Terapi Seni untuk Pemulihan Masyarakat

Teman-teman masih ingat dengan cerita Kopling soal terapis seni? Kali ini ada seorang seniman yang menempuh perjalanan jauh ke India untuk memberikan terapi seni bagi warga di sana.

Ben Swatez, seorang seniman asal Kolombia telah menyelesaikan perjalanannya ke Bahari, sebuah desa di India yang baru lepas dari masa perbudakan, bersama dengan rekannya Diana Grove di tahun 2011. Warga di Desa Bahari baru terbebas setelah masalah perbudakannya diselesaikan dengan bantuan organisasi nirlaba Free The Slaves.

Ben dan Diana tinggal di Desa Bahari selama satu bulan untuk hidup berdampingan dengan warga yang baru saja bisa merasakan kebebasannya. Di desa itu nggak ada listrik maupun air mengalir, tapi Ben ingin membantu warga memulihkan trauma masa lalu melalui terapi seni.

Oleh Ben dan Diana, warga Desa Bahari diajarkan untuk memilih warna latar belakang yang kemudian mereka kembangkan sendiri menjadi berwarna-warni. Setelah latar belakang, warga diminta untuk menimpanya dengan gambar lain, dan hasilnya adalah hampir semua warga menggambarkan sesuatu yang seragam, yaitu bentuk lingkaran. Ben mengamati hal ini mungkin disebabkan karena sewaktu masa perbudakan mereka merasa sebagai sebuah kesatuan, jadi mempengaruhi keseragaman gambar mereka. Banyak juga dari warga yang menggambar orang-orangan sawah, mungkin karena orang-orangan sawah digambarkan sebagai pelindung desa mereka. Yang menarik adalah warga nggak didikte untuk menggambar apa, Ben dan Diana hanya membantu menyiapkan cat dan air.

Nggak selesai sampai di situ, setelah acara berakhir Ben membawa karya warga Desa Bahari yang kemudian dipamerkan bersama sejumlah karya lain yang telah ia kumpulkan sewaktu melakukan perjalanan ke daerah lain.

Nonton deh video dia sewaktu di Desa Bahari ini dan liat bagaimana antusiasnya masyarakat di sana terhadap proyek Ben:

India Art Project at Bahari Village, India from Free the Slaves on Vimeo.

Seni yang paling menyenangkan memang seni yang dinikmati bersama-sama. Yuk kita coba sesekali luangkan waktu menggambar bareng teman-teman dekat untuk melepas stres!

About author

Melukiskan Pemanasan Global

Sudah banyak fotografer yang berjalan sampai ke utara bumi untuk membuat dokumentasi tentang cepatnya perubahan lingkungan yang terbentang di Antartika, tapi gimana dengan pelukis atau ...
joker123malaysia pussy88 xe88 mega888official