Ron’s Laboratory: Artisan Gelato, Sorbet, Coffee

Masih ingat dengan artikel Kopling tentang Ronald Prasanto, seorang coffee expert yang memadukan ilmu gastronomi molekuler dengan kopi? Itu lho, salah satu ilmu di teknologi pangan yang bisa mengubah persepsi tentang makanan yang kamu makan. Kalo biasanya kamu minum kopi bentuknya cairan, dengan mempraktikan ilmu gastronomi molekuler ini kamu bisa minum kopi dalam bentuk kapsul lunak berisi espresso yang kalo digigit baru deh espresso-nya membuncah di lidah. Keren banget ya?

Nah, hari Sabtu kemarin Kopling baru aja diundang Ronald ke pembukaan molecular gastronomy dessert house miliknya di West-side Grand Indonesia lantai 5 yang bernama Ron’s Laboratory. Woohoo! Excited dong! Dari namanya aja kamu udah bisa mengira-ngira kalo segala penciptaan resepnya pasti akan berbau sains! Dan, yap, memang benar.

photo-1-(3)

photo-3-(4)

Ron’s Laboratory bisa dibilang sebuah dessert house yang menyajikan menu gelato, sorbet, dan kopi. Bedanya, menu gelato dan sorbet di sini dibuat dengan menggunakan nitrogen cair langsung setelah dipesan. Jadi, mereka nggak menyiapkan tempat penyimpanan es krim yang biasanya, tapi digantikan dengan berbagai macam peralatan menarik, seperti alat-alat yang biasanya ada di laboratorium, misalnya gelas beaker, botol erlenmeyer, tabung nitrogen besar, serta alat membuat kue yaitu mixer. Jadi, begitu kamu pesan gelato atau sorbetnya, para staf akan membuatnya dengan memasukkan bahan-bahan ke dalam mixer sampai terbentuk adonan. Setelah itu, adonannya langsung dibekukan dengan cairan nitrogen dan jadilah gelato.

Kalo tekstur gelato pada umumnya udah cukup halus, tekstur gelato yang dibuat dengan nitrogen cair ini jauuuuh lebih halus sampai kamu nggak akan bisa merasakan kristal es yang umumnya ada. Waktu ke sana, Kopling sempet nyicipin chocolate dan red velvet gelato. Rasanya enak banget. Lembut dan nggak terlalu manis.

rons

Bisa dibilang yang membedakan tempat ini dari tempat lainnya adalah kreativitas. Sebagai seorang coffee expertRonald senantiasa membubuhkan elemen-elemen kopi ke dalam setiap kreasinya. Waktu pembukaan kemarin, Ronald membubuhkan resep kopi andalannya espresso ravioli dan tea caviar sebagai topping gelato.

Untuk sementara ini, Ronald memang bilang ia masih mengeluarkan flavor yang umum karena gerainya masih baru. Tapi dia janji ke depannya bakalan ada flavor unik yang selalu diganti setiap beberapa waktu tertentu. Sebagai bocorannya, Ronald cerita dia kepikiran untuk membuat flavor yang bisa memuaskan para pencinta kopi di tempatnya. Ada banyak orang yang ngopi sambil ngerokok kan? Nah, sambil ngopi di Ron’s Laboratory, kamu juga bisa menikmati setangkup gelato rasa tembakau!

Selain itu, kamu juga bisa membawa makanan favoritmu untuk dijadiin gelato. Siapa tau  banyak dari kamu yang pengen menikmati biji kopi favorit dalam bentuk gelato?

 

Ron’s Laboratory | Facebook.com/ronslaboratory | @ronslaboratory
Grand Indonesia West Mall 5th Floor ED2-12B
Jakarta Pusat
0817-9996-900
10 am – 10 pm

About author

Kenya: Kopinya Enak, Petaninya Sedih

Nggak cuma Indonesia yang masa lalunya sangat sedih, tapi banyak negara lain juga. Salah satunya adalah Kenya yang pernah dijajah oleh Inggris. Banyak pertumpahan darah ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official