Ngopi di Museum Nasional

Tanggal 8 Februari lalu Kopling ikutan meramaikan kegiatan Weekend@TheMuseum yang diadakan oleh Yayasan Bina Museum Indonesia, berlokasi di Museum Nasional Jakarta. Acara ini bertujuan untuk menciptakan awareness akan pusaka Indonesia. Caranya? Dengan mengajak siapapun untuk peduli terhadap dan mengetahui cerita-cerita benda-benda bersejarah yang ada di museum.

Dalam setiap kegiatannya, Weekend@TheMuseum selalu berkolaborasi dengan komunitas/penggerak, dan kali ini Kopi Keliling berkesempatan untuk berkolaborasi dengan mereka.

Acara Weekend@TheMuseum kali ini mengajak para peserta untuk menjelajahi Museum Nasional dengan dipandu oleh tour guide yang menjelaskan setiap benda-benda bersejarah di dalamnya. Setelah tur mengelilingi museum, para peserta dapat menikmati secangkir kopi hangat dari Kopling yang berkolaborasi dengan Coffee on Wheels. Di sini kami menyajikan enam jenis kopi dari nusantara Indonesia, yaitu kopi Aceh Gayo dari roaster Pagi, kopi Toraja Sulotco dari roaster Smoking Barrels, kopi Malabar Natural dari roaster Kopi Guerilla, kopi Sembalun Lombok dari Kopi Pahlawan, kopi Toraja Roroan Barra-Barra dari roaster Kopi Kohlie, dan kopi Sunda Aromanis dari 9 Cups Coffee.

Pameran-Kopi

 

Teman-teman roaster yang ikut menampilkan kopi mereka di acara Weekend@TheMuseum

Jujur saja, Kopling tidak menyangka kalau jumlah peserta akan mencapai ratusan. Setelah dikonfirmasi dengan tim Yayasan Bina Museum Indonesia, jumlah peserta Weekend@TheMuseum kali ini mencapai 200 orang. Alhasil, begitu tur menjelajahi museum selesai langsung terlihat antrian super panjang di depan booth Kopi Keliling x Coffee on Wheels. Di satu sisi kami senang, karena ada banyak sekali pengunjung yang berkesempatan untuk mencicipi kopi lokal, tapi di satu sisi kami juga sangat panik saat itu karena harus membuat para pengunjung menunggu cukup lama. Maklum, kami menggunakan clever dripper untuk menyeduh kopi, jadi waktu brewing yang diperlukan cukup lama. Semoga yang kemarin sempat hadir tidak kapok yah. Kami menerima kritik dan saran selalu kok! Hehe…

Antrian-Museum

 

Antrian paling horror sepanjang “karier” nyeduh Kopi Keliling (so far)

Di samping menyajikan kopi, kami juga berkolaborasi dengan Coffee on Wheels dan Bincangkopi.com untuk menyajikan kisah-kisah menarik seputar kopi Indonesia saat kegiatan The Indonesian Coffee Story. Diwakili oleh Andanu Prasetyo, The Indonesian Coffee Story menceritakan tentang sejarah masuknya kopi ke Indonesia, perkembangan kopi Indonesia mulai dari first wave coffee hingga third wave coffee, perkembangan kopi hingga diterima menjadi lifestyle masa kini, dan akan seperti apa masa depan kopi di Indonesia.

All in all, acara Weekend@TheMuseum ini sangat menyenangkan! Kalau kamu nggak sempat hadir di acara kemarin, jangan sampai ketinggalan acara Weekend@TheMuseum berikutnya, ya!

About author

Pameran di Bandara Internasional Dunia

Seni dibuat bukan hanya untuk dinikmati diri sendiri. Apapun itu. Tapi impian setiap seorang seniman adalah agar karyanya dapat dinikmati oleh sebanyak mungkin orang. Nggak ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official