PLACE.MAKING

Beberapa waktu lalu Kopling sempat post promo pameran PLACE.MAKING yang diadain di Dia.Lo.Gue Artspace. Akhirnya Kopling nyempetin untuk mampir ke sana setelah dateng juga ke acara Plaza Desain Osmosis, mumpung deketan hehehe… Pertama-tama (sejujurnya) Kopling kirain ini pameran karya seni berbau arsitektur. Maksudnya seperti membuat gedung yang nyeni dan eksentrik atau enggak lukisan yang membentuk hal-hal arsitektur dan lain sejenisnya. Eh ternyata bukan!

Tapi ternyata seru juga. Walau memang ternyata ini adalah pameran karya mahasiswa arsitektur Universitas Pelita Harapan. Jadi beneran isinya tuh maket dan sejenisnya hahaha…, tapi konsep-konsep bangunan yang ditampilkan saat pameran PLACE.MAKING menurut Kopling keren banget. Kerennya di mana? Liat dulu foto-fotonya sebelum Kopling jelaskan lebih lanjut.

Yang bagus dari pilihan proyek mahasiswa arsitektur yang ditampilkan adalah betapa konsep pembangunan gedung, rumah, dsb, itu sangat mempengaruhi daerah sekitarnya. Sesuai dengan penjelasan tentang pamerannya, siapa tau kamu lupa ini Kopling copy paste-in:

Proses arsitektur (contoh: membuat bangunan) akan mendapatkan masalah dari lingkungan sekitar dimana dia dibangun. Masalah yang tak berujung dan tak mungkin dibuktikan sampai bangunan itu hadir dalam bentuk nyata. Mungkin ini lebih pas jika kita gunakan sebagai landasan untuk melihat arsitektur adalah sesuatu yang hidup dan bukan hanya sebuah obyek.

Jadi yang harus dipahami adalah arsitektur bukan hanya sebuah ‘olah ruang’, namun lebih ke sebuah proses ‘membuat tempat’ . Dimana kuncinya adalah kalau ada kata ‘tempat’ otomatis akan ada unsur manusia yang akan ‘menempatinya’.

Jadi sangat terasa guna bangunan yang di desain bagi lingkungan dan manusia sekitarnya. Contohnya nih: Desain jembatan penyebrangan untuk daerah Glodok, Desain ruang publik untuk daerah Tega Lega Bandung, Desain gedung pembersih udara (Air Purifier Building), dan lain sejenisnya.

Tapi kalo favorit Kopling sih desain gedung penjara. Kenapa favorit? karena keren aja. Gak kebayang sih bikin desain gedung buat penjara. Kayak nonton acara National Geographic sih rasanya. Ada ruang buat olah raganya, ada ruang solitarynya, ruang buat penjaga penjara. Hmm, seru ya kalo dapet kerjaan kayak gitu.

Yah, walau pun enggak ngerti-ngerti banget pas mengunjungi pameran PLACE.MAKING, tapi tetep salut buat para mahasiswa UPH yang karyanya terpilih untuk ditampilkan. Baru tugas kuliah aja udah keren gitu, gimana nanti pas bikin gedung beneran. Tapi moga-moga kerjaan sebenarnya beneran bisa bikin sesuai dengan konsep pameran PLACE.MAKINGnya nih. Kalo ujung-ujungnya desain mall lagi mah, aduuh, malu sama karya pamerannya yang udah keren-keren. Hehehe.

 

About author

Manfaat Kopi untuk Penampilan

Minuman yang satu ini memang manfaatnya banyak banget. Selain bisa bikin orang makin kreatif, kopi juga baik untuk kesehatan. Eh, tapi kamu tau nggak sih ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official