Art

Surealisme: Antara Dunia Mimpi dan Dunia Nyata

Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata sureal?

Surealisme sebenarnya adalah gerakan kebudayaan yang sudah dimulai sejak awal tahun 1920-an, dan aliran ini kebanyakan ditemukan dalam seni sastra dan seni lukis. Tujuan dari aliran ini adalah untuk menyatukan dunia mimpi dengan kenyataan.

Alirean surealisme ini adalah perkembangan dari aliran Dadaisme yang tumbuh saat Perang Dunia I dan menyebar ke seluruh dunia dan seluruh aliran seni, dalam berbagai bahasa – bahkan memasuki pemikiran politik, filosofi, juga teori sosial.

Melvyn Bragg, seorang penyiar yang merangkap menjadi seorang penulis mengutips perkataan André Breton, “Si vous aimez L’amour, vous aimerez Surrealisme!” Jika kamu seorang pencinta cinta, maka kamu pun akan mencintai surealisme. André Breton adalah seorang pelukis dan pujangga asal Perancis yang ikut memelopori aliran surealisme ini, dan katanya lagi, “Surealisme diciptakan untuk berekspresi, proses yang nyata dari sebuah pemikiran, yang bebas dari kontrol apa pun – termasuk estetika dan moral.”

andre_breton__s_series_by_shahlac-d535e0k

Salah satu karya beraliran surealisme (sumber: deviantart.com)

André Breton juga dikenal sebagai Bapak Surealisme. Kata “surealisme” pertama kali digunakannya untuk mendeskripsikan karya yang terbuat dari perpaduan antara khayalan atau fantasi dengan elemen-elemen yang ada di dunia masa kini untuk membentuk kenyataan baru yang luar biasa.

Menurut Breton, surealis sejati nggak membutuhkan bakat, karena mereka selalu mengatakan semua yang ada dalam pikiran mereka secara apa adanya, tanpa sensor. Mereka adalah orang-orang yang percaya pada kenaifan mata, dan karya mereka diciptakan oleh alam bawah sadar mereka sendiri. Kebanyakan kaum surealis berkarya dengan teknik visual dan psikologi yang fantastis, berdasarkan kenangan, perasaan, dan mimpi-mimpi mereka. Kadang mereka menggunakan hipnotis atau bahkan obat terlarang untuk masuk ke dalam alam mimpi, dan di sana mereka menemukan hal-hal yang tidak mereka lihat di dunia nyata. Brenton percaya bahwa kaum surealis itu sama dengan para ilmuwan yang menggunakan eksplorasi ke ranah-ranah yang nggak pernah dikenal sebelumnya dan juga dengan metode investigasi. Seorang pelukis terkenal dari aliran ini, Max Ernst, megatakan bahwa seni yang diciptakan oleh alam bawah sadar manusia itu adalah potongan-potongan gambar dalam kepala orang-orang yang dianggap gila.

Sigmund Freud adalah orang yang paling banyak menginspirasi kaum surealis karena kata-katanya yang mengatakan bahwa, “Mimpi yang nggak diinterpretasikan adalah surat yang nggak dibuka.” Tokoh lain yang berpengaruh dalam aliran ini adalah Karl Marx yang menginspirasi kaum ini untuk mengungkapkan kontradiksi yang terjadi setiap hari melalui alam bawah sadar.

SalvadorDali-The-Persistence-of-Memory-1931

Salvador Dali dan The Persistence of Memory (sumber: arthistoryarchive.com)

Sementara seniman yang paling berpengaruh dalam aliran surealisme pada Abad 20 adalah Salvador Dali dan Man Ray. Pengaruh mereka nggak cuma ada di dunia seni lukis, tapi juga dalam seni busana, seni fotografi, seni periklanan, dan seni perfilman. Lalu ada juga Joan Miró yang memberi pengaruh penting di tahun 1940-an dalam terciptanya aliran ekspresionis abstrak.

Dorothea-Tanning---(18)

Salah satu karya Dorothea Tanning (sumber: blogspot.com)

Yang menarik, pada awalnya para kaum surealis adalah sekelompok laki-laki yang mempunyai hubungan sangat erat, dan mereka nggak memasukkan perempuan ke dalam dunia atau karya mereka. Tentunya hal ini mengundang protes dari kaum feminis. Lalu lahirnya kemudian para surealis perempuan, seperti Claude Cahun, Unica Zurn, Lee Miller, Leonora Carrington, Dorothea Tanning, juga Tran Nguyen yang pernah Kopling bahas karyanya. Entah apa yang ada dalam alam bawah sadar para pengikut aliran surealis ini sebenarnya, sampai-sampai mereka membayangkan bahwa perempuan adalah sosok monster. Sementara para seniman surealis perempuan malah terkadang menggambarkan diri mereka sebagai seekor binatang atau mahluk mistis…

Alam bawah sadar manusia itu memang menarik dan penuh petualangan, sekaligus menyeramkan. Kadang kita nggak tahu apa yang kita temui di sana. Bisa jadi memang kejujuran sejati hanya dapat ditemui di dalam alam bawah sadar manusia…

Apakah kamu termasuk pencinta karya surealis? Atau kamu adalah seniman yang mengikuti aliran surealisme?

10 Pembatas Buku yang Kreatif

Tidak semua buku yang kita beli menyediakan pembatas buku. Kehadiran pembatas buku sangat penting karena sebagai penanda di mana letak terakhir kita membaca. Kan dengan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official