Art

Robot-Robot yang Pintar Menggambar

Robot nggak cuma bisa bikin kopi, tapi juga bisa menggambar. Yuk, kenalan sama Robo Faber, sebuah robot yang pinter menggambar karya seorang desainer asal Los Angeles, Matthias Dorfelt.

mechanical-parts_03-640x406

Asal muasal kenapa Matthias menciptakan Robo Faber ini karena dia ingin ketika nanti dia mati pun, karyanya akan tetap ada dan gambarnya akan tetap dibuat oleh robot ciptaannya itu.

Robo Faber ini memang cukup nakal. Coretan-coretannya kebanyakan berbentuk kelamin laki-laki dan perempuan, tapi dibuat dengan sangat lucu dan menghibur – jauh sekali dari kesan porno. Robot yang bentuknya mirip alat penghisap debu ini menggambarkan berdasarkan program yang dibuat oleh penciptanya, yang menggunakan Paper.js, sebuah JavaScript yang memungkinkan penciptaknya membuat animasi web yang rumit sekalipun.

robosketches

Faber mamput untuk “menjahit” program yang ditanamkan dalam tubuhnya itu menjadi karya-karya yang unik dan sempurna, dan antara satu gambar dan gambar lainnya tidak akan pernah sama. Faber yang keren ini juga punya gaya tersendiri, dan seakan-akan punya nyawanya tersendiri. Ada kalanya dia nggak mau menggambar juga.

Mechanical Parts from moka on Vimeo.

Faber dilengkapi dengan dua buah mesin penggerak dan dapat membuat garis lurus dan lengkungan dengan sempurna. Dalam pengerjaan sketsanya, ada sebuah papan Arduino yang menggerakan algoritme yang lalu diterjemahkan dalam selembar kertas.

projectbox-preview

Ada juga robot lainnya yang juga bisa menggambar. Namanya Plotterbot. Sama seperti Faber, Plotterbot juga mempunyai 2 motor penggerak, ditambah dengan sebuah mesin lainnya yang bisa mengangkat pena untuk menggambar. Kata penciptanya, Jay, biaya pembuatan robot ini nggak lebih dari $100 aja, dan pena yang dia gunakan adalah Sharpies dan pena lainnya yang biasa dibuat untuk menggambar.

8754041779_ddd508063b_z

Untuk sebuah gambar, Plotterbot membutuhkan waktu sekitar 4-6 jam untuk menyelesaikan sebuah gambar, tergantung tingkat kerumitan gambarnya dan ketebalan penanya. Gambar yang paling lama dibuat memakan waktu sekitar 8 jam dan hasilnya luar biasa. Gambar-gambar karya Plotterbot dibuat dalam bentuk JPG dan bisa disimpan dalam SD card, sesuai dengan perintah kita kepada si robot.

Tapi bagaimana pun, tetap aja ya, karya tangan manusia pasti jauh lebih menyentuh dibanding karya robot. Karenanya, berkaryalah dengan hati, bukan hanya dengan ketrampilan kamu aja. Kalau nggak pakai hati, lalu apa bedanya karyamu dengan karya para robot-robot ini? Eh, tapi kalau tujuan kamu cuma untuk membuat karyamu abadi seperti Matthias, itu kayaknya ide yang seru sih…

Sumber foto: Matthias Dorfelt dan beberapa sumber lainnya

Tuna Wisma Yang Mempercantik New York

Jim Power udah memperindah kota New York sejak tahun 1985, dan pada tahun 1988 dia dijuluki sebagai “Manusia Mosaik-nya Kota New York“. Apa yang sebenernya ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official