Buku Harian Para Ilustrator Masa Kini

Pernah membaca “Diary of a Wimpy Kid” nggak? Novel berilustrasi bergenre realistis satiris ini ditulis oleh Jeff Kinney, dan menceritakan kisah tentang seorang anak laki-laki yang bernama Greg Heffley dan masalah-masalah yang dihadapinya di sekolah.

“Diary of a Wimpy Kid” pertama kali muncul di FunBrain.com pada tahun 2004, dan dibaca lebih dari 20 juta kali. Pada tahun 2007, kisah ini kemudian dibukukan dan menjadi New York Times bestseller. Tiga tahun kemudian, buku kerena ini kemudian difilmkan dengan judul yang sama.

Bisa jadi “Diary of a Wimpy Kid” memang benar-benar cerita fiksi, atau mungkin juga pengalaman pribadi penulis sekaligus ilustratornya. Siapa yang tahu? Konon, menuangkan kisah keseharian hidup atau keluh kesah ke dalam sebuah jurnal juga dapat membuatmu tetap waras di dunia yang semakin gila ini.  Nah, kali ini Kopling mau menceritakan beberapa orang ilustrator yang mempunyai buku harian yang isinya cukup menarik!

Ellen Forney

ellen_forney_portrait-ilovez-lkink1

Ellen Forney (sumber: comicrelated.com)

Ellen adalah seorang kartunis yang juga merangkap sebagai seorang guru dan tinggal di Seattle, Washington. Karya-karyanya sudah banyak yang diterbitkan oleh Fantagraphics Books dan The Strangers, juga beberapa penerbit lainnya. Saat ini Ellen masih mengajar di Cornish College of the Arts.

Ellen Forney mengarsipkan hari-harinya sebagai seorang perempuan, ilustrator, dan guru yang mengidap gangguan bipolar melalui ilustrasi dan komik. Karakternya sangat berani dan sensual. Pada tahun 2007 bukunya yang berjudul “I Love Led Zeppelin” masuk ke dalam nominasi penghargaan bergengsi “Eisner Award” sebagai Best Reality-Based Comic. Dirinya juga membuat sebuah autobiography (yang berbentuk komik juga, tentunya) dengan judul “I Was Seven un 1975” di tahun 2001. Buku terakhirnya adalah sebuah memoir yang berjudul “Marbles” Mania, Depression, Michelangelo, dan Me” dan diterbitkan oleh Penguin Books pada tahun 2012.

crazyArtist@2x

forney-interiors-2

Beberapa isi jurnal Ellen (sumber: marblesbyellenforney.com dan girlslikecomics.com)

Seperti yang dikatakan oleh Ellen sendiri, nggak lama setelah ulang tahunnya yang ke-30, Ellen didiagnosa dengan gangguan bipolar. Karena takut gangguan kejiwaan ini dan pengobatan yang dijalaninya akan mematikan kreativitasnya, dia mulai berjuang untuk mempertahankan passion dan kreativitasnya. Lalu dia menemukan bahwa banyak seniman yang juga adalah penderita bipolar, antara lain Vincent van Gogh, Georgia O’Keeffe, William Styron, and Sylvia Plath. Dirinya pun lalu bertanya-tanya: “Apakah ada hubungannya antara kreativitas dan gangguan kejiwaan? Apakah bipolar itu suatu kutukan atau malah berkah?”

Website: ellenforney.com

Cathy Dineen

cathy_dineen_portrait

Ilustrasi Potret Cathy Dineen (sumber: cathydineen.com)

Cathy sudah menjadi seorang ilustrator freelance sejak tahun 1989, dan menjadi kontributor tetap untuk beberapa penerbit seperti The Irish Times dan The Sunday Business Post. Dirinya juga mengajar paruh waktu di The Kilkenny Mental Health Services di Irlandia.

diary_illustration3

Salah satu isi jurnal Cathy (sumber: cathydineen.com)

Meskipun nggak seterkenal Ellen Forney, tapi Cathy juga sudah menerbitkan beberapa buku. Buku hariannya juga dibuatnya dalam bentuk ilustrasi, seperti yang dapat kita lihat dalam website pribadinya.

Website: cathydineen.com

T A M P Y U

6

T A M Y P U dan ilustrasi dirinya (sumber: designtaxi.com)

Seniman muda yang berasal dari Vietnam ini memang belum menerbitkan buku, tapi karyanya sudah mulai mencuri perhatian pencinta seni di internet.

Berbeda dengan kedua ilustrator di atas, T A M Y P U mengisi buku hariannya dengan cara membuat sketsa dari foto-foto dirinya sendiri, dengan sangat detail.

5

8

Beberapa isi jurnal T AM Y P U (sumber: designtaxi.com)

Deviantart: tamypu.deviantart.com

Bagaimana dengan kamu? Dengan cara apa kamu menulisi buku harianmu? Dengan apa pun itu, semoga harimu selalu menyenangkan ya!

Anak Muda dan Seni Kontemporer

Anak muda di kota-kota metropolitan pasti nggak asing dengan nama-nama toko pakaian impor, seperti Mango, Zara, H&M, dan sebagainya. Salah satunya adalah sebuah brand yang ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official