Art

Pameran Foto-foto Instagram ini Menghasilkan Sampai $100.000!

Seseorang mendapat $100.000 karena memamerkan foto-foto Instagram orang lain. Pameran yang diadakan di New York oleh Richard Prince mengundang tanda tanya dari banyak pihak. Pasalnya, pameran ini berisi foto-foto orang lain di Instagram yang kemudian di-print screen diperbesar dan ditempel di dinding-dinding pameran.

Pameran tersebut dinamakan “New Portraits”, diselenggarakan di Gagosian Gallery di New York, tahun lalu. Foto-foto yang dipamerkan tidak ada yang berasal dari Richard Prince sendiri. ia hanya melakukan screenshot pada foto orang lain yang diunggah ke Instagram. Dan Richard mengomentari foto-foto tersebut lantas mencetaknya pada kanvas besar.

http://www.world-arts.com/

source: http://www.world-arts.com/

Foto-foto yang ditampilkan sekarang dijual, harga satu kanvas tersebut dibandrol $100.000. harga yang fantastis untuk ukuran karya yang tidak dibuat oleh si pembuat pameran. Terlebih lagi, Richard tidak meminta izin kepada pengunggah foto untuk selanjutnya ditujukan sebagai barang komersil. Salah satu pengunggah mengakui bahwa salah satu karya yang dipamerkan adalah miliknya dan terjual $90.000, tapi di sisi lain ia tidak menyetujui karyanya dijual.

Ini bukan kali pertama Richard berhubungan dengan hak paten suatu karya. Menurut laporan Petapixel, Richard, terkenal orang yang suka “mengambil” karya orang lain yang kemudian menjualnya dengan harga tinggi.

Kondisi sekarang, Richard antara bersalah dan tidak bersalah. Hal ini karena Richard selalu menambahkan elemen-elemen lain ke dalam foto orang lain tersebut sehingga ia dianggap melakukan transformasi karya. Singkat cerita, Richard adalah penulis skenario yang baik dalam hal ini.

source: http://www.world-arts.com/

source: http://www.world-arts.com/

Salah satu contoh adalah foto ini. foto ini sebenarnya diunggah pertama oleh Donald Graham. tapi dalam pamerannya Richard menuliskan sumber foto ini dari account @rastajay92, yang mana si @rastajay92 ini mengambil dari account instagram @indigoochild. Di sini lah yang menyebabkan Prince ada di area abu-abu antara bersalah dan tidak bersalah, di samping itu fotonya telah dilakukan perubahan-perubahan dari bentuk aslinya.

Karena pameran ini, Richard memiliki fans sekaligus haters. tapi, kalau dipikir-pikirRrichard ini enak betul ya mengambil karya orang tanpa izin lalu menjadikannya hal komersil? Menurutmu gimana? Perbuatan Richard ini nggak apa-apa atau harusnya dilarang?

About author

Serba-serbi Aeropress

Beberapa bulan lalu baru saja diadakan perlombaan aeropress dunia di Seattle. Perlombaan itu terasa istimewa karena didatangi langsung oleh empunya aeropress, Alan Adler. Pasalnya, sejak ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official