Art

Bermain-main dengan Kembang Api

Meskipun nggak semua orang melakukannya, perayaan menyambut Tahun Baru udah pasti identik dengan rangkaian kembang api warna-warni yang bertaburan di langit. Menurut dokumentasi sejarah, perayaan dengan menggunakan kembang api ini berasal dari sekitar abad ke-7 di Negeri Bambu, di mana warga Cina memakai kembang api untuk setiap perayaan yang meriah. Mereka percaya kalau kembang api dapat mengusir roh jahat dan mendatangkan kebaikan dan keberuntungan.

Sekarang ini, hampir seluruh dunia memperingati sebuah perayaan dengan kembang api, entah itu hari Kemerdekaan, hari besar lainnya, dan tentunya Tahun Baru.

Nah, menyambut datangnya Tahun 2015 yang jatuh dua hari lagi, Kopling mau sedikit berbagi beberapa seniman yang melukiskan kembang api dengan caranya mereka masing-masing, dan pastinya keren! Siapa aja?

Rosemarie Fiore

fireworks-drawing-karya-rosemarie-fiore

Fireworks Drawing karya Rosemarie Fiore (sumber: rosemariefiore.com)

“Fireworks Drawing” karya seniman Rosemarie Fiore ini dibuat dengan meledakkan kembang api yang ditutup sebuah kontainer dan diletakkan di atas kertas. Hasilnya adalah percikan warna-warni dalam bentuk bermacam-macam seperti yang kamu lihat di atas. Siapa yang nggak semangat setelah ngeliat pecahan warna yang begitu menyala?

Alwin Lay

permanent-sparkler-karya-alwin-lay

Permanent Sparkler karya Alwin Lay (sumber: dustmagazine.com)

Alwin Lay adalah seorang seniman asal Romania yang terkenal akan detailnya ketika membuat sebuah obyek. Melalui karya “Permanent Sparkler” di atas, dia berhasil menciptakan sebuah kembang api yang nggak akan capek menyala! Keren ya?

Sarah Illenberger

flowerworks-series-karya-sarah-illenberger

Flowerworks karya Sarah Illenberger (sumber: sarahillenberger.com)

Bentuk bunga-bungaan yang mirip dengan kembang api menarik perhatian Sarah hingga dia membuat sebuah rangkaian karya seni bertajuk “Flowerworks”. Seniman multi-disiplin ini mengambil foto beberapa bunga di dalam gelap sehingga bentuknya menyerupai kembang api.

Olaf Breuning

smoke-bombs-karya-olaf-greuning

Smoke Bombs karya Olaf Breuning (sumber: thisiscolossal.com)

Sama seperti Sarah Illenberger, Olaf Breuning ini merupakan seniman multi-disiplin yang keahliannya macam-macam, mulai dari seni patung, ilustrator, videografer, dan lain sebagainya. Salah satu karyanya yang sangat menarik perhatian adalah “Smoke Bombs” di mana seniman asal Swiss ini membuat sebuah instalasi dari sejumlah pigmen yang diledakkan sehingga menghasilkan asap berwarna-warni bagaikan pelangi.

Apakah kamu akan bermain-main dengan kembang api menjelang pergantian tahun kali ini?

Kopling mengucapkan Selamat Tahun Baru 2015!

 

 

About author

Musik Bagus Day Volume 2

Buat kamu para pencinta musik, tanggal 5 Januari 2017 nanti Musik Bagus Day kembali diadakan di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan. Acara diramaikan oleh Pasar ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official