6 Fakta Kopi Hasil Temuan Para Ilmuwan

Kopi dan ilmwuan. Sepertinya merupakan dua hal yang tak berhubungan. Kecuali mungkin banyak di antara mereka yang mengkonsumsi kopi saat bekerja dalam menemukan jawaban atas banyak persoalan dan misteri dunia yang belum terpecahkan.

Siapa kira, ternyata para ilmwuan tak melewatkan kopi sebagai bagian studi mereka. Dan ada 6 fakta mengejutkan tentang kopi yang merupakan hasil temuan mereka. Apa saja? Inilah dia:

Kopi Akan Terasa Lebih Pahit Di Mug Putih

Ilmuwan menemukan jika kopi disajikan di dalam mug berwarna putih, maka rasanya akan menjadi lebih pahit dari biasanya. Para peneliti menemukan kontras antara warna kopi dengan mug putih akan membuat rasanya menjadi lebih keras. Dengan konteks yang sama, maka kopi yang disajikan dalam mug atau gelas berwarna yang lebih jelas akan terasa lebih manis.

Suhu Optimal Untuk Menyajikan Kopi

Para peneliti di Universitas Texas sepertinya lelah dengan kegiatan menyeduh kopi, menyesapnya dan kemudian depresi karena lidah yang terasa terbakar karena kopi yang panas. Jadi mereka melakukan 300 percobaan untuk mengetahui kopi panas dengan suhu yang tepat tanpa mulut terasa terbakar. Dan hasilnya, panas kopi yang pas adalah sekitar 136 derajat Fahrenheit atau 58 derajat Celcius.

Waktu Yang Tepat Untuk Meminum Kopi

Ilmuan Kopi 2

Kita terkondisikan untuk mengkonsumsi kopi di pagi hari. Tapi Steven Miller, seorang profesor psikologi di Universitas Rosalind Franklin mengemukakan jika kepagian meminum kopi merupakan perbuatan yang kurang tepat. Menurutnya, dengan memerhatikan ritme sirkadian kita, pagi hari itu adalah saat dimana tingkat kortisol (hormon yang membuat kita terjaga) kita rendah, maka sebaiknya kopi diminum di pagi menjelang siang yaitu jam 9.30 hingga 11.30 dan siang menjelang sore (jam 13.00 hingga 17.00).

The Coffee-Ring Effect

Penggemar kopi pasti tahu jika kopi yang tertumpah ke baju akan menimbulkan semacam noda yang berbentuk seperti tunggul pohon saat mengering. Terang di dalam lingkaran dan gelap di ujungnya. Ilmuan di Universitas Pennsylvania menghabiskan waktu lebih dari satu dekade untuk menentukan apa penyebab noda gelap tersebut, yang dikenal dengan coffee-ring effect tersebut. Penyebabnya menurut hasil penelitian mereka adalah bentuk partikel. Partikel yang bulat membentuk lingkaran luar, sedang partikel yang memanjang tidak akan membentuk noda.

Empat Gelas Kopi Sehari Menjauhkan Dengung Di Kuping

Sebuah penelitian meneliti tinnitus (dengung di kuping) yang terjadi di antara 65.000 wanita Amerika sepanjang 18 tahun. Ternyata mereka yang meminum kopi sehari sekali 15% lebih sering mengalami tinnitus dibandingkan mereka yang meminum 4 gelas sehari atau lebih.

Cobalah Tidur Kopi

Kopi dan tidur sepertinya bukan pasangan yang serasi. Kebanyakan orang meminum kopi justru untuk menghindari kantuk. Tapi ternyata efek energi yang dihasilkan kopi tidak bisa kita dapatkan secara instan. Butuh 20 menit bagi tubuh untuk menyerap kafein yang terkandung dalam kopi. Peneliti di Universitas Longborough menemukan fakta jika meminum kopi dan kemudian dilanjutkan dengan tidur sekejap untuk sekitar 15 menit membuat pengendara mobil yang lelah menjadi lebih terjaga daripada sekedar hanya meminum kopi atau tidur.

 

Penulis: Haris Fadli Pasaribu

Fakta Kopi

About author

Otak Abu-abu Para Seniman

Beberapa saat yang lalu, di media sosial sempat banyak orang mencoba lebih mengenal diri mereka: apakah yang dominan dalam kepala mereka adalah otak kiri atau ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official