Sejarah Coffee Shop pt.2

Seperti yang sudah Kopling ceritakan di artikel sebelumnya, kopi tersebar ke seluruh dunia dari Turki. Kamu sudah baca kan? Kali ini kita membahas Inggris dulu ya, karena sejarah kopi di Inggris sangat panjang…

17th_century_coffeehouse_england_1-580x400

Suasana ngopi di Inggris abad 17 dan 18

Pada Abad 17 dan 18, coffee shop di Inggris adalah tempat untuk orang-orang berkumpul dan berdagang sambil minum kopi, tentunya. Para pengunjung harus membayar 1 penny untuk masuk ke coffee shop dan minum secangkir kopi. Coffee shop saat itu juga menyajikan teh dan coklat. Para pelancong di Abad 17 ketika itu diperkenalkan bahwa kopi adalah minuman orang Inggris, dan awalnya memang kopi bagi orang Inggris adalah minuman untuk pengobatan. Sir Francis Bacon, seorang filsuf asal Inggris, ketika itu mempopulerkan kopi sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit cacar ringan dan juga untuk menyadarkan orang yang sangat mabuk.

Baru pada tahun 1650 seorang pedagang berdarah Yahudi, Jacob, membuka coffee shop pertama di London, dan diberi nama “Angel”. Coffee shop pun menjadi tempat berkumpulnya kamu terpelajar untuk membaca, untuk belajar, untuk berdebat. Orang Inggris yang terkenal suka minuman beralkohol menganggap bahwa coffee shop adalah tempat untuk “menjadi waras” dan pengunjungnya dianggap lebih cerdas ketimbang para pengunjung bar dan pub ketika itu. Para pengunjung coffee shop bebas melakukan diskusi dengan siapa saja, tanpa memandang kelas, aliran politik, dan kasta, asal mereka tetap sopan dan nggak membahas hal-hal yang sensitif seperti agama. Mereka juga nggak boleh bermain judi di dalam coffee shop.Di samping itu, mereka juga nggak boleh memaki, berkata kasar, atau mereka akan didenda. Kalau sampai terjadi pertengkaran, orang yang memulai pertengkaran harus mentraktir lawannya secangkir kopi.

main-qimg-cfb28f3b0578becabb220cd0a64a89eb

Coffee shop pertama di London

Di tahun 1652, ada coffee shop lainnya yang dibuka oleh seorang pelayan bangsawan yang sering berdagang dengan orang-orang Turki, Daniel Edwards. Nama pelayan itu adalah Pasqua Rosee, dan sebagian orang mengatakan bahwa sesungguhnya ini adalah coffee shop pertama di Inggris. Entah mana yang benar, tapi bangunan tempat coffee shop itu berada saat ini masih diberi sebuah tanda besar. Coffee shop ini diberi nama “St. Michael’s Alley Coffee”. Siapa Michael ini? Nggak lain adalah saudara Daniel Edwards yang kemudian menjadi teman bisnis Pasqua.

Corbis-HU057156

Lloyd’s Coffee House, London

By the way, kamu sering nggak mendengar nama “Lloyd”? Nama ini banyak dipakai oleh beberapa pelayaran dan berasal dari nama Edward Lloyd, yang membuka coffee shop-nya di dekat Sungai Thames di London pada tahun 1685 dengan nama “Edward Lloyd’s Coffee House”. Coffee shop ini sangat terkenal di kalangan para pelaut, pedagang, dan pemilik toko. Coffee shop milik Lloyd yang juga adalah pemilik beberapa perusahaan pelayaran dianggap sebagai salah satu coffee shop yang paling bersejarah di Inggris. Mirip seperti Kopitiam Phoenam di Sulawesi yah? Hehe…

Selain “Lloyd’s Coffee House”, beberapa nama coffee shop yang juga dianggap sebagai coffee shop bersejarah adalah “Turk’s Head Coffee House” yang sangat terkenal pada Abad 18. Di sinilah tempat para penulis ketika itu berkumpul.

main-qimg-cc1a6da93fd1a748e163367304b95caf

Queen’s Lane Coffee Shop

Dari sekian coffee shop bersejarah di Inggris, mana yang saat ini masih berdiri? “Queen’s Lane Coffee House,” yang sudah berdiri sejak tahun 1654 dan terletak di Queen’s Lane. Coffee shop ini sangat populer dan banyak dikunjungi oleh turis dan para mahasiswa Oxford University.

Masih banyak lagi coffee shop bersejarah lainnya di Inggris, antara lain “Will’s Coffee House”, “Jonathan’s Coffee House”. “Tom King’s Coffee House”, dan lain sebagainya.

Nah, apakah kamu udah pernah mengunjungi salah satunya?

Jika Penulis Klasik Bermain Media Sosial

Penulis jaman sekarang itu enak karena lebih gampang dikenal orang melalui media sosial. Yang followers-nya banyak di Twitter lebih enak lagi, karena tanpa “bantuan” promosi ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official