Art

Buat Ilustrasi Kamu menjadi Lebih Aplikatif!

Sebagai seorang seniman/ilustrator, karya-karya yang kamu buat sebenarnya nggak harus melulu dalam bentuk lukisan orisinil. Ada berbagai macam media yang bisa kamu aplikasikan, seperti dicetak, dijadikan komik, zine, poster, buku, dan masih banyak lagi. Tapi, biasanya kendalanya adalah mencari bentuk medium yang paling cocok dan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Tapi, ternyata tidak sesulit itu, kok dan memiliki biaya produksi yang relatif lebih murah dan dapat dilakukan sendiri.

Apa saja itu? Coba simak di bawah ini:

1. Risograph

Risograph merupakan mesin pencetak berbiaya rendah, serta ramah lingkungan. Biasanya digunakan untuk mencetak zines, poster, sleeve kaset dan brosur.  Ia juga bisa digunakan untuk amplop, stiker, label, penanda buku, kertas kado dan semacamnya. Intinya untuk cetakan berukutan A3 atau lebih kecil.

Konsepnya bisa dikatakan sebagai mesin fotokopi berkecepatan tinggi, di mana tong tintanya berputar di atas permukaan keras. Prosesnya bekerja dalam layer, di mana setiap warna dicetak sendiri-sendiri, sehingga hasilnya akan mirip dengan mesin pencetak percetakan. Hanya saja hasil akhirnya akan memiliki tekstur yang cenderung berbulir. Dan pastinya lebih murah. Oleh karenanya risograph sering dipakai untuk karya-karya yang diproduksi secara mandiri.

2. Screen Printing

Screen Printing adalah pencetak yang biasanya digunakan untuk mencetak sekaligus banyak. Cara kerjanya dengan menekan tinta melalui sebuah layar sirat yang diungkap di atas permukaan media cetaknya. Pencetak ini bisa digunakan untuk hampir semua materi dan kerap digunakan untuk mencetak grafis ke atas kertas, kartu, plastik, tekstil, gelas, kayu dan metal.

3. Digital Fabric

Digital Fabric adalah pencetakan yang relatif baru bagi para ilustrator. Pada dasarnya proses kerjanya adalah sebuah pencetak digital untuk kain. Dengan Digital Fabric, produksi yang memanfaatkan tekstil berukuran kecil dengan motif kreasi sendiri dapat dilakukan dengan mudah serta terjangkau. Keuntungan bagi ilustrator adalah bisa mencetak karya penuh warna yang beragam dan rumit dengan mudah. Dengan memanfaatkan file digital, gambar dan rancangan dapat dicetak dalam material yang cukup luas jangkauannya, seperti sutra atau linen, yang kemudian bisa digunakan untuk membuat garmen, syal, akesesoris dan lainnya.

4. Decal Printing

Decal Printing adalah proses transfer gambar-gambar ilustrasi ke medium keramik. Jadi gambar tersebut dicetak di atas stiker, entah memakai Screen Print, inkjet atau litografi. Lembaran yang sudah dicetak kemudian diaplikasikan ke keramik dengan melakukan pemanasan atau transfer waterslide. Hasilnya adalah grafis yang tahan lama yang dapat dilekatkan di berbagai permukaan seperti mug, mangkok, piring dan sebagainya. Bisa dipakai untuk produksi berskala kecil ataupun besar.

5. Laser Cutting

Dengan Laser Cutting kita bisa mendapatkan hasil akhir yang sangat mirip dengan file digitalnya. Kekuatan laser pencetaknya dapat disesuaikan untuk memotong, menggores atau diraster untuk material seperti plastik, kayu dan kulit. Laser Cutting sering digunakan oleh perancang untuk membuat protipe, pengemasan, pembuatan penanda dan bahan-bahan pameran. Laser Cutting bisa memotong material hingga ketebalan 9mm dan umumnya memiliki dimensi sekitar 1.200 mm x 1.200 mm.

6. Letterpress

 

Pencetak Letterpress adalah pencetak dengan proses dorong sebagai mekanisme kerjanya. Jadi tinta ditekan diatas permukaan kertas atau kartu. Letterpress dapat digunakan untuk produksi berskala kecil dan besar. Biasanya digunakan untuk mencetak poster, label, kartu nama, kartu pos, name tag, undangan, poster atau stationary. Saat ini Letterpress juga ideal digunakan untuk proyek pengemasan dengan ilustrator sebagai pelatnya dan dapat dibuat menjadi gambar yang kemudian bisa diemboss di atas permukaan yang diperlukan.

7. Signmaking

Signmaking merupakan cara agar ilustrasi kita bisa diaplikasikan ke skala yang besar dan seringnya di instalasi luar ruangan. Biasanya pencetak Signmaking, seperti Sign Plan misalnya, menggunakan kombinasi dari teknik fabrikasi agar bisa hasilnya bisa bekerja dengan baik untuk seperti permesinan CNC, fabrikasi plastik dan bengkel tukang kayu.

8. Penjilidan

Penjilidan merupakan proses penggabungan halaman buku, majalah, buku catatan atau paperback. kebanyakan pencetak komersial pasti memiliki bagian penjilidan dan biasanya menawarkan juga jahitan pelana dan jilid kawat. Penjilidan juga mencakup proses seperti melipat dan pemotongan. Biasanya digunakan untuk buku soft cover, katalog, majalah dan buklet.

9. Frame Gambar

Tentunya yang paling gampang dilakukan adalah membingkai ilustrasi hasil karya kita.

 

Sumber gambar: makeworks.co.uk

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

 

Polling: Kebiasaan minum kopi pt.1

Kopling mau mulai bikin rubrik baru nih buat website kopikeliling.com, yaitu rubrik Polling! Kenapa malah bikin Polling pling? Kenapa gak bikin pameran lebih sering aja sih ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official