Resolusi 2014: Satu Gambar Setiap Hari

0

large

Tanpa terasa, kita sudah berada di penghujung tahun 2013. Tentunya, sudah banyak kenangan yang kita simpan selama 365 hari selama setahun ini. Lalu, dengan cara apa kamu menyimpan kenangan-kenangan kamu itu?

Buat yang suka menulis di diary atau di blog, mungkin melakukannya dengan cara menulis. Orang yang suka fotografi, akan menyimpan kenangannya dengan mengambil foto setiap hari. Dan kita yang suka menggambar, mengapa kita nggak menyimpan kenangan kita dengan cara menggambar SETIAP HARI?

Banyak keuntungan yang kita dapat dari menggambar setiap hari, terlebih kalau kita seorang ilustrator atau pelukis. Jangan pernah dulu membandingkan karya kita dengan orang lain, toh hasilnya kita simpan sendiri dalam sketchbook kita sendiri. Berantakan? Biarkan! Hal terburuk yang mungkin akan terjadi adalah… kertas kita tetap putih dan kosong.

Kamu bisa menggambar dengan alat apapun, bahkan bisa menggambar foto yang kita lihat dari majalah atau televisi. Menggambar itu adalah karya kreatif, jadi kamu bebas mau melakukan dengan cara apapun.

Orang yang setiap hari menulis, tentu lama kelamaan tulisannya akan semakin baik – begitupun dengan orang yang suka menggambar. Seorang jurnalis terkenal, Malcolm Gladwell, yang juga adalah seorang penulis buku best seller mengatakan bahwa setiap orang sedikitnya membutuhkan waktu 10.000 jam untuk menjadi ahli dalam hal yang disukainya. Jadi, semakin banyak kamu menggambar, karyamu pasti akan jadi semakin baik.

tom-judd

1153

Beberapa ilustrator membiasakan diri untuk menggambar setiap hari di sketchbook mereka. Tom Judd, misalnya. Di tahun 2005 dia mempunyai projek yang berjudul “Tom Judd’s Everyday”, yaitu sebuah proyek menggambar setiap hari. Satu halaman, setiap hari, selama setahun. Karyanya lalu dilelang pada awal tahun 2006.

Menurut Judd, dia menggambar satu jam setiap hari, bahkan kadang lebih dari itu. Dia nggak pernah merencanakan mau menggambar apa, hanya menggambar dengan apa yang ada di tangan dan kepalanya saat itu. Kadang dia menggambar sesuatu berdasarkan observasinya, atau kadang dia menggambarkan sesuatu yang aneh, seperti monster atau robot.

horowitz

hero-horowitz

Seorang ilustrator lain, Daniel Horowitz, bahkan menerbitkan sebuah buku yang berjudul “365 Book”. Horowitz adalah seorang seniman yang menggunakan berbagai media dan menjadi kesayangan para penerbit dan redaksi majalah di Amerika Serikat. Karyanya pernah muncul di berbagai tempat, mulai dari The New York Times, Random House, GQ, The Wall Street Journal, sampai Knopf. Saat ini, dia adalah ilustrator untuk sampul The American Reader, dan sudah menerima banyak penghargaan.

Menurut Horowitz, hal yang paling menyenangkan dari menggambar setiap hari adalah kejutan-kejutan yang terjadi, karena kita tidak akan pernah tahu, apa yang akan terjadi hari ini. Selain dijadikan buku, karya Horowitz selama setahun ini juga dipamerkan di Museum of Modern Art di Warsawa, dengan judul “365”. Pameran ini bukan hanya memamerkan karyanya, tapi juga karya para seniman lain yang menggambar setiap hari selama setahun penuh.

Nah, mumpung sekarang masih bulan Desember, gimana kalau kamu mulai siap-siap membuka tahun 2014 dengan kegiatan ini? Hanya satu halaman gambar setiap hari, tidak lebih dan tidak kurang. Lalu nanti di akhir tahun, lihat kembali, kejadian-kejadian apa yang pernah membuat kamu senang, terharu, marah, dan sedih.

Siapkan sketchbook, niat dan komitmen kamu mulai dari sekarang!

Website: daniel-horowitz.com

No comments

Tipe-Tipe Grinder Kopi

Setelah membaca beberapa literatur, salah satunya seperti yang ada di artikel “Buku-Buku Tentang Kopi”, gue mendapati betapa pentingnya kualitas bubuk kopi dalam menciptakan kopi yang ...