Art

Biarkan Lisa Tenang!

Nggak terbantahkan, bahwa Mona Lisa adalah perempuan yang paling terkenal, paling banyak dikunjungi, paling banyak menjadi inspirasi banyak seniman di dunia. Tapi masih banyak juga orang yang menduga bahwa perempuan dalam lukisan Mona Lisa itu adalah Leonardo da Vinci sendiri, padahal banyak sumber yang sudah mengatakan bahwa Mona lisa adalah nyata.

Jadi, konon kabarnya model dalam lukisan yang paling terkenal di dunia itu adalah Lisa Gherardini, istri dari Francesco del Giocondo. Lukisan itu dibuat dalam rangka merayakan kelahiran putra kedua mereka, Andrea, dan diletakkan di rumah mereka. Nama lain dari lukisan ini adalah “la Gioconda” atau yang berarti “kebahagiaan”.

Kalau sampai hari ini Lisa Gherardini masih hidup, usianya sudah 535 tahun. Dia lahir pada tanggal 15 Juni 1479 dari salah satu keluarga terkaya di Italia pada masanya. Namun saat Lisa lahir, keluarga Gherardini mengalami kebangkrutan. Rumah mereka berubah menjadi toko benang wol, dan keluarga kaya itu terpaksa harus menyewa kamar.

Pada usia 15 tahun, Lisa menikah dengan seorang saudagar kain sutra yang sudah berstatus duda, yang usianya hampir dua kali lebih tua. Lisa pun menjadi ibu tiri, juga kemudian melahirkan 6 orang anak untuk sang suami. Saat lukisan itu dibuat, Lisa berusia 24 tahun.

slide_354213_3865639_free

Rumah kediaman Lisa setelah menikah (sumber: Huffington Post)

slide_354213_3865649_free

Biara tempat adik dan putri Lisa tinggal (sumber: Huffington Post)

Kemelut kembali terjadi. Putra keenamnya, Giocondo, mati ketika baru berusia 1 bulan. Adik Lisa terpaksa menjadi biarawati karena nggak bisa membayar mahar pernikahan. Sementara anak perempuan Lisa, Camilla, masuk ke dalam biara di usia 12 tahun dan meninggal kemudian di usia 19 tahun. Suaminya pun menyumbangkan masalah dengan masuk ke penjara sebanyak 2 kali.

Setelah suaminya meninggal di usia 73 tahun, Lisa pindah ke Sant’Orsola agar bisa berdekatan dengan putri bungsunya, Marietta, yang sudah lebih dulu masuk ke biara. Lisa kemudian menjadi biarawati dan meninggal di usia 63 tahun.

slide_354213_3865656_free

Princess Natalia, Dianne Hales, dan Princess Irina Guicciardini Strozzi (sumber: Huffington Post)

Salah satu keturunan Lisa Gherardini yang sampai sekarang masih hidup adalah Princess Natalia dan Princess Irina Guicciardini Strozzi. Keduanya adalah keturunan ke-15 dari perempuan yang paling fenomenal itu. Sementara perempuan setengah baya di tengah mereka di foto di atas adalah Dianne Hales, yang menuliskan kisah tentang Mona Lisa. Natalia dan Irina sampai hari ini masih tinggal di Italia, tepatnya di San Gimignano – dekat perkebunan anggur milik keluarga mereka. Menurut kedua putri bangsawan ini, mereka memang tidak mirip dengan Lisa, dan lebih mirip ibu mereka.

arque2

Proses pencarian keberadaan Mona Lisa yang sesungguhnya (sumber: blogspot.com)

Keberadaan Mona Lisa yang sesungguhnya memang baru diketahui orang pada tahun 2007 ketika sebuah buku tentang Lisa ditulis oleh Giuseppe Pallanti. Lalu pada tahun 2012, ditemukan ada 6 kerangka manusia yang terkubur di kapel tempat Lisa menghabiskan sisa umurnya. Karena penasaran, sampai sekarang masih banyak orang yang ingin meneliti pemilik tengkorak tersebut. Salah satunya adalah dengan menggali lagi kuburan putra sulung Lisa, Piero del Giocondo, yang sudah meninggal pada tahun 1569… Ironis, memang. Seharusnya, Lisa sudah dapat beristirahat dengan tenang bukan, mengingat semasa hidupnya pun dia sangat menderita?

Lisa Gherardini bukan hanya sesosok perempuan cantik dengan senyum misterius, tapi juga seorang istri saudagar, ibu yang penuh cinta, dan inspirasi seorang Leonardo da Vinci.

Open Submission: Made In Indonesia

Dalam rangka menyambut hari film nasional yang akan jatuh pada tanggal 30 Maret 2013 mendatang, Kopi Keliling & Bioskop Keliling ingin mengadakan pameran poster tribute ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official