Art

10 Seniman Asal Cina yang Terkenal di Dunia

Pasar untuk seni di Cina telah berkembang dengan cepat, seni di Cina tumbuh cepat di kancah internasional. Tahun 2004, konon harga dari karya-karya seniman Cina meningkat sekitar 2000 persen. Dalam era globalisasi, seni kontemporer Cina telah menginjakkan kaki di luar negeri dan memenangkan perhatian bidang seni internasional. Keberadaan seni kontemporer Cina juga sepenuhnya mewujudkan pelibatan masyarakat dan keterbukaan budaya Cina kontemporer, serta nilai-nilai spiritual yang terkandung tak tergantikan. Ini semua berkat artis dan aktris di dunia seni yang karya-karyanya disukai khalayak ramai dan menjadi perbincangan di dunia seni internasional. Dalam rangka menyambut Imlek 2015, Kopling mau berbagi informasi seputar 10 seniman asal Cina yang terkenal di dunia!

Ai Wei Wei

ai-wei-wei

Sumber: publicdelivery.org

Ai WeiWei adalah seorang seniman kontemporer dari negeri Tiongkok yang aktif membuat karya-karya patung, instalasi, desain arsitektur, fotografi, kurasi seni, dan film. Ia berkolaborasi dengan sejumlah seniman lokal maupun luar negeri dan telah banyak meciptakan karya seni yang monumental.

Tidak hanya kecakapannya di dunia seni, ia juga sering terlibat dalam aksi politik dan budaya kepada pemerintahan Republik Rakyat Tiongkok secara kritis dan terbuka perihal HAM dan demokrasi. Karena aksinya ini, ia sempat mendekam di bui selama 81 hari. Bulan Oktober lalu, ia dianugarehi seniman paling berpengaruh di dunia oleh Majalah Seni, Artreview.

Huang Ran

huang-ran

Sumber: Huffingtonpost.com

Huang Ran adalah seorang videomaker. karya video yang penuh drama, ambiguitas, dan emosi menjadi penarik perhatian penonton karena penuh konflik emosi yang membuat penonton ikut merasakan apa yang ada di film. Karya terbarunya berjudul Blithe Tragedy.

Liu Xiaodong

liu-xiaodong

Sumber: alt-museum

Belum lama ini Liu Xiaodong bersama enam rekannya mengadakan pameran lukisan yang diadakan di Galeri Nasional, Jakarta. Pameran yang dikuratori oleh Guo Fang Fang, M.A. dan Rizki A. Zaelani ini menampilkan lukisan yang bertajuk subject matter, yang mudah kita kenal dan tidak asing lagi mengenai potret, manusia, lingkungan, dan situasi keseharian. Karya-karya Liu Xiaodong seringkali menggambarkan tentang unsur-unsur kehidupan yang merakyat.

Yan Xing

yan-xing

Sumber: Huffingtonpost.com

Lahir di Chongqing pada tahun 1986, Yan Xing lulus dari Oil Painting Department of Sichuan Fine Arts Institute pada tahun 2009 dengan gelar sarjana. Yan Xing saat ini tinggal dan bekerja di Beijing. Karya-karyanya tidak hanya dalam bentuk instalasi, melainkan juga video.

Liu Bolin

liu-bolin

Sumber: Vemale.com

Invisible Man, begitulah khalayak menyebut Liu Bolin. Karena ia kerap menghadirkan karya fotografi magis dengan membuat objek foto menyatu seperti latar dari foto tersebut. ia mengaku terinspirasi oleh Picasso dan Warhol. Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk membunglonkan diri di antara background foto.

Ma Qiusha

ma-qiusha

Sumber: Huffingtonpost.com

Ma Qiusha tidak suka hal yang berbau fashion. Baginya, masih banyak yang harus digali dari fragmen kehidupan sehari-hari. Bahan-bahan dan benda-benda yang ia gunakan sehari-hari menjadi konsep abstrak karya seninya.

Yue Minjun

yue-minjun

Sumber: xn--philippepataudclrier-p2bb.com

Sejak tahun 1990, Rupa tertawa Yue mungkin menjadi sesuatu yang paling dikenali di seni kontemporer China. Karakter khas yang merujuk pada Budha yang tertawa dan propaganda Mao sebagai stereotype barat dari orang China yang tertawa. Aneh namun lugas, dalam tiap karya entah lukisan entah patung dapat ditemukan karya seni surealis dan sindiran historis.

Xu Bing

xu-bing

Sumber: Mymodernmet.com

Xu Bing telah menjadi pemain utama dalam seni Cina selama lebih dari 30 tahun. Ciri khasnya, ia menciptakan instalasi yang menarik perhatian karena sangat kompleks dan berukuran besar. Xu menemukan sekaligus mengajarkan kelas seni di Square Word Calligraphy, sebuah metode penulisan bahasa inggris dalam naskah yang terlihat seperti abjad mandarin. Karya terbarunya banyak fokus pada hal nonlinguistic, contohnya Aptly yang ada pada foto. Ia membuatnya dari kumpulan puing-puing bahan bangunan yang ditemukan di lokasi konstruksi.

Qiu Xiaofei

qiu-xiaofei

Sumber: ionawhittaker.com

Karya-karya Qiu ada dalam bentuk lukisan cat minyak, cat air, gambar, patung, dan instalasi. konsep karyanya melibatkan hubungan antara pengalaman pribadi dan sejarah. banyak lukisannya didasarkan pada foto dari masa kecilnya.

About author

Dini Kartika

Saat ditemui Kopling, Dini baru saja sembuh dari penyakit infeksi usus yang dideritanya. Tapi, seniman yang satu ini tetap semangat ketika berbicara soal seni, terutama ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official