Art

The Disposable Memory Project

Apa yang lebih menyenangkan dari berbagi cerita dengan orang lain? Cerita bisa dituang ke dalam bermacam-macam bentuk, baik itu cerita lisan pas lagi ngobrol, tulisan surat untuk mereka yang berada jauh di sana, ilustrasi, maupun foto.

Matthew Knight, seorang konsultan kreatif dari Inggris sana, mengajak orang-orang di seluruh dunia untuk berbagi cerita mereka dalam bentuk foto melalui The Disposable Memory Project. Sebenarnya bukan memorinya yang sekali pakai terus buang sih… Tapi Matthew menggunakan kamera sekali pakai untuk proyek yang menyenangkan ini.

Sejak tahun 2008, sekitar lebih dari 500 kamera sekali pakai disebar di tempat-tempat umum di seluruh dunia. Setiap kamera berisi pesan untuk mengajak siapapun yang menemukan kameranya untuk membawa kamera itu, ngambil beberapa foto sesuka hati, dan memberikannya ke orang lain. Di akhir petualangannya, kamera itu dikembalikan ke alamat yang tertempel di kamera lalu foto-foto di dalamnya di-upload supaya bisa diliat oleh semua orang.

Proyek ini udah berjalan selama hampir empat tahun dan banyak banget orang-orang dari seluruh dunia yang ikutan, baik mereka yang nemuin kameranya di suatu tempat atau mereka yang pertama kali membeli kamera sekali pakai dan memberikannya ke orang lain. Kamera-kamera ini udah bertualang ke lebih dari 73 negara, termasuk Indonesia! Tapi sayangnya bukan diawali atau berakhir di Indonesia, tapi kamera ini cuma sempet mampir aja di sini.

Ini dia peta penyebaran kameranya. Coba yang ngambil foto di Indonesia tunjuk tangan dong, Kopling penasaran hehe…

Emang sih, nggak semua kamera kembali ke pemiliknya. Tapi ada sekitar 30 kamera yang selamat pulang ke rumah dengan membawa cerita-cerita, perjalanan, dan petualangan luar biasa dari berbagai negara seperti Kutub Selatan, Greenland, Australia, Kamboja, dan lainnya. Semua fotonya bisa dilihat di website disposablememoryproject.org maupun Facebook, Twitter, dan Flickr. Hasil-hasil fotonya juga sangat bervariasi, seperti foto pemandangan, sekelompok orang, potret, hewan, foto jarak dekat, foto abstrak, foto konyol, dan masih banyak lagi.

Proyek ini keren banget! Selain bisa menghubungkan cerita orang-orang di seluruh dunia hanya dengan sebuah kamera, kita juga mendapatkan gambaran mengenai perbedaan latar belakang dan kehidupan yang ada. Meskipun berada di negara yang sama, setiap orang pasti punya keseharian yang berbeda-beda. Pasti ada detail-detail kehidupan yang menarik di setiap foto. Hebatnya juga, Kodak sempat menjadi sponsor proyek ini dengan ngasih 50 kameranya di tahun 2011.

Pengen ikutan berpartisipasi di proyek ini? Pertama-tama, kamu perlu membeli kamera sekali pakai. Lalu kunjungi http://disposablememoryproject.org, masukkin alamat email kamu dan nanti kamu akan mendapatkan kode kamera yang harus ditulis di kamera tersebut. Bersama dengan kode kamera itu, kamu juga akan dikasih tau apa aja yang harus ditulis sebagai pesan untuk orang berikutnya yang mengambil kamera tersebut. Selanjutnya, tinggal taruh kameranya di suatu tempat di kota kamu, atau berikan pada seseorang. Begitu isi kamera udah penuh, si pemegang kamera terakhir tinggal menghubungi orang-orang di Disposable Memory Project dan mereka akan mengatur cara untuk mengambil kameranya.

Cukup gampang kan? Kalo kamu ikutan, ini bisa sekalian jadi cara yang unik untuk mempromosikan keindahan Indonesia ke orang-orang di luar sana.

About author

Cina: Seni Tertua di Dunia

Menjelang Imlek, nggak ada salahnya kita agak-agak mengintip dunia seni lukis di negara Cina ya? Chinese art itu udah ada sejak jaman batu, sebenarnya, udah ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official