Sudah Benarkah Caramu Membuat Kopi?

6a00d83451cb9a69e200e550116e248834-800wi

Kalo kamu pencinta kopi sejati, tentunya kamu nggak cuma ngopi kalo di coffee shop aja dan sering membuat kopi sendiri di rumah. Tapi, tahukah kamu, bahwa kadang kita sering membuat kesalahan saat membuat kopi?

Alat Kopi

Yang pertama adalah, kita sering lalai mencuci alat pembuat kopi kita sampai bersih. Mungkin mencucinya sudah bersih, tapi kurang teliti ketika membilasnya. Nggak heran, terkadang kopi kita mengandung sedikit rasa sabun.

Biji Kopi

Kita juga kadang lupa bahwa di rumah sudah ada biji kopi, dan terus membeli yang baru. Padahal ketika disimpan lebih dari 2 minggu, biji kopi akan berubah rasanya. Atau kadang demi alasan kepraktisan, kita membeli biji kopi yang sudah digiling dalam jumlah banyak. Kopi yang sudah digiling itu sudah teroksidasi, jadi rasanya pasti sudah nggak lagi segar. Belum lagi ukuran yang kita pakai saat menggiling kopi. Tiap metode penyeduhan membutuhkan kehalusan atau kekasaran yang berbeda. Kalau digiling terlalu halus, rasanya akan jadi lebih pahit, tapi kalau terlalu kasar, rasanya kopinya malah nggak terasa. Pastikan ukurannya pas.

Air

Untuk membuat 6 ons kopi, kita membutuhkan 2 sendok bubuk kopi. Kalau terlalu banyak rasanya akan terlalu kuat, dan kalau airnya terlalu banyak akan tawar. Temperatur air juga harus pas. Idealnya adalah sekitar 93 derajat Celcius, karena kalau terlalu panas, rasanya jadi terlalu pahit. Juga perhatikan kualitas air yang kamu pakai. Sebaiknya jangan memakai air keran yang direbus, tapi air mineral atau air yang sudah difilter. Setelah selesai membuat kopi, buang airnya dan lain kali pakai air yang baru. Oh, juga jangan meninggalkan sisa kopi di dalam mesin kopi. Pindahkan ke tempat lain, karena kopi yang tertinggal di dalam mesin kopi dalam waktu lama, pada akhirnya akan terasa asam dan pahit.

Coffee Pods

Jangan membeli coffee pods atau coffee capsules terlalu banyak. Belilah sesuai kebutuhan. Memang sih, mereka tersimpan di dalam kemasan yang kedap udara, tapi tetap saja rasanya akan berubah.

Jadi, sudah benarkah cara kamu membuat kopi selama ini?

Sumber gambar: willows95988.typepad.com

One Fifteenth Coffee

Meskipun kedai kopi yang satu ini baru dibuka tanggal 13 Juni 2012 lalu, tapi 1/15 (One Fifteenth) Coffee Shop sudah berhasil mencuri hati banyak pengunjung ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official