sekarang memang pas untuk menikmati yang hangat. Tapi, bukan nggak mungkin kan menikmati kopi dingin?

Kopling dulu sudah pernah ngenalin kamu ke cold brew coffee, yaitu minuman kopi yang dibuat dengan cara merendam  kopi di dalam air selama 12 jam atau lebih. Sebagian dari kamu pasti sudah pernah menyantap cold brew coffee di berbagai coffee shop, atau ada yang pernah membuatnya sendiri di rumah dengan cara ini?

Bagi banyak orang, rasa cold brew coffee lebih enak daripada metode es kopi biasa, karena cold brew coffee ini dapat menghasilkan kopi yang lebih pekat. Nah, supaya cara bikin cold brew coffee di rumah juga lebih variatif, kali ini Kopling akan kasih tahu kamu cara bikin cold brew coffee di rumah dengan french press!

Sebelum membuat kamu harus persiapkan dulu alat dan bahannya:

1. Biji kopi
2. French press
3. Timbangan
4. Grinder

Berikut langkah-langkah untuk membuat cold brew coffee dengan french press:

Timbang dan giling biji kopi

Biasanya, cold brew coffee menggunakan perbandingan 7 : 1. Artinya untuk 1 liter cold brew coffee kita butuh sekitar 140 gram kopi. Kalau kita mau buat setengah liter, kita giling 70 gr kopi, dan seberapa pun jumlahnya tinggal kita sesuaikan saja.

Tambahkan air

Kalau sudah ditimbang, selanjutnya masukkan ke dalam french press. Setelah itu tuang 500 ml air yang suhunya sesuai dengan suhu ruangan di saat kita buat cold brew coffee.

Aduk

Selanjutnya, aduk merata. Pastikan semua bubuk kopi tenggelam dan nggak ada endapan yang mengering.

Diamkan

Ini bagian utama dalam membuat cold brew coffee, menunggu. Kopi harus dibiarkan 12 jam untuk menghasilkan ekstraksi kopi yang pekat. Tetapi, untuk mempersingkat waktu kamu juga bisa masukkan cold brew coffee ke dalam kulkas. Pastikan cold brew coffee yang sedang kamu siapkan dalam keadaan tertutup, tapi jangan sampai tutup french press-nya terlalu menekan ke bawah.

Tekan & tuang

Dalam proses ini kamu perlu berhati-hati saat menekan plunger pada French press, agar endapan bubuk kopi tidak terangkat ke atas ketika ditekan. Supaya hasilnya lebih maksimal, saat menuang ke gelas kamu bisa gunakan coffee filter dulu untuk menyaring endapan bubuk kopi yang terbawa.

Minum & nikmati

Akhirnya, cold brew yang telah melewati proses panjang, siap dinikmati.

 

Salam sruputh!

 

About author

No comments

Creative Block & Cara Mengatasinya

Bagi seseorang yang bekerja di sektor kreatif, mandegnya sisi kreatif, atau creative block, bukan hanya membuat frustasi, tapi juga bisa mengancam karir. Saat kita bersandar ...