Kopi Beralkohol: Beli atau Buat Sendiri?

01

Sama halnya seperti biji gandum yang bisa dijadiin bir, kentang yang bisa jadi vodka ketika difermentasi, tequila yang dibuat dari kaktus, atau beras ketan yang bisa dibuat jadi air tape, kopi yang difermentasi juga bisa dijadiin minuman beralkohol.

Kopi yang biasa difermentasi dan dijadiin minuman beralkohol biasanya berasal dari Portugis dan Spanyol. Kopi digiling halus, terus dikeringin, dan bubuk kopi itu direbus dengan air selama 45 menit dengan suhu 163 derajat celcius. Lalu bubuk kopinya dipisahin dengan airnya, dikasih gula, lalu difermentasi dengan yeast – dan jadilah minuman beralkohol yang terbuat dari kopi dengan kadar alkohol sebesar 40%.

Tapi jangan ngarep bahwa mata kamu masih bisa melek ya kalo minum kopi yang udah difermentasi kayak gini, karena selama proses fermentasi, minuman ini kehilangan hampir semua kafein yang terkandung di dalamnya, meskipun rasa pahit dan aroma kopinya sih tetap sama.

Sebenarnya dari dulu udah cukup banyak minuman beralkohol yang dibuat dengan bahan dasar kopi. Irish coffee, misalnya, yang dibuat untuk menghangatkan para penumpang yang lalu lalang di bandara di Irlandia. Atau Kahlua. Minuman beralkohol ini juga dibuat dari kopi, gula, sirup jagung, dan biji vanili.

_J8C5519

Kahlua mulai dibuat pada tahun 1936 oleh orang Mexico yang bernama Pedro Domecq. Dan sejak tahun 2004, kadar alkohol dalam Kahlua adalah sebesar 20%, sementara tadinya 26.5%. Pernah juga dibuat Kahlua Especial yang kadar alkoholnya sebesar 36% dan rasanya nggak semanis Kahlua yang “standar”.

Orang-orang Galicia di Spanyol juga dari dulu udah terbiasa minum carajillo, yaitu minuman yang dibuat dari kopi yang dicampur dengan minuman beralkohol seperti brandy, whisky, atau rum. Minuman ini kabarnya bisa memberikan rasa keberanian. Mungkin karena memang orang kalo lagi mabuk nggak ada takutnya ya. Hehe…

Carajillo

Kopi dan alkohol mungkin adalah minuman yang paling banyak penggemarnya di dunia. Kalo kamu penggemar keduanya, sebaiknya kamu beli aja atau bikin sendiri di rumah?

Banyak orang yang bilang bahwa Kahlua rasanya terlalu manis, dan lebih suka White Russian. Ada juga yang lebih suka Firelit yang dibuat dari biji kopi yang baru diolah dan brandy. Balik-baliknya lagi ke masalah selera. Seperti halnya juga masakan, yang paling pas memang masakan sendiri kan – baik asin, manis, maupun bumbu lainnya?

Minuman beralkohol berbahan dasar kopi yang dibuat sendiri di rumah rasanya bisa lebih gurih dan nggak terlalu manis. Selain itu, kamu bisa menentukan sendiri, biji kopi apa yang kamu pakai, juga kamu bisa lebih banyak “bermain” dengan campurannya, seperti madu, lemon, mint, atau kayu manis. Atau bisa juga kamu tambahin es krim vanilla saat penyajian. Lebih serus sih memang…

Selamat mencoba!

 

Salam srupuuuth!

 

Sumber foto: prithamdsouza.com, dan beberapa sumber lainnya

Membayar Sesuai Waktu

Biasanya ketika kita berkunjung ke sebuah coffee shop, kita sering lupa waktu. Apalagi kalau kita membawa laptop untuk bekerja atau bersama teman-teman. Kalau kita datang ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official