Tentang Tutup Gelas Kopi Dari Plastik

Kalo waktu itu kita pernah ngebahas siapa penemu tatakan cangkir kopi, sekarang kita ngebahas sesuatu yang mirip sama si tatakan cangkir kopi, tapi lebih modern. Fungsinya sih kurang lebih sama sih, buat melindungi kulit dari panas.

Sampai akhir tahun 1970-an, bahkan di Amerika sana kalo orang mesen kopi di gelas plastik, tutup gelasnya masih harus dibolongin. Nggak kayak tutup gelas plastik kopi sekarang, yang memang udah dibuat sedemikian rupa. Lebih praktis dan tinggal masukin sedotan atau sendok kecil buat ngaduk kopinya. Dulu tuh tutup gelas kopinya kalo dibuka kadang masih bikin kopinya tumpah dan ngebakar kulit tangan.

mag-27WMT-t_CA0-articleLarge

Nah, masalah tutup gelas kopi plastik ini dicoba oleh sekelompok orang yang bekerja di bidang kemasan makanan untuk dicari jalan keluarnya. Tersebutlah nama William and Kenneth Dart dari Dart Container Corporation yang bikin tutup kopi pertama model seperti yang sekarang kita tau itu. Yah, tapi namanya manusia ya, tetep aja biar udah dibuatin tutup gelas plastik yang kayak gitu tetep ceroboh.

Di tahun 1992 McDonald bahkan pernah dituntut oleh seorang perempuan yang bernama Stella Liebeck karena ketika ngebuka tutup botol kopi itu tangannya kesiram kopi panas. Ya, siapa suruh dibuka kan? Nggak tanggung-tanggung, Stella menuntut ganti rugi sebesar $2,86 juta! Barulah sejak saat itu, ada tambahan tulisan di gelas plastik kopi: “Caution” atau kurang lebih “Awas panas!”. Hehe… Aneh juga sih ya, kan semua orang juga harusnya tau kalo kopi yang ada di dalam itu memang panas?

Model tutup gelas plastik kopi ini semakin lama semakin banyak desainnya. Salah satu desainernya adalah Louise Harpman, seorang arsitek yang bersama temannya menciptakan tutup gelas kopi sekali pakai atau disposable itu untuk banyak gerai kopi di Amerika. Uniknya, tutup gelas plastik ini sampai masuk ke Museum of Modern Art di bagian “humble masterpieces”! Ada-ada aja sih ya memang.

Cuppow

Terus ada orang lain yang juga ngedesain tutup gelas plastik ini tahun lalu. Namanya Aaron Panone. Ciptaannya dikasih nama “Cuppow” dan pembelinya sampai saat ini udah lebih dari 250 juta orang, kebanyakan dari Jepang dan Kanada. Bentuknya memang sedikit beda, karena dibuat mirip toples.

Ide ini timbul ketika partner bisnisnya, Josh Resnikoff, nyetir mobil selesai dari pasar. Pas ada polisi tidur, kopinya tumpah. Dari situlah mereka mulai ngebuat tutup toples kopi dari plastik yang bisa didaur ulang.

Kreatif banget sih ya memang. Kalo di Indonesia, mungkin nanti bakal ada desain tutup poci dari plastik, mungkin?

Kamu sendiri lebih suka minum kopi dari gelas plastik atau dari cangkir?

 

Sumber foto: goodplanet.com dan sumber lainnya

Paint for Peace

Kita tentunya belum lupa kan sama tragedi bom di Boston Marathon tanggal 15 April 2013 kemarin? Bom yang diledakin sama sepasang kakak-beradik Tamerlan Tsarnaev dan ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official