Pameran Foto Kelas Inspirasi Jakarta 4: Pahlawan Sehari

Kelas Inspirasi, sebuah gerakan para profesional turun ke Sekolah Dasar (SD) selama sehari, berbagi cerita dan pengalaman kerja juga motivasi meraih cita-cita sebagai bentuk kontribusi nyata untuk pendidikan Indonesia, mengadakan untuk pertama kalinya acara Pameran Foto Kelas Inspirasi: Pahlawan Sehari selama tiga hari, Jumat, Sabtu dan Minggu, pada tanggal 13-15 November 2015 di FX Sudirman, Jakarta.

Di penyelenggaraan yang pertama ini, Pameran Foto Kelas Inspirasi mengambil judul ‘Pahlawan Sehari’ yang senada dengan bagaimana Kelas Inspirasi itu sendiri berjalan, menempatkan para relawan sebagai pahlawan bagi masa depan para siswa-siswi SD selama sehari untuk menginspirasi sekaligus mewujudkan cita-cita kemerdekaan, Mencerdaskan Kehidupan Bangsa.

Diselenggarakan di ruang publik, Pameran Foto Kelas Inspirasi diharapkan dapat menjadi wadah untuk masyarakat umum lebih mengenal kegiatan Kelas Inspirasi lebih banyak dan lebih dekat lagi untuk selanjutnya dapat menarik minat mereka menjadi relawan di Kelas Inspirasi berikutnya. Dan tentunya sebagai salah satu bentuk apresiasi sekaligus ajang untuk bertemu kembali para relawan dan sekolah yang sukarela, dengan penuh kerelaan hati peduli dengan pendidikan bangsa tanpa dibayar atau harus terikat pada kepentingan dari pihak manapun, karena semua atas dasar satu tujuan demi anak-anak Indonesia yang akan lebih percaya diri dan siap berjuang menyongsong cita-cita mereka.

Bentuk apresiasi kepada relawan tersebut kemudian diwujudkan dalam berbagai macam bentuk acara yang kembali melibatkan segenap relawan Kelas Inspirasi secara langsung ambil bagian dalam tiga hari penyelenggaraan, sebagai berikut:

pameran foto kelas inspirasi jakarta

Pameran Foto

Kelas Inspirasi Jakarta 4 menghasilkan lebih dari 5.200 foto dari 188 fotografer yang tersebar di 71 Sekolah Dasar pada Hari Inspirasi 9 September lalu. Dari ribuan foto yang terkumpul tersebut, terpilihlah 30 buah foto dan 4 rangkaian foto essay yang akan dipamerkan hasil karya dari Aditya Prinera, Aditya Wicaksono, Akhmad Deniar Perdana Kusuma, Anindira Rustandi, Anisa Azalia, Bambang Cahyoniarso, Bambang Setyoko, Dhicka Widy Syahbana, Dimas Suryo Sudibyo, Dina Maulinda, Emanuel Dani Ramdani, Erlangga Namaskoro, Ferry Kurniawan, Fourina Permatadewi Widya Soelistyo, Hanum Dzakiyyah Ridha, Hendri Asmana, I Gede Githa Adhi Pramana, Ivan Riyadi, Mahsa Kendra Putri, Muhammad Irwansyah, Nugroho Sejati, Nurul Mufidah Daud, Ratna Damayanti, Renita Rachmayani, Rina Aprilia, Rouli Miria, Ruben Hardjanto, Saqinah Nur Rahmawati, Shinta Hadidjaja, dan Veronica.

Ketiga puluh fotograter terpilih tersebut merupakan relawan dokumentator dari Kelas Inspirasi Jakarta dan uniknya, banyak dari mereka yang justru tidak berprofesi fotografer. Sama dengan inspirator, yang mereka miliki hanyalah kepedulian yang sama untuk mengabadikan emosi positif dari pelaksanaan Hari Inspirasi di Kelas Inspirasi Jakarta 4 kemarin.

Donasi Buku, Postcards, dan Surat Semangat

Mengajak pengunjung untuk ikut berpartisipasi pada pendidikan Indonesia, Pameran Kelas Inspirasi menyediakan wadah untuk berbagi semangat menyongsong masa depan yang cerah untuk siswa-siswi SD di seluruh Indonesia melalui donasi Buku dan menuliskan kalimat-kalimat semangat lewat media kartu pos maupun surat semangat.

