Memilih Coffee Grinder untuk di Rumah

Kebutuhan mengonsumsi kopi semakin lama semakin besar, terutama di perkotaan. Kopi telah menjadi barang komoditi yang sangat menjual. Tak heran banyak tumbuh kedai kopi dengan berbagai macam gaya. Peningkatan konsumsi ini juga dibawa sampai ke dalam rumah. artinya, penikmat kopi sudah memiliki peralatan-peralatan untuk membuat kopi dan menikmatinya di teras atau di balkon rumah.

Untuk menghasilkan kopi yang enak diminum, proses-proses sebelum menikmati kopi harus sangat diperhatikan. Mulai dari menggiling kopi, menuangkan ke French press sampai berakhir di tenggorokan kita. Proses setelah green beans di-roasting atau sangrai adalah menjadi biji kopi. Nah, pengolahan biji kopi menjadi bubuk kopi ini proses yang penting. Proses ini memengaruhi kualitas kopi yang kita minum. Oleh karenanya, kita harus perhatikan betul-betul grinding ini.

Penggiling kopi merupakan salah satu pintu awal untuk memasuki dunia kopi. Berbagai teknik dan alat penyeduhan kopi sangat tergantung dengan proses penggilingan. Tingkat kekerasan atau kehalusan dari bubuk kopi tergantung dari grinder yang kita gunakan. Oleh karena itu, grinder menjadi alasan penting untuk membuat kopi yang nikmat.

Ketika kita ingin menyeduh kopi, disarankan agar kita sendiri yang melakukan penggilingan. Karena kalau kita tidak menggiling kopi sebelum menyeduh, kita tidak akan pernah merasakan rasa-rasa yang akan muncul dari biji kopi tersebut.

Ini karena rasa stabil dan aromatik terkonsentrasi dalam biji kopi yang bisa dirasakan ketika digiling. Ketika kita buat kopi, kita melarutkan sedikit padatan kacang dalam air. Dengan menghancurkan biji kopi menjadi serpihan-serpihan kecil, akan menghasilkan kopi yang lebih baik dan berkesampatan besar untuk menikmati rasa kopi yang berkualitas.

Nah, Kopling mau kasih rekomendasi tiga handy grinder untuk menggiling kopi di rumah!

Hario Skerton

hario-skerton-coffee-grinder

Sumber: amazon.com

Grinder yang satu ini ukurannya mini dan mudah dibawa ke mana saja. The Skerton adalah grinder  yang ideal untuk ukuran handy grinder¸ cocok untuk dibawa saat traveling atau sekadar menggiling kopi di rumah. Selain itu, grinder ini mudah digunakan dan dibersihkan.

Hario Ceramic Slim

hario-ceramic-slim-coffee-grinder

Sumber: amazon.com

Tidak beda jauh dengan The Skerton, Hario Ceramic Slim ini hanya berbeda bentuk dengan rekannya. Bentuknya yang ramping memudahkannya untuk ditaruh di mana saja, juga bisa dilepas handle-nya supaya tidak tersenggol dan patah ketika dalam penyimpanan. Karena lapisan keramik ini membuat grinder ini tidak lengket akan bubuk kopi juga mudah untuk dibersihkan.

Hand Ground Coffee Grinder

hand-ground-coffee-grinder

Sumber: gizmag.com

Hand Ground Coffee Grinder ini adalah bentuk crowdsourcing yaitu kerja sama antara komunitas kopi dan perusahaan. Komunitas kopi ini mendesain seperti apa bentuk grinder yang cocok, sedangkan perusahaan membiayai pembuatan grinder ini. Hasilnya adalah 221 x 147 mm (8,7 x 5,8 in) kaca dan prototipe stainless steel. Penggiling ini memiliki desain ramping dan melengkung yang mengecil di tengah. Kaca atas memiliki ruang untuk sekitar 100 g (3.5 oz) biji kopi dan memiliki  kaca penutup untuk menghentikan biji keluar saat digiling.

Nah, dengan memiliki grinder, kita bisa kapan dan di mana saja menikmati kopi tentu lebih baik daripada yang meminum kopi tinggal seduh. Dari proses penggilingan, kita bisa mencium wangi kopi, namun ketika menuangkan air panas wangi yang dimunculkan akan berbeda lagi. Ini menjadi pengalaman tersendiri dalam menikmati kopi. Persoalan handy grinder bukan sekadar untuk mencari kekasaran atau kehalusan dari bubuk kopi saja, tapi kenikmatan memaknai sebuah proses sebelum minum kopi.

Salam sruput!

About author

Kopi Es Tak Kie

Siapa pernah berkelana di Petak Sembilan? Daerah yang kemungkinan sekarang sudah agak banyak didengar oleh banyak orang karena ke-eksotis-an pecinan di tengah ricuhnya kota Jakarta. ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official