Art

Rutinitas Para Seniman dan Orang Kreatif

Tahun 2015 telah tiba dan saat ini kita sudah menginjak lembaran pertama tahun ini. Apakah kamu sudah menentukan apa yang mau kamu lakukan di tahun ini? Apapun yang pengin kamu lakukan, tentunya harus dilakukan setiap hari secara rutin. Kopling mau membagikan sedikit beberapa rutinitas yang dilakukan oleh para seniman dan orang kreatif ternama yang membuat mereka bisa terkenal hingga kini. Memang, rutinitas harian seniman yang satu nggak akan bisa diaplikasikan untuk seniman yang lain, dan nggak ada yang namanya rutinitas harian sempurna. Tapi Kopling berharap kamu bisa mengambil intisari dari rutinitas yang mereka lakukan dan menyesuaikan dengan rutinitas harian kamu.

Publikasikan sesuatu setiap hari

rutinitas-harian-steve-jobs

Steve Jobs (sumber: lifehack.org)

Untuk menjadi orang kreatif, kamu nggak hanya harus membuat sesuatu tapi juga melakukan sesuatu terhadap karya yang kamu buat. Mengutip kata Steve Jobs, “Real artists ship”, berarti apapun yang kamu kerjakan baru berarti ketika telah dipublikasikan kepada orang-orang di luar sana. Banyak orang nggak mau menunjukkan karyanya karena takut dikritik, atau karena ingin disimpan untuk diri sendiri saja. Jangan!

 Membuat jadwal harian

rutinitas-harian-penulis-franz-kafka

Franz Kafka (sumber: haaretz.com)

Franz Kafka dianggap sebeagai salah satu penulis paling kreatif dan berpengaruh di abad ke-20, padahal ia sebenarnya menghabiskan sebagian besar waktunya bekerja penuh waktu sebagai pengacara di Workers Acident Insurance Institute. Kunci Kafka dalam menjadi penulis adalah mengatur jadwal harian. Konon, beginilah jadwal hariannya:

Kafka pergi bekerja dari jam 8.30 pagi sampai 2.30 sore, kemudian makan siang dan beristirahat sampai jam 7.30 malam, lalu ia berolahraga dan makan malam dengan keluarganya, dan mulai menulis pada jam 11 malam selama beberapa jam setiap malam sebelum tidur. Ia selalu melakukan hal ini setiap hari.

Bangun pagi

rutinitas-harian-pelukis-francis-bacon

Francis Bacon (sumber: wondrus.la)

Kopling mendengar banyak orang mendapatkan inspirasi ketika begadang di malam hari. Sementara itu, nggak sedikit juga para seniman jaman dulu yang mendapatkan inspirasi justru ketika mereka bangun pagi-pagi banget. Sylvia Plath, misalnya. Di malam hari ia sering minum obat penenang agar dapat tidur nyenyak dan bangun jam 5 pagi untuk menulis sebelum anak-anaknya bangun. Pelukis asal Inggris, Francis Bacon, juga suka bangun pagi dan melukis hingga waktu jam makan siang. Memang, banyak seniman yang terpaksa harus bangun pagi karena nggak punya banyak pilihan. Tapi nggak sedikit juga yang merasa inspirasi itu datang ketika bangun pagi.

Jalan kaki 

rutinitas-harian-penggubah-erik-satie

Erik Satie (sumber: radiotimes.com)

Beberapa penggubah menganggap waktu untuk jalan kaki setiap hari amat sangat penting. Menurut Tchaikovsky, jalan kaki sangat penting untuk mengasah kreativitasnya. Saat jalan kaki, ia terkadang berhenti beberapa saat ketika mendapatkan ide untuk dikembangkan saat ia menyentuh tuts piano. Sementara itu, Beethoven juga sering jalan kaki setelah makan siang sambil membawa pensil dan beberapa lembar kertas untuk merekam lagu yang mungkin ia ciptakan. Penggubah asal Perancis, Erik Satie, setiap pagi selalu berjalan kaki dari rumahnya di pinggiran Kota Paris ke Kota Montmartre dengan jarak kurang lebih 9 km! Berapa jam ya itu?

Kira-kira apa rutinitas harian yang akan kamu terapkan di tahun 2015?

About author

ACT now, spread the love!

ACT! a charity exhibition by Kopi Keliling Saturday, August 4th 2012 at One Fifteenth Coffee, Jl. Gandaria 1 No. 63, Jakarta Selatan (view map) Starts ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official