Keliling Dunia Bersama Kopi Dingin

0

Kopi yang dingin seringkali nggak dianggap seserius kopi panas, karena memang kesannya lebih main-main. Padahal bikin kopi dingin itu dasarnya sama kayak bikin kopi panas, malahan variannya lebih banyak. Lebih bisa dimacem-macemin. Kopi yang dingin lebih terkesan anak muda, sementara kopi yang panas lebih “bapak-bapak”.

Hampir semua pembuatan kopi dingin dibuat berdasarkan “adonan” yang sama: espresso panas, yang dikasih gula dan susu dingin. Gulanya udah tentu dimasukkinnya sebelum kopinya dikasih susu dingin dan es, karena gula susah larut dalam cairan yang dingin.

Banyak cara untuk membuat dan menyajikan kopi dingin, dan ini yang akan kita bahas di artikel ini:

cold brew coffee

Cold Brew

Perbandingan antara kopi dengan air dingin dalam pembuatan dengan metode ini adalah 1 berbanding 4,5. Campur keduanya, lalu diamkan selama 12 jam di dalam lemari es. Cukup gampang kok caranya kalo kamu mau bikin cold brew coffee sendiri di rumah.

Aeropress Over Ice

Punya alat Aeropress? Gunakan alat ini untuk menekan udara yang akan membentuk ekstrak kopi dingin. Cara ini yang adalah pilihan terbaik, kalo kebetulan kamu nggak punya air yang berkualitas untuk membuat kopi.

Selain 2 contoh di atas, setiap negara juga punya ciri khas masing-masing dalam penyajian kopi dingin:

Australia

Kopi dingin di negara ini udah dijual secara komersial sejak akhir Abad 19, dan biasanya dijual dalam keadaan siap diminum. Di negara ini, kopi dingin biasanya disajikan dengan es krim dan whipped cream. Bentuknya jadi mirip milkshake gitu.

Di Australia Selatan, angka penjualan kopi dingin ini lebih tinggi dibanding dengan angka penjualan minuman bersoda.

Kanada

Kamu tau “Slurpee”, minuman bersoda yang banyak dijual di 7 Eleven itu kan? Nah, di Kanada, kopi dinginnya mirip Slurpee dan pake mesin juga dibuatnya. Kamu tinggal pilih, mau ditambah susu putih atau susu cokelat, terus atasnya dikasih whipped cream dan sirup karamel. Seger banget ya kedengarannya!

Chile

cafe helado

Di negara ini, kopi dingin disebut dengan nama café helado, dan laris manis di saat musim panas. Café helado ini terbuat dari espresso, krim, kayu manis, vanilla, es krim, dan kacang giling.

Jerman

eiskaffee

Kopi dinginnya orang Jerman adalah kopi yang dikasih es krim, dan namanya adalah Eiskaffee dan dijualnya di Eisdielen, atau toko es krim.

Yunani

Frappé adalah salah satu jenis kopi dingin yang paling terkenal di negara ini, dan diciptakan oleh Dimitrios Vakondios di tahun 1957. Frappé ini nggak selalu pake susu, dan jadi terkenal saat Olimpiade Musim Panas 2004 di Athena.

India

Orang India bikin kopi dingin pake kopi instan dan susu dingin yang diblender. Praktis ya.

Italia

caffe shakerato

Di banyak kedai kopi di Italia, banyak dijual caffè freddo, yaitu espresso yang dibekuin, terus dihancurkan saat mau diminum. Mereka juga minum Caffè in ghiaccio, atau whiskey yang dimasukin es batu yang terbuat dari espresso. Mereka juga kenal minuman yang namanya “Shakerato”: double espresso dikocok dengan pemanis dan es sampai dingin, terus dituang ke dalam gelas cocktail atau wine. Mau ditambah dengan liqueur? Silakan.

Saudi Arabia

Di udara sepanas itu, wajar kalo orang lebih banyak yang milik kopi dingin.

Jepang

Kopi diseduh di atas es di negara ini. Tapi yang paling banyak disukai orang Jepang yang terkenal sibuk dan praktis ya tetap kopi kalengan.

Kamu sendiri punya resep kopi dingin atau es kopi favorit? Boleh lho di-share ke Kopling! Hehehe…

No comments

[EVENT] The Black Ceremony

In the month of opal at the twenty seventh night we open our gate and bury the light dig up the graves invoke all the ...