Art

Melukiskan Pemanasan Global

Sudah banyak fotografer yang berjalan sampai ke utara bumi untuk membuat dokumentasi tentang cepatnya perubahan lingkungan yang terbentang di Antartika, tapi gimana dengan pelukis atau artis visual? Apakah ada yang ke sana, atau ada nggak di antara mereka yang juga peduli dengan pemanasan global atau global warming?

o-GREENLAND-900

Ada. Zaria Forman namanya. Pelukis ini baru-baru ini melakukan perjalanan ke Greenland dengan mengikuti jejak seorang pelukis asal Amerika, William Bradford, yang melakukan perjalanan serupa di tahun 1869. Forman mereka pemandangan yang dilihat dan dialaminya menjadi karya seni yang epik.

Projek yang diberi nama “Chasing the Light” ini sebagian diinspirasi oleh pengalamannya di masa kecil bersama keluarganya. Mereka melakukan perjalanan ke daerah-daerah terpencil demi karir ibunya yang seorang fotografer, Rena Bass Forman. Forman lalu mengikuti jejak sang ibu dan Bradford untuk menerjemahkan pemandangan yang langka itu dengan lukisan-lukisan berwarna pastel. Ekspedisi itu sekaligus merupakan sebuah penghormatan kepada sang ibu yang meninggal di tahun 2012 yang lalu.

zariaformanchangingthelight9o-GREENLAND-900-(2)

Sepuluh tahun terakhir dalam hidup Rena dihabiskan untuk mengarungi daratan Antartika yang dingin dan terisolasi itu dan karya-karyanya disejajarkan dengan para fotografer kenamaan dari Abad 19 seperti John L. Dunmore and George Critcherson yang ikut dalam ekspedisi Bradford.

Gunung-gunung es di Greenland akan terus mencair dan kerusakan ini pastinya akan memengaruhi mahluk-mahluk hidup yang tinggal di daerah itu. Hal ini yang sangat membuat Forman sangat prihatin dan tergerak untuk mengabadikan apa yang dilihatnya selagi masih bisa dan masih ada. Forman memang bukan hanya seorang seniman, tapi dia juga pernah mengenyam pendidikan dalam bidang lingkungan hidup.

o-GREENLAND-900-(1)

Forman sudah merencanakan perjalanan berikutnya. Kali ini dia akan pergi ke Maldives bersama seorang pelukis lainnya, Lisa Lebofsky dan Drew Denny yang adalah seorang penulis, pembuat film, sekaligus seniman, untuk mendokumentasikan negara itu yang mungkin saja akan menghilang dan tenggelam di dasar laut seribu tahun lagi. Setelah Maldives, Forman juga berencana untuk pergi ke negara-negara lain yang menurutnya rawan untuk mengabadikan tempat-tempat itu dengan lukisan.

Forman berharap lukisan-lukisannya akan meningkatkan kesadaran para penikmatnya bahwa bumi kita ini memang sedang di tengah kehancuran. Dia percaya bahwa seni dapat membuat orang lebih mengerti tentang adanya krisis. Bukan hanya itu, dia juga berharap bahwa kita semua akan menemukan solusi untuk bahaya yang sedang mengancam bumi kita tercinta ini.

Website: zariaforman.com

Bubuk Kopi Dibuang Jangan

Ternyata, masih banyak manfaat bubuk kopi yang belum kita ketahui, selain yang pernah Kopling share beberapa saat yang lalu. Untuk makanan dan kecantikan, gunakan bubuk ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official