Nelson Mandela adalah Inspirasi

nelsonmandela

Pada hari Jumat kemarin, 6 Desember 2013, dunia digemparkan dengan kematian seorang tokoh dunia yang sangat dicintai oleh banyak orang. Nelson Mandela. Pejuang perdamaian dari Afrika Selatan ini akhirnya menghembuskan napasnya yang terakhir di usia 95 tahun.

Bagi banyak seniman, Mandela adalah sumber inspirasi mereka. Cara berpikirnya, kelemahlembutan hatinya, perjuangannya. Muali dari buku, lagu, film, hingga seni visual, hampir semua pernah menggambarkan perjuangannya.

Musisi sekelas Stevie Wonder, Bono, dan Annie Lennox, juga para pemain film dan bintang televisi seperti Morgan Freeman, Idris Elba, dan Oprah Winfrey, pernah membahas tentang lambang anti-apartheid ini sebagai inspirasi mereka yang diwujudkan dalam bentuk konser, lagu, puisi, fiksi, dan film.

Para musisi, khususnya, sangat tertarik pada hal-hal yang dibela oleh Mandela dan perjuangannya, baik ketika Mandel menjadi tahanan politik, juga ketika dia menjadi pemimpin Afrika Selatan. Menurut seorang penyanyi asal Kanada, Raffi Kavoukian yang pernah bertemu dengan Mandela di Toronto pada tahun 2001, “Nelson Mandela adalah contoh terbaik dari seorang manusia. Bagaimana Anda tidak terinspirasi karenanya? Dia adalah seorang pahlawan bagi saya. Dia dipenjara selama 26 tahun, dan ketika dibebaskan, dia menjadi semakin kuat!”

Semua musisi yang pernah bertemu dengan Mandela, termasuk B.B. King mengatakan bahwa hati mereka semua tersentuh oleh Mandela. Bahkan, seorang seniman asal Afrika Selatan bernama Marco Cianfanelli juga sampai membuat monumen yang didekasikan khusus untuk pejuang perdamaian ini. Mandela membalas kebencian dengan kasih sayang, kebenaran, keadilan, dan pengampunan.

Berikut adalah beberapa contoh dari karya para seniman yang terinspirasi oleh Nelson Mandela:

Mandela: Long Walk to Freedom

Film ini dibuat berdasarkan sebuah buku biografi dengan judul yang sama. Kebetulan, beberapa jam sebelum Mandela meninggal, tayangan perdana film ini diputar dan ditonton oleh Pangeran William dan Kate Middleton. Film drama ini akan diputar secara serentak di Amerika Utara pada hari Natal ini.

Beberapa film lainnya tentang Nelson yang pernah dibuat antara lain adalah “Mandela and De Klerk”, “Mandela”, “Goodbye Bafana”, “Winnie Mandela”, juga “Invictus” yang dibintangi oleh Morgan Freeman.

Mandela’s 70’s Birthday Concert di Wembley

Pada tahun 1988, segerombolan superstar, termasuk Stevie Wonder, Whitney Houston, dan Sting, menandai ulang tahun Mandela ke-70 dengan sebuah konser raksasa di Wembley Stadium di London. Saat itu, konser tersebut dibuat untuk menyerukan pembebasan Mandela dan ditonton oleh 600 juta orang di 70 negara di seluruh dunia.

We Love Mandela

Pada awal musim gugur tahun ini, London menjadi tuan rumah dari sebuah ajang internasional yang berjudul “We Love Mandela”. Acara akbar ini memamerkan lukisan, patung, fotografi, kartun, dan seni visual lainnya.

Banyak orang yang pernah mendengar nama “Mandela” dan juga telah melihat fotonya atau bahkan sosoknya di televisi, tapi berapa banyak orang yang tahu, siapa Mandela yang sebenarnya? Pameran ini bertujuan untuk menunjukkan sisi lain dari seorang Nelson Mandela, sebuah kisah kehidupan Mandela sebagai seorang manusia…

Selamat jalan, Nelson Mandela. Terima kasih karena telah menebarkan semangat cinta kasih di bumi sampai di akhir hayatmu.

Sumber gambar: weheatrit.com

5 Buku yang Wajib Dibaca di Tahun 2015!

Setelah Kopling amati, salah satu resolusi yang paling sering dibuat orang (dan biasanya sih nggak mencapai target karena kesibukan hehe) adalah membaca lebih banyak buku ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official