Ingin Melewati Tahun 2030 dengan Sehat?

coffee-617x416-1

Di tahun 70-an, hampir semua peminum kopi yang “serius” punya kebiasaan lainnya: merokok. Iya, banyak yang bilang kalo kopi dan rokok adalah kombinasi yang pas banget. Itulah sebabnya, reputasi kopi menjadi rusak, karena seperti yang kita tahu, rokok merusak kesehatan.

Tapi seperempat abad kemudian, reputasi kopi kembali membaik. Hari ini, tidak semua penggila kopi itu juga perokok, jadi sebenarnya tidak ada hubungannya antara kopi dan rokok. Selain itu, ditemukan bahwa orang yang minum kopi secara teratur itu lebih tahan menghadapi depresi dan juga tidak cepat pikun.

Penelitian dan riset selanjutnya membuktikan bahwa kopi juga dapat menghentikan berkembangnya diabetes tipe 2. Orang yang minum 2 cangkir kopi sehari dapat melindungi dirinya dari diabetes sebanyak 12%. Orang yang minum 3-4 cangkir kopi sehari, melindungi dirinya dari serangan diabetes tipe 2 sebanyak 25%. Banyak peminum kopi decaffeinated pun terkena dampak yang sama, hanya saja tidak sebanyak yang meminum kopi biasa – yang caffeinated.

Apa gejala penyakit diabetes tipe 2 ini? Produksi urin bertambah secara berlebihan, mudah sekali lapar, dan berat badan menurun drastis. Gejala lainnya adalah pandangan mata menjadi buram, kulit menjadi gatal, dan mudah lelah. Yang paling mengerikan adalah, penderita diabetes tipe ini umurnya lebih pendek 10 tahun dari manusia lainnya.

Tentunya, yang menjadi faktor pemicu utama timbulnya diabetes tipe 2 adalah berat badan. Dan tampaknya, kopi juga tidak dapat banyak menolong orang yang sudah terlanjur overweight. Jadi, bagaimana kopi dapat mencegah penyakit ini?

Ada beberapa penjelasannya. Yang pertama, kopi adalah biang dari polyphenols yang dikenal dapat mencegah penyerapan zat gula. Sayangnya, manusia tidak bisa hidup hanya dengan minum kopi saja. Lalu apa makanan lainnya yang dapat menurunkan resiko terkena diabetes tipe 2 ini kalau mereka sudah terlanjur didiagnosa?

Kamu bisa makan makanan yang kaya protein, selain minum kopi. Tidak perlu mencari yang mahal. Cukup makan kacang-kacangan (seperti kacang panjang, misalnya) yang juga kaya dengan potassium dan magnesium. Jeruk juga baik untuk penderita diabetes, karena juga kaya dengan polyphenols. Kacang tanah dan sejenisnya juga dapat mencegah nafsu makan berlebih dan kaya dengan magnesium. Butuh asupan karbohidrat? Ganti nasimu dengan ubi. Dibandingkan dengan kentang, ubi mengandung lebih banyak vitamin A dan lebih kaya serat.

Sepertinya, ubi goreng adalah teman yang cocok untuk minum kopi, terutama di sore hari, bukan? Dan tentunya, jangan masukkan terlalu banyak gula ke dalam kopimu, atau jangan pake gula sama sekali.

Jaga kesehatanmu baik-baik, karena menurut perkiraan WHO, diabetes akan menjadi penyebab utama kematian pada tahun 2030.

 

Salam sruput!

Sumber gambar: redorbit.com

Ketika Sapuan Warna Menari-nari

Dalam artikel kali ini, Kopling ingin mengajak kita semua untuk berkenalan dengan seorang seniman kelahiran Inggris yang saat ini tinggal di New York City. James ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official