Mazagran: Lahir dari Perang, Lalu Menyegarkan

Défense_héroïque_du_capitaine_Lelièvre_à_Mazagran_by_Jean-Adolphe_BeaucéBattle of Mazagran (sumber: wikimedia.org)

Pada tahun 1830, ada sebuah fase yang terjadi ketika Abdelkader El Djezairi, seorang pemimpin militer yang sangat religius dari Algeria menginvasi Perancis, setelah para tentara Perancis merusak Treaty of Tafna – dan terjadilah sebuah pertempuran yang dikenal dengan nama “Battle of Mazagran”. Pertempuran ini dimenangkan oleh Perancis. Entah siapa yang sebenarnya bersalah, atau siapa yang benar. Yang pasti, Abdelkader El Djezairi sebenarnya adalah seorang sufi yang sangat mendukung hak azasi manusia, bahkan melakukan intervensi untuk menyelamatkan komunitas Kristen dari pembunuhan massal pada tahun 1860. Bukan hanya itu, anak-anak laki-lakinya pun diutusnya untuk ke jalan-jalan, menawarkan perlindungan bagi orang-orang Kristen yang nyawanya terancam. Kisah kehidupan Abdelkader El Djezairi ini sebenarnya sudah dibuat pada tahun 2013 oleh Oliver Stone dengan judul “The Emir Abd el-Kader”, tapi entah mengapa produksinya terhenti.

Mazagran_1

Cangkir Mazagran (sumber: wikipedia.org)

Entah juga, bagaimana para tentara Perancis memenangkan pertempuran ini. Bisa jadi karena minuman yang mereka teguk di malam hari, mungkin. Konon, setiap malam para tentara Perancis ini menenggak kopi yang dicampur dengan brandy. Mereka menggunakan gelas khusus bernama mazagran yang bahannya terbuat dari terakota, porselain, atau kaca. Sampai saat ini, gelas mazagran ini masih banyak yang menjual dan memakainya, seperti yang dapat kita lihat di banyak online shop di luar negeri.

Gelas ini disebut mazagran, dan minuman kopi yang ada di dalamnya pun disebut dengan nama yang sama: mazagran. Pada pertengahan tahun 1990-an, salah satu coffee chain terbanyak di dunia berlambang putri duyung pernah berkolaborasi dengan Pepsi untk membuat minuman kopi bersoda dengan nama ini, tapi sayangnya mengalami kegagalan di pasar.

Dalam perkembangannya, mazagran mengalami banyak modifikasi. Kadang dicampur dengan gula, rum, atau air. Lalu ada juga yang membuatnya dengan es batu dan lemon – meski pun selalu bahan dasarnya adalah espresso atau kopi hitam. Yang penting rasa kopinya harus sangat kuat dan kental.

0

Minuman kopi mazagran (sumber: youtube.com)

Mazagran ini termasuk minuman kopi yang juga cukup terkenal di Portugal. Biasanya, orang Portugis meminumnya saat musim panas. Dan kita juga bisa mencobanya di rumah, lho. Gampang banget bikinnya.

Bahan:

1. 1 cangkir kopi hitam dingin
2. 1/2 cangkir jus lemon
3. Gula pasir, secukupnya
4. Es batu

Cara membuatnya? Silakan tonton klip berikut ini:

Kamu juga bisa menambahkan bubuk vanilla atau kayu manis untuk menambah selera.

Silakan mencoba!

Hujan di Bulan Juni

tak ada yang lebih tabah dari hujan bulan Juni dirahasiakannya rintik rindunya kepada pohon berbunga itu tak ada yang lebih bijak dari hujan bulan Juni ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official