Kaligrafi dan Lettering bersama Kaligrafina

Beberapa bulan lalu, waktu popularitas seni kaligrafi baru mulai menanjak di Jakarta, Kopling sempat berkenalan dengan salah satu kelompok pencinta kaligrafi bernama Kaligrafina. Sesuai dengan namanya, kelompok yang didirikan oleh dua orang calligraphy enthusiast ini ingin mempopulerkan seni kaligrafi dan lettering di Indonesia. Setelah beberapa kali ngobrol dan juga berkolaborasi bareng, akhirnya Kopling berhasil ngobrol lebih lanjut tentang kelompok mereka ini. Yuk disimak!

Kopi Keliling (KK): Kaligrafina itu apa sih dan anggotanya ada berapa?

Kaligrafina (KI): Kaligrafina itu kependekan dari Kaligrafi Indonesia, yaitu wadah untuk para calligraphy and lettering enthusiast di Indonesia. Misi kita ingin menyebarkan/mempopulerkan seni kaligrafi dan lettering di Indonesia dengan cara saling berbagi ilmu dan belajar bersama. Founder Kaligrafina ada dua orang, yaitu Erwin Indrawan (@eindraw) dan Fitri (@jawajawir). Kalau untuk jumlah tim, kita berdua aja sih. Hehe…

KK: Kenapa memilih bidang kaligrafi?

KI:  Di era yang serba digital dan instan sekarang ini, kami sangat menghargai crafting. Crafting itu kan identik dengan handmade atau sesuatu yang dibuat dengan tangan, dan definisi itu sesuai banget dengan seni kaligrafi dan lettering ini. Ternyata kita juga ngga sendiri sih, banyak para enthusiast yang ternyata punya visi dan misi yang sama dengan Kaligrafina yang ingin ikut mempopulerkan seni ini. Terlihat dari banyak workshop kaligrafi dan pen meet-up yang dibuat akhir akhir ini sebagai salah satu cara supaya seni ini lebih populer.

basic-brush-calligraphy-with-kaligrafina-1

Workshop oleh Kaligrafina di Catalyst Art Shop beberapa waktu lalu

KK: Kalau menurut kalian, seni kaligrafi di Indonesia itu perkembangannya gimana? Karena sepertinya akar kaligrafi sendiri bukan berasal dari sini ya?

KI: Menurut kita sih perkembangannya amat sangat menjanjikan. Kalau dari media sosial, waktu kami mulai belajar kaligrafi sekitar 2013, belum banyak yang keliatan minat belajar seni ini, tapi begitu masuk 2014 postingan di social media mulai banjir postingan artwork kaligrafi dan lettering.

Perkembangan lainnya juga terlihat dari komunitas. Ketika kita mulai, Kaligrafina baru lihat kelompok kecil yang dimulai oleh Chia @Cforcalligraphy melalui murid-murid di Workshopnya yang lebih ke Modern Calligraphy (Pointed Pen). Lalu kita mulai gerilya dengan follow para kaligrafi dan lettering enthusiast Indonesia di Instagram dengan misi supaya ngumpul terlebih dahulu dan dari situ, ternyata antusiasmenya cukup tinggi lho.  Terus mulai deh kita coba kumpulin lebih banyak lagi dengan buat Pen Meet Up di Oktober 2014. Dari kumpul kumpul itu juga jadi muncul satu grup Belajar Menulis (@BelmenID) yang misinya ingin mengenalkan ke dunia luar bahwa Indonesia punya praktisi lettering dan kaligrafi yang luar biasa.

KK: Apa-apa saja jenis workshop yang ditawarkan Kaligrafina?

KI: Untuk Kelas Kaligrafina, di 2014 kita baru ada kelas Basic Brush Calligraphy. Di 2015 kelas kita akan lebih variatif sesuai jenis alat tulis yang digunakan di Kaligrafi dan juga beberapa kelas lettering. Contohnya seperti Basic Broad Pen Calligraphy, Basic Hand Lettering dan kelas lanjutannya dari masing masing kelas tersebut.

KK: Apa hal yang paling berkesan dan nambah semangat selama membuat Kaligrafina?

KI: Sejauh ini yang paling mengesankan sih masih antusiasme para peserta. Suka kagum dengan betapa niatnya mereka mau belajar karena ada yang niat banget datang dari Bandung. Yang nyebelin ngga ada sih untungnya. Hehe…

KK: Rencananya kapan mau mengadakan workshop lagi nih?

KI: Di 2015, Kelas Kaligrafina akan punya jadwal bulanan. Info dan jadwalnya, nanti bisa dilihat di Instagram @kaligrafina. Peserta nanti bisa langsung daftar setelah update-nya muncul.

KK: Kalau pengen tau lebih lanjut tentang Kaligrafina bisa lihat ke mana ya?

KI: Untuk info lengkap bisa lihat langsung ke kaligrafina.wordpress.com atau kalau ada pertanyaan bisa via email ke kaligrafina@gmail.com. Nah kalau mau ketemu teman teman lain silahkan follow ke Instagram kita di @kaligrafina. Jangan lupa cek artwork teman teman di Indonesia di #Kaligrafina atau di tag foto kita!

 

Nah, buat kamu yang lagi pengen mendalami kaligrafi, langsung aja mampir ke media sosial Kaligrafina ya!

About author

UPDATE VOL7! Schedule & Map

Seperti di artikel sebelumnya Kopling kan sudah cerita kalau kita bikin pameran di Kedai Kebun Forum, Yogyakarta. Nah sedikit recap, Kopi Keliling kali ini adalah pameran pertama ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official