Art

Perpaduan Seni Barat dan Timur

Pernah ke restoran yang konsepnya east meets west terus nyobain makanannya nggak? Gimana rasanya? Unik kan?

Begitu juga dengan karya seni lainnya, selain kuliner, yang mengambil konsep serupa: memadukan seni barat dan timur dalam sebuah karya. Hasilnya sama: unik dan terasa beda. Nggak bisa dibilang timur, nggak bisa dibilang barat juga.

Konsep inilah yang dipake sama Murat Palta, seorang seniman asal Turki lulusan University Kütahya di Dunlupinar, Turki, jurusan graphic designing. Palta bereksperimen dan membaurkan seni tradisional oriental dengan seni perfilman kontemporer yang berasal dari barat, dan hasilnya fantastis. “Gelombang” yang dibuat oleh Ottoman mengisi lautan internet dan berbagai majalah seni online, atau e-zines. Ilustrasi oriental Palta tentang film-film klasik Hollywood mempunyai nilai estetika yang sempurna, seperti misalnya Darth Vader yang berpakaian ala sheikh.

darth vader

Ide ini berasal dari obrolan-obrolannya dengan adik laki-lakinya. Mereka keduanya penggemar film, terutama Star Wars. Dan mereka membayangkan, gimana ya bentuknya kalo tokoh-tokoh dalam film itu berpakaian ala kaisar? Lalu Paltapun mulai membuat ilustrasinya, dan mendapat banyak respon yang menyenangkan. Akhirnya, diapun mengambil keputusan untuk membuatnya sebagai bahan tesisnya. “Classic Movies in Miniature Style” ini memakan waktu selama 2 minggu dalam pembuatannya, karena memang dibuat dengan sangat detail. Di dalam proyek tersebut, Palta membuat ilustrasi dari beberapa film terkenal selain Star Wars, seperti Inception, Pulp Fiction, dan Terminator.

inception

Sebelum membuat ilustrasi, Palta mengadakan observasi dan mempelajari dulu tentang karakter-karakter yang ingin digambarnya, gaya-gayanya, ornamen-ornamen oriental melalui buku-buku di perpustakaan. Kemudian dia membuat polanya secara digital dengan tablet.

Palta juga nggak sembarangan memilih film yang akan dibuat ilustrasinya. Syaratnya, film itu harus klasik sehingga semua orang bisa mengenali tokoh-tokoh dalam ilustrasinya, meskipun mungkin mereka belum pernah menonton film itu. Selain itu, film itu harus mengandung budaya barat yang kuat, dan bisa diadaptasikan dalam budaya dan gaya ketimuran.

pulp fiction

Sebenarnya, Palta lebih suka menggambar dengan kertas dan pensil, karena menurutnya lebih menyenangkan dan lebih gampang, tapi kalo menggambar secara digital, enaknya itu lebih gampang dihapus kalo ada salah. Alasan lain kenapa Palta lebih memilih teknik menggambar digital adalah karena dia ingin membuktikan bahwa gambar tradisional pun dapat dibuat secara digital.

terminator 2

Palta sangat rendah hati ketika dimintai tips untuk para seniman dan ilustrator muda. Dia mengaku bahwa dirinya terlalu muda untuk memberikan nasehat, tapi menurutnya, seniman grafis nggak usah terlalu kepengin gambarnya terlihat terlalu bagus, sebenarnya. Yang penting mereka harus mencoba untuk menjadi ide yang berbeda dari seniman lainnya kalo memang ingin dikenal orang. Mungkin maksudnya, seniman itu harus punya identitas dalam berkarya ya?

Jadi, apa ciri khas dalam karyamu?

 

Sumber foto: huffingtonpost.com

Kegelisahan Seniman Bali: Plastik dan Surga

Bali dengan segala keindahannya: suasananya yang mistis, pantai-pantainya yang indah, matahari yang tenggelam, budayanya yang kental. Siapa pun pasti jatuh cinta kepada pulau yang satu ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official