Menyulap Labu Menjadi Karya Seni

jack-o-lantern_1018235i

Ada yang tau nggak kenapa setiap Halloween tiba, yang dipajang di mana-mana adalah buah labu? Kenapa bukan semangka atau buah yang lain?

Buah labu yang dihias untuk Halloween yang dikasih nama “Jack-o-Lanterns” ini berasal dari sebuah cerita rakyat Irlandia, sebetulnya. Orang Irlandia lalu membawa tradisi ini ke Amerika, dan sejak itu jadi budaya dan hari raya di Amerika Serikat.

Konon, jaman dahulu kala ada seorang Irlandia yang bernama Stingy Jack, atau Jack Si Pelit. Pada suatu malam, Jack mengundang Iblis untuk minum-minum. Biasalah, orang Irlandia kan memang terkenal peminum ya. Karena pelitnya, Jack nggak mau bayar minumannya dan meyakinkan Sang Iblis untuk mengubah dirinya untuk jadi uang logam supaya Jack bisa bayar minuman mereka. Iblis ternyata nurut, tapi Jack yang pelit ini ternyata juga licik. Dia malah menyimpan uang logam itu di kantongnya yang juga berisi salib perak, supaya Iblis nggak berubah bentuk lagi.

Entah gimana ceritanya, Jack tapi lalu memutuskan untuk membebaskan Si Iblis dengan perjanjian bahwa Iblis nggak boleh mengganggu Jack selama setahun dan ketika Jack nanti meninggal, Iblis nggak boleh memiliki jiwanya.

Tahun berikutnya, Iblis datang lagi dan kembali dikerjai Jack. Ini Iblisnya memang bodoh banget sih kayaknya ya. Hehe. Si Iblis disuruh Jack manjat sebuah pohon dan di pohon itu Jack mengukir lambang salib supaya Iblis nggak bisa turun. Iblis memohon minta diturunin saja Jack dengan perjanjian bahwa Iblis nggak akan ganggu Jack selama 10 tahun.

Nggak lama kemudian, Jack meninggal. Tuhan ngak mau menerima Jack di Surga karena kelakuannya selama hidup, sementara Iblis juga udah janji nggak akan memilikinya jiwanya. Akhirnya Ibis mengirim Jack ke gelapan malam. Jack meletakkan bara yang jadi penerangan ke dalam sebuah labu yang diukir.

5264664e7c2fa.imagesophia-bonas

Ada banyak seniman yang jago ngukir labu.  Salah satunya adalah Sophia Bonas yang udah suka mengukir labu sejak kecil. Waktu Sophia berumur 19 tahun, dia mengukir wajahnya dan wajah temannya di sebuah labu dan sejak itu dia selalu membuat potret orang di buah-buah labu.

Gimana cara buatnya? Sophia menggunakan bor setelah sebelumnya mengubah foto orang yang ingin dia ukir dengan bantuan komputer. Untuk sebuah labu, dia butuh waktu 6 jam dan memang dibutuhkan kesabaran yang besar.

Pumpkin-Carving-2478660

Pumpkin-Carving-2478639

Seniman lainnya adalah Susan Beatrice. Susan nggak mengukir labu dengan foto orang, tapi dia mengubah labu jadi kapal bajak laut, singa, atau bahkan Frankenstein. Keren-keren banget ya! Dari sebuah labu bisa menjadi karya yang bermacam-macam.

Kamu sendiri pernah nyoba nggak ngukir buah labu?

 

Sumber foto: dailyrecord.co.uk dan sumber lainnya

 

Kegunaan Kopi di Masakan

Tentunya kamu udah tau bahwa kopi selain bisa buat diminum, bisa juga dibuat es krim dan kue. Tapi ternyata nggak cuma itu. Mumpung besok weekend, ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official