Art

Dunia Serupa Videogame

Pernah ngerasa daerah tempat kamu tinggal membosankan banget? Mungkin hampir semuanya pernah ngerasain, makanya banyak orang yang memilih untuk sering berjalan-jalan keluar daerah asal dan mencoba menjelajah tempat baru.

Tapi gimana jadinya kalo justru kamu mencoba untuk menjelajah tempat kamu tinggal dari sudut pandang yang lain?

Ada seorang fotografer asal Stockholm, Christian Åslund, membuat sebuah proyek bernama Honkey Kong yang mengubah jalanan ‘membosankan’ di Kota Hong Kong menjadi seperti sebuah videogame bertema retro! Inget game-game zaman dulu, seperti Super Mario Bros kan? Nah, foto-foto Christian ini bentuknya 2 dimensi kayak game tersebut. Ia mengambil fotonya dari atas dengan menggunakan lensa tele, supaya hasil foto terlihat datar.

Foto-foto di dalam proyek Honkey Kong ini sebenarnya dibuat untuk kampanye iklan merek sepatu Jim Rickey. Jadi, waktu itu Christian lagi berada di Hong Kong untuk mengunjungi temannya yang bernama Oscar. Di sana, dia suka menghabiskan waktu di rooftop gedung pencakar langit temannya untuk melihat kehidupan sehari-hari di ‘dunia bawah’ sana. Dari situlah Christian mendapatkan ide untuk foto-fotonya. Kebetulan, beberapa bulan kemudian Jim Rickey menghubunginya untuk kampanye iklan. Langsung deh dia balik ke Hong Kong dan melakukan pemotretan untuk kampanye Jim Rickey yang diambil dari berbagai gedung pencakar langit. Menurut Christian, tujuan dari proyek ini adalah sebagai bentuk penghormatan kepada games 2 dimensi dan mengintegrasi seseorang ke dalam adegan di jalanan.

Sebagai seorang yang memiliki latar belajar foto jurnalistik, Christian berprinsip untuk meng-edit fotonya sesedikit mungkin. Karena itu, dia dan timnya mengambil semua foto di lokasi. Nggak tanggung-tanggung, mereka memakai walkie-talkie untuk berkomunikasi. Jadi, Christian bisa melihat semuanya dengan jelas dari atas gedung pencakar langit sambil mengarahkan model dan mengingatkannya kalau ada kendaraan yang lewat.

Menurut Christian, hal yang paling sulit dilakukan selama pemotretan adalah mendapatkan akses ke beberapa rooftop, tapi untungnya dia menyewa dua mahasiswa film lokal di sana yang membantu Christian dan timnya untuk memperoleh akses.

Coba liat deh beberapa karya Christian untuk proyek Honkey Kong ini. Semua fotonya terlihat menyenangkan dan bener-bener kayak videogame 2 dimensi. Nggak keliatan kalo si model ini selalu berbaring di jalan pas lagi pemotretan. Hehehe…

Kalo dipikir-pikir lagi, sebenernya banyak banget hal seru yang bisa dilakukan dari kehidupan sehari-hari yang kedengerannya membosankan. Proyek seru yang dilakukan oleh Christian ini cukup mengingatkan Kopling akan seseorang yang suka membuat proyek-proyek dari kondisi perkotaan sehari-hari, Irwan Ahmett. Irwan Ahmett, bersama dengan istrinya Tita Salina, sudah membuat beberapa proyek, salah satunya adalah Jakarta Urban Play Projects.

Jakarta Urban Play Projects ini temanya sederhana: mengajak masyarakat untuk lebih peka dengan lingkungan sekitarnya melalui serangkaian permainan dan improvisasi. Proyek Jakarate, misalnya, dibuat karena melihat banyaknya pagar-pagar dan marka jalan di tempat umum yang rusak atau bengkok, entah itu karena ketabrak kendaraan atau hal lainnya. Di sini, Irwan dan Tita mengajak warga bermain seolah mereka sedang menendang atau memukul pagar tersebut sampai bengkok. Ada beberapa proyek seru lain di dalam Jakarta Urban Play Projects yang bisa kamu tonton melalui video di bawah ini.

Gimana? Seru banget yah? Proyek yang dilakukan oleh Christian Åslund dan Irwan Ahmett sebenarnya cukup sederhana. Yang diperlukan cuma kepekaan yang sedikit lebih. Hanya saja mungkin belum banyak yang mencoba untuk lebih peka terhadap suasana di sekitar.

Sekarang, yuk perhatikan sekelilingmu dan coba membuatnya jadi lebih menarik!

About author

Mereka yang Jadi Besar Karena Kopi (2)

Beberapa minggu yang lalu, Kopling udah pernah cerita tentang para seniman besar yang “dibesarkan” oleh kopi. Dan minggu ini, selain seniman juga ada dua tokoh ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official