Art

Aneka Aksesoris Untuk Cat Air

Mungkin terlihat bertentangan dengan kebiasaan saat membicarakan tentang pencampuran antara aksesoris  cat air seperti medium dan aditif, dengan cat air itu sendiri. Lagi pula tipe cat paling murni bersandar pada sifat translusensinya yang membiarkan bias putih di kertas cat air untuk berpendar.

Meski begitu, ada beberapa medium dan aditif tradisional yang dapat membuat hidup lebih mudah untuk pelukis cat air dan menambahkan dimensi baru dalam lukisan mereka.

Dan ini adalah beberapa medium cat air dan bagaimana cara terbaik untuk menggunakan mereka:

1. Art Masking Fluid

Sumber gambar: shop.hobbylobby.com

Satu sisi ia bukan benar-benar sebuah medium cat air karena kita tidak mencampurkannya dengan atau menambahkannya ke dalam cat. Tapi ia merupakan teknik yang populer. Larutan karet lateks untuk menyikat atau menggambar di kertas kita. Setelah ia mengering, yang terjadi dalam beberapa menit, kita dapat menggambar di area yang sudah disapur dengannya. Karena ia lateks maka ia akan menahan catnya. Kita bisa mendapatkan efek yang sama dengan lilin wax yang tipis, tapi sifatnya tidak permanen serta nantinya tidak bisa mengecat kembali area yang telah dilukis sebelumnya. Sesaat setelah catnya mengering, lepaskan masking fluidnya perlahan dengan menggunakan jari yang bersih, karet dempul atau cotton bud. Saat dikelupas, ia akan bergelung seperti bola karet kecil.

Ada beberapa cara untuk memakai cairan ini, seperti memakai sikat, color-shaper, pena drafting, ujung kartu kredit, cotton bud, dan sebagainya. Dan ia cepat kering, kurang dari satu menit, jadi jangan membuat resiko dengan memakai sikat yang kurang layak saat memakainya karena justru akan rusak.

2. Gom Arab

Sumber gambar: artsupplies.co.uk

Sebagian besar cat air mengandung sejumlah gom Arab.  Getah larut yang saat digunakan akan meningkatkan sifat kilau dan transparansi sebuah cat air. Gom Arab juga memperlambat waktu pengeringan catnya.

3. Ox Gall Liquid

Sumber gambar: artsupplies.co.uk

Digunakan untuk meningkatkan sifat basah dan alur dari cat air dengan beberapa tetes di wadah cat airnya. Berguna untuk teknik marbling di kertas hot pressed.

4. Granulation Paint Medium

Sumber gambar: eckersleys.com.au

Digunakan agar cat air membutir, contohnya untuk mengisi bagian belang di tekstur kertas ketika catnya kering.

5. Lifting Paint Medium

Sumber gambar: eckersleys.com.au

Digunakan untuk kertas agar kering sebelum dikuaskan cat ke atas permukannya. Dan ini bisa membuat kita mengangkat warna sebagai highlight dengan lebih mudah.

6. Blending Medium

Sumber gambar: heatoncooper.co.uk

Berguna untuk memperlambat waktu pengeringan warnanya. Cocok untuk cuaca yang sangat hangat dan dapat digunakan untuk secara murni dengan cat air untuk waktu pengeringan yang maksimum. Kita bisa mendapatkan efek yang sama dengan menambahkan alkohol di air.

7. Iridescent Medium

Sumber gambar: artsupplies.co.uk

Menambahkan warna transparan agar untuk memberi efek mutiara atau glitter.

8. Texture Paint Medium

Sumber gambar: artsupplies.co.uk

Ditambahkan di kertas atau dicampur dengan warna untuk efek tekstur.

9. Watercolor Impasto Gel

Sumber gambar: indianbargain.com

Konsep catair 3D sudah harus dibiasakan. Dapat dicampur dengan perhitungan 50/50 dengan cat air dan digunakan di kertas dengan memakai pisau atau sikat bulu, terutama untuk daerah foreground.

Erwan Priyadi

Nggak semua anak kembar harus kembar dalam segala hal. Mungkin ketika mereka masih kecil, mereka diberi pakaian yang sama oleh orangtua mereka, dan bisa jadi ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official