Art

Mengawinkan Nintendo dengan Kubisme

Siapa yang masa kecilnya dihabiskan untuk main Nintendo? Hayo ngaku… Nggak cuma di masa kecil sih, orang dewasa juga banyak kok yang suka main Nintendo. Sampai hari ini.

Sebenarnya, Nintendo itu bukan nama game, tapi nama perusahaannya. Nintendo ada sebuah perusahaan video game terbesar di dunia, dan ternyata udah ada sejak tahun 1889! Pendirinya adalah Fusajiro Yamauchi, dan tadinya mereka hanya membuat kartu hanafuda (koi koi), atau diterjemahkan secara literal menjadi “kartu bunga”, sebuah alat yang digunakan untuk berbagai permainan kartu di Jepang, termasuk berjudi. Baru kemudian pada tahun 1956, Hiroshi Yamauchi, cucu dari Fusajiro, berkunjung ke Amerika Serikat dan menyadari betapa bisnis kartu ini nggak bisa berkembang. Nintendo kemudian banting setir menjadi perusahaan taksi, hotel, televisi, dan nasi instan pada tahun 1963, dan baru pada tahun 1977 Nintendo memasuki industri video game.

Nintendo sukses merasuki banyak penduduk dunia dengan produknya, termasuk seorang seniman yang punya spesialisasi di bidang bentuk geometris dan 3D art, Adam Lister. Setiap kali Adam berada di sebuah jalan, dia cenderung untuk melihat bentuk-bentuk di sekitarnya, termasuk gedung, pohon-pohon, dan sebagainya. Kadang, setelah seharian berada di studionya, dia bermimpi tentang pola-pola geometris. Nggak heran, karena Adam adalah seorang penggemar aliran seni kubisme dan juga video game 8-bit, Nintendo.

batman_robin

the_son_of_man

o-MONA-LISA-900

o-WONDER-WOMAN-900

Pilihan Adam dalam berkarya sangat beragam, mulai dari Darth Vader dari film Star Wars, Walter White dari film Breaking Bad, sampai seniman maestro Gustav Klimt. Menurutnya, “Nggak ada bentuk imajiner yang berlebihan, terutama yang kita temukan di internet dan yang kita lihat di televisi.” Selain melukis, Adam juga berkolaborasi dengan seniman lainnya, Isaac Budmen, dengan membuat patung-patung 3D dari lukisan-lukisan 8-bit ini dengan menggunakan printer 3D dan batu kali.

Adam menggunakan cat air untuk melukis, dan dia ikut bermain sementara melukis. Bagi Adam, bagian terpenting dari karyanya adalah warna. Karenanya, “The Americans”, karya terbarunya adalah tantangan baru baginya untuk dilukis, karena foto-foto karya Robert Frank itu berwarna hitam dan putih.

Apakah kamu juga seorang penggemar Nintendo seperti Adam?

Website: adamlistergallery.com

Edwin Ushiro

Yak! Kembali lagi kita bertemu di artikel kolaborasi Kopling dengan Indie Artspace. Setelah di artikel yang lalu kita sudah diajak kenalan dengan Brian M Viveros yang ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official