Hal-hal Sepele Dalam Kopi Tapi Penting

Waktu kamu memutuskan untuk nyobain sebuah coffee shop, apa yang biasanya kamu perhatiin? Apakah jenis minuman kopinya, ambience-nya, atau malah baristanya yang kece-kece? Kalo itu sih udah umum banget. Selain dari itu semua, sebenernya ada hal-hal sepele yang keliatannya nggak penting tapi malah ternyata penting banget!

Ibarat Charlie Chaplin ngelawak tapi nggak pake kumis, atau Zooey Deschanel nggak pake poni, rasanya ada yang kurang kalo di coffee shop tersebut nggak ada benda-benda ini.

Jar

IMG-20131107-WA0005

Kopling pernah ngasih tau kan kalo nyimpen kopi juga ada aturannya? Cara nyimpen kopi yang bener itu harus di wadah kedap udara yang terbuat dari bahan pecah belah dan dalam bentuk biji kopi. Biji kopi yang udah dipanggang umumnya hanya bertahan sekitar 1 bulan, maksudnya kalo udah lewat dari 1 bulan biasanya rasanya udah berubah.

Timbangan Digital

photo-4-(2)

Bukannya mendiskreditkan analog, tapi timbangan digital lebih presisi dibandingkan timbangan analog. Mengingat meleset sedikit aja bisa berpengaruh terhadap rasa kopi yang diseduh, akan lebih oke kalo sebuah coffee shop mempunyai timbangan digital. Kayak orang lagi diet, kamu juga pasti stres kan kalo berat badanmu naik 0.2 kg pas lagi nimbang?

Kettle Leher Angsa

photo-1-(5)

Kettle ini emang agak beda dari kettle yang biasa, soalnya lehernya panjang gitu, makanya dinamain gooseneck kettle atau kettle leher angsa. Kenapa alat ini oke banget? Soalnya volume air yang dituang jadi terukur dan stabil terus. Pokoknya kamu jadi lebih gampang ngatur volume air yang mau kamu keluarin dari kettle dan kamu jadi bisa membasahi seluruh bubuk kopi secara merata. Toplah!

Termometer

photo-2-(4)

Lain alat kopi, lain pula suhu untuk menyeduh kopinya. Termometer di sini berguna supaya baristanya tau dengan pasti kalo suhunya udah pas atau masih kurang. Beberapa orang menyangka suhu air mendidih itu oke untuk nyeduh kopi. Salah! Suhu air mendidih itu masih terlalu panas, yang ada kopinya malah jadi kegosongan. Makanya coffee shop yang baik itu biasanya abis manasin air sampai mendidih, baristanya bakal diemin dulu air panasnya dan ngukur suhunya sampai sesuai untuk alat kopinya.

Timer

photo-5-(2)

Yang ini juga penting banget nih, soalnya waktu yang dibutuhin untuk nyeduh kopi itu berbeda-beda tergantung dari alat apa yang dipake. Misalnya kamu membuat kopi dengan alat pour over seperti Aeropress, waktu yang oke adalah sekitar 2-2,5 menit. Sementara kalo kamu pake V-60 atau Chemex, biasanya sih sekitar 2-3 menit. Tapi balik lagi, semuanya itu tergantung selera. Yang jelas, dengan adanya timer berarti si barista tau banget berapa lama waktu yang dia butuhkan untuk menghasilkan secangkir kopi enak.

 

Nah, kira-kira itulah benda-benda hasil Kopling ngintip-ngintip di coffee shop. Kira-kira ada benda-benda lain yang menurutmu penting nggak? Boleh lho di-share ke Kopling lewat comment box di bawah atau twit aja ke @KopiKeliling!

Salam sruputh!

Kalau kamu suka dengan artikel di atas, silahkan klik banner Toodz House di atas ini dan like fb pagenya. cheers!

 

 

About author

Project Biennial D-0 ARK Underground

Tentu banyak orang, terutama yang suka baca tentang sejarah, nggak asing sama sama Josip Broz atau Marsekal Josip Broz Tito, atau yang kemudian dikenal dengan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official