Art

Di Tangan Seniman Ini, Terlahir Karya Abstrak yang Meditatif

Lahir pada tanggal 22 Maret 1912 di Kanada, Martin pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1932 dan menjadi warga negara AS pada tahun 1940. Martin bersekolah di Columbia University dan meraih dua gelar master. Sejak remaja, ia dikenal sebagai seorang yang penyendiri dan menempuh sebagian hidupnya sebagai penyendiri.

portrait Agnes Martin

portrait Agnes Martin

Kesendiriannya itu bukanlah tanpa alasan, ia pada masa remajanya sudah mengidap schizophrenia. Karena ini pula, Martin dikenal dengan lukisannya yang sunyi, damai, dan meditatif. Karya-karya besarnya banyak yang terpengaruh dari ajaran Taoism dan Zen Buddhism. Martin menilai, keindahan, alam, dan warna adalah sebuah keseimbangan. Jika semua komponen tercipta seimbang,  akan terlihat indah dan damai tercipta di dunia.

Tapi beberapa sumber juga bilang bahwa karya abstraknya selama ini dipengaruhi oleh seniman ekspresionis. Gaya abstraknya menyebabkan karyanya disamakan dengan karya minimalis. Namun, Martin menegaskan bahwa ia dan karyanya adalah hasil gulatan antara batin dan dunia emosional.

mountain salah satu karya agnes martin source: gwarlingo.com

mountain
salah satu karya agnes martin
source: gwarlingo.com

clouds source: encounterswithpainting.files.wordpress.com

clouds
source: encounterswithpainting.files.wordpress.com

source: eileeencarpio.wordpress.com

source: eileeencarpio.wordpress.com

Lukisan paling fenomenal yang pernah dibuat oleh Martin adalah  lukisan “Grid” yang menampilkan gradasi warna-warni  alam di atas kanvas. Karyanya dipamerkan di seluruh dunia, dan saat ini masih  ditemukan di museum besar  seperti Whitney Museum of American Art, Metropolitan Museum of Art, Museum of Modern Art dan pada Tate di London.

Karya Martin juga pernah diperingati oleh Google Doodle, dan menujukkan lukisan “Grid” tersebut. Mengenai seni abstrak, ia berpesan Seni abstrak adalah representasi konkret perasaan kita yang paling halus.

Apakah kamu juga termasuk pencinta karya seni abstrak?

About author

Meninggalkan Kenangan di Setiap Tempat

Jaman sekarang banyak banget buku yang diterbitkan oleh orang-orang yang menamakan diri mereka traveler. Beberapa di antaranya mengawali karir kepenulisan mereka mulai dari blog. Bagi ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official