Catalyst Art Market #5 – Artist Lineup pt.7

Kurang dari sebulan acara Catalyst Art Market #5, yang merupakan salah satu program acara Kopi Keliling Arts & Coffee Festival 2015, akan diadakan! Kali ini Kopling mau ngenalin kamu ke beberapa seniman/ilustrator yang ikut berpartisipasi dan membawa karya-karya keren mereka! Siapa saja? Yuk kita intip dikit profil dan sneak peek karya yang akan mereka bawa saat acara nanti!

1. Ginobeeyoo

20151007_153922-01

“GOOD DESIGN CAN CHANGE YOUR LIFE” – Ty Pennington

Ginobeeyoo merupakan nama inisial yang digunakan oleh perempuan keturunan Menado yang bernama lengkap Regina Christine Lengkong, ketika ia mulai melangkah terjun ke dunia seni yang lebih luas. Dengan latar belakang pendidikan sarjana Desain Interior, sekarang ini Ginobeeyoo sedang memfokuskan diri membuat design dekorasi dinding (wall decoration), aksesoris, serta membuat workshop di beberapa event ataupun di cafe, salah satunya workshop membuat dreamcatcher.

Karya-karya yang dibuat Ginobeeyoo banyak terinspirasi dari hal-hal yang ada di sekitarnya, hasil sharing bersama orang-orang terdekatnya, serta hal-hal yang digemarinya. Inspirasi yang didapat itulah menjadi imajinasi Ginobeeyoo dalam membuat karya baik dalam bentuk gambar maupun ide kata-kata, yang kemudian dituang dalam bentuk penggabungan 2 dimensi dan 3 dimensi. Dibuat antara lain dengan menggunakan bahan benang, bulu, mote, marker, cat air, cat akrilik dan lain lain.

Ginobeeyoo senang membuat karya-karya secara manual (walaupun ada sebagian menggunakan digital) dengan demikian karya yang dibuat per item jumlahnya terbatas (limited).

Ada sebuah kalimat yang menyemangati Ginobeeyoo dalam berkarya diambil dari judul buku karya Ty Pennington yaitu “Good Design Can Change Your Life”, Ginobeeyoo berharap setiap desain atau karya yang dibuatnya dapat membuat perjalanan hidup seseorang maupun orang banyak menjadi lebih baik dan penuh makna.

2. Arief Witjaksana

Arief Witjaksana (1)

Akrab disapa Wicek aka WIJTK, Arief bergelut di dunia desain dan seni rupa selama hampir 8 tahun. Saat ini ia sedang fokus meneruskan studio desain yang dibangun sendiri, Historica, selain bekerja sebagai full time illustrator & motion designer.

Mengenal dunia seni rupa dan desain, terutama di negeri yang katanya dicintai banyak orang ini, membuat Arief bosan dengan perkembangannya karena orientasi seni di Indonesia lebih condong mengikuti budaya barat tapi sebagian pelakunya masih belum tahu arah dan tujuan dari kegiatan berseni yang mereka jalani. Di dunia barat, seni sudah menjadi bagian dari hidup (cara pikir dan cara pandang akan hidup). Sedangkan di sini pemahaman akan seni itu masih sulit karena banyaknya benturan sosial dan sikap tidak acuh akan pemahaman budaya sendiri. Rasa bosan itu banyak memengaruhi Arief dalam berkarya. Dengan gambarnya yang “itu-itu saja”, ia coba mengembangkan style-nya ke media lain seperti animasi.

3. Sandy Lee

Screen Shot 2015-11-09 at 1.13.40 AM

Sandy ‘Ashiong’, ilustrator profesional berbasis Bandung, dengan spesialisasi ilustrasi ilmiah, paper craft and pop up. Karyanya dikenal luas melalui beberapa edisi National Geographic Indonesia, salah satunya adalah ilustrasi sampul edisi Gelegar Tambora (bulan april tahun 2015). Menguasai beberapa gaya ilustrasi yang berbeda, karyanya beragam mulai dari ilustrasi ilmiah yang serius sampai ilustrasi kartun yang lucu dan menggemaskan. Gayanya hangat menyentuh hati dan meninggalkan jejak yang tak akan hilang di hati pengamatnya. Temui Ashiong untuk bertukar kabar dan melihat karyanya di Catalyst Art Market bulan November ini.

4. Derau

IMG-20151103-WA0010

Derau aka Sekar Puti adalah seniman kelahiran Jakarta yang lulus dari Studio Seni Keramik, Institut Teknologi Bandung di tahun 2o11 (Bachelor of Fine Arts). Karya-karyanya banyak bercerita tentang PEREMPUAN dan bagaimana orang memandang kaum perempuan, dan bagaimana hal tersebut memengaruhi sudut pandangnya. Ia mendirikan DERAU di tahun 2012 sebagai proyek sampingan saat ia mengerjakan sebuah proyek seni (ia juga berjuang keras untuk menjadi seorang seniman). Ternyata, DERAU adalah SENI baginya, tidak hanya proyek sampingan.

5. Hardilim

catalyst art 5 teaser

Hardilim adalah ilustrator Indonesia yang berdomisili di Jakarta yang bernama lengkap Hardi Salim. Lahir pada tanggal 27 Oktober 1994, saat ini ia masih duduk di bangku kuliah di Unversitas Bunda Mulia dan bekerja sebagai freelance illustrator di Jakarta. Beberapa ilustrasinya kebanyakan menggunakan figur dan setiap ilustrasinya tidak memiliki bola mata. Menurut Hardi mata adalah suatu indra yang lemah dan melihat sesuatu secara fisik bukan dari dalam, dan mahluk-mahluk aneh, seperti alien, mermaid, monster fiction, dan mitologi.

 

About author

Buku-buku Pilihan Resatio Adi Putra

Kalau lagi ngomongin soal penggiat kolase muda di Indonesia, pasti kita akan teringat dengan nama Resatio Adi Putra. Pria kelahiran Bandung ini memang seorang seniman ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official