BANG!

BANG! Dimaksudkan sebagai acara pembukaan Pameran sekaligus memperkenalkan kembali kekayaan budaya Indonesia melalui pertunjukan seni tari tradisional seperti Legong dan Ngarojeng oleh para Relawan Kelas Inspirasi.

Let’s Dance Together

Kurang lebih 150 relawan Kelas Inspirasi akan berkumpul, bergerak bersama, beramai-ramai memecah keheningan dan menambah semarak acara pembukaan Pameran melalui suguhan flashmob. 

Workshop Komunitas Kamera Lubang Jarum

Dengan semangat yang sama untuk bersikap terbuka dan saling belajar, relawan Komunitas Lubang Jarum bergabung bersama pameran Kelas Inspirasi untuk berbagi memahami pembuatan kamera dari kaleng dan tentunya langsung praktek memotret dalam New Perspective of Photography.

Bedah Karya Foto oleh Arbain Rambey

Tiga puluh buah foto dan empat rangkaian foto essay terpilih peserta pameran tidaklah lepas dari proses kurasi yang panjang. Arbain Rambey, Senior Journalist harian Kompas, merupakan kurator dari Pameran Foto pertama Kelas Inspirasi ini. Curratorial Statement dari Arbain Rambey bisa disimak di hari H pelaksanaan pameran foto Kelas Inspirasi Jakarta.

Talkshow: I Want to Inspire…

Menjadi relawan inspirator dalam kelas Inspirasi tentu membutuhkan jiwa sosial dan kepedulian yang sangat besar terhadap Pendidikan Indonesia. Tidak menutup kemungkinan bagi siapapun termasuk orang-orang yang telah dikenal oleh khalayak ramai tergerak hatinya untuk terjun langsung mengajar dan menginspirasi anak-anak. Di sini saat yang tepat untuk tau bagaimana Dinda Kanya Dewi, Putri Ayudya, Wisber Loeis dan Dewi Nurbaiti memutuskan untuk ikut Kelas Inspirasi dan berbagi sudut pandang serta pengalaman selama mengajar.

Talkshow: I Want To Inspire My Kids

Talkshow yang menghadirkan para ahli parenting dan psikolog untuk memberikan perspektif baru dalam mengajarkan anak anak mengenai pentingnya sebuah cita cita dan mendukung mereka mendapatkannya.

Talkshow Pengajar Muda dari Indonesia Mengajar

Pengajar Muda adalah generasi muda terbaik bangsa yang direkrut, dilatih dan dikirimkan oleh Indonesia Mengajar untuk mengabdi di masyarakat sebagai guru di daerah terpencil selama 1 (satu) tahun. Selain diharapkan akan membantu mengisi kekurangan guru berkualitas di daerah yang membutuhkan, Pengajar Muda akan belajar kepemimpinan di daerah penempatannya agar mereka memiliki kompetensi kelas dunia sekaligus pemahaman yang utuh terhadap masyarakat akar rumput.

Reuni Relawan

Sebagain ajang untuk membangkitkan kerinduan selama menjadi relawan Kelas Inspirasi, berkumpul bersama, mengingat kembali keceriaan yang dilewati bersama-sama sekaligus menikmati pertunjukan oleh sesama relawan. Karena satu hari tidak akan pernah cukup.

Kids Performance

Ini adalah bukti bahwa Kelas Inspirasi tidak hanya berakhir dalam satu hari saja, kita menghadirkan kembali anak-anak dari sekolah peserta kelas Inspirasi dalam sebuah mempertunjukkan seni.

KI-DZONIA

Memperkenalkan kepada khalayak ramai bagaimana Kelas Inspirasi itu berjalan di Sekolah-sekolah Dasar melalui sebuah simulasi yang dirangkai dalam sebuah cerita dongeng oleh para relawan Inspirator dari berbagai berprofesi seperti pesulap, chef, pilot, polisi, atlet taekwondo, hingga dokter.

General Poster #2

About author

“Caffeinated”

Kopi Keliling berkolaborasi dengan Inkubator Asia akan menghadirkan kembali beberapa hasil karya dari proyek Kopi Keliling tahun 2011 dengan judul “Caffeinated”. Menghadirkan karya-karya dari 9 seniman ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